Dapatkan informasi seputar aktivitas dan penawaran menarik dari PT Bank DBS Indonesia, dengan mengisi form di bawah ini:
DBS Live More Society

DBS Live More Society

#LiveSmarter

Trik Terbaik Berhemat Sesuai Zodiak

By Admin, 14 Maret 2022 #LiveSmarter

DBS Live More Society - Trik Terbaik Berhemat Sesuai Zodiak

Zodiak mewarnai kepribadian seseorang, termasuk yang berkaitan sama keuangan.  -

Berhemat memang bukan hal yang mudah. Tapi, bagaimana kalau strategi berhematnya disesuaikan dengan kepribadian kita, berdasarkan zodiak masing-masing? Sepertinya lebih masuk akal untuk dilakukan, dan jadi menambah semangat untuk berhematnya, ya. Anthony Badillo, perencana keuangan bersertifikat di Gen Y Planning, mengatakan pada Insider.com, daripada melarang ini dan itu, strategi hidup berhemat akan lebih berhasil bila seseorang mengikuti kata hati atau kepribadiannya.

Selain itu, Phsycology Today, menjelaskan, kalau gerakan hidup hemat bisa memberi dampak baik pada lingkungan. Ketika pabrik-pabrik memproduksi lebih banyak barang, mereka juga menghasilkan polusi dan sampah dalam jumlah yang tinggi, yang dapat merusak bumi serta menghancurkan ekosistem. Karena itu, kita perlu melakukan gaya hidup hemat supaya bisa mengurangi konsumsi pribadi. Bila ini dilakukan oleh banyak orang, tentu kelestarian lingkungan akan semakin terjaga.

Setiap zodiak memberikan warna pada kepribadian seseorang, termasuk cara mengelola keuangan pribadi. Nah, untuk mengetahui gimana gaya berhemat yang cocok tiap zodiak, baca terus artikel ini, Bestie!

Baca Juga: Supaya Makin Melek Finansial, Follow 6 Akun Ini

Aquarius (20 Januari – 18 Februari)
DBS Live More Society
Karakter Aquarius adalah dermawan dan humanis, jadi perlu berhati-hati banget supaya tak merugikan diri sendiri. Trik berhemat terbaik untuk seorang Aquarius adalah atur keuangan sesuai dengan perencanaan. Kuncinya adalah mengoptimalkan dan mengatur finansial kita terlebih dulu, sehingga bisa berbagi dengan lebih efektif,

Trik lainnya, cobalah Kakeibo, teknik mengatur uang ala ibu-ibu Jepang, yang pada dasarnya adalah mencatat setiap detail pengeluaran. Jadi, bisa tetap jadi orang yang dermawan, tapi bisa tahu berapa banyak dana yang bisa kita sisihkan untuk beramal atau berbagi dengan orang lain.

Pisces (19 Februari – 20 Maret)
DBS Live More Society
Si paling nggak peduli sama urusan uang. Mereka menganggap banyak hal yang lebih penting di hidup buat seorang Pisces dibandingkan urusan uang. Sayangnya, ini bisa mengarah ke hal yang buruk. Anthony Badillo mengatakan, trik berhemat buat Pisces adalah menggunakan uangnya untuk sesuatu yang paling penting baginya. Lebih mudah untuk berhemat dan menabung ketika Pisces fokus pada tujuan tertentu. Katakanlah, investasi pada satu hal yang menarik buat kita, atau berhemat demi meraih suatu mimpi.

Aries (21 Maret – 19 April)
DBS Live More Society
Impulsif adalah salah satu karakter Aries yang bikin ia jadi susah berhemat. Pas lagi ke mal, bisa saja tiba-tiba belanja barang atau sesuatu yang enggak direncanakan. Supaya Aries bisa berhemat, dan mengisi dana darurat misalnya, mungkin ada baiknya mencoba trik yang lagi hype, seperti Zero Rupiah Days. Trik ini adalah saat kita menantang diri sendiri untuk melewati hari tanpa mengeluarkan uang sepeser pun.

Kalau kamu-yang-berzodiak-Aries lebih sering belanja online Anthony merekomendasikan untuk mengambil napas sebelum menekan tombol “Beli" atau “Checkout”. Biarkan barang tersebut di “Keranjang” selama 24 jam, lalu kalau kita masih merasa perlu membelinya setelah lewat 1 hari, maka itu adalah barang yang bisa kita beli. Kalau tidak, transfer uang yang akan kita keluarkan untuk barang tersebut ke tabungan.

Taurus (20 April – 1 Mei)
DBS Live More Society
Ini dia zodiak yang pandai menghemat uang dan merencanakan masa depan. Soalnya, karakter Taurus adalah bertanggung jawab, plus senang dengan kestabilan. Tetapi, Taurus juga menyukai kemewahan dan barang-barang yang fancy. Stefanie O'Connell, penasihat keuangan untuk milenial dan penulis "The Broke and Beautiful Life," menyarankan si Taurus untuk melihat apa yang diinginkan melebihi sesuatu di depan mata yang lagi kepingin kita beli, dan ingat apa yang diinginkan di tahun depan, 5 tahun atau 10 tahun nanti. Dengan begini, pikiran kita jadi kembali fokus sama life goal dibandingkan belanja barang-barang mewah yang lagi kita lihat di mall atau marketplace. Coba, deh.

Gemini (21 Mei – 20 Juni)
DBS Live More Society
Gemini dikenal nggak gampang ditebak karena mudah berubah-ubah, dan ini juga yang terjadi di pengelolaan finansial mereka. Kadang ia bertanggung jawab, tetapi bisa tiba-tiba melakukan pembelian impulsif atau sesuatu yang berisiko pada keuangannya. Seimbangkan ketidakpastian itu dengan memprioritaskan tabungan otomatis (auto debet) untuk tujuan yang lebih besar, seperti liburan ke Paris atau tabungan pensiun, supaya tidak mudah tergoda sama flash sale.

Cancer (21 Juni – 22 Juli)
DBS Live More Society
Pekerja keras dan suka menabung adalah karakter dari Cancer. Dengan kata lain, sudah tak butuh trik berhemat. Hanya saja, saking sukanya bekerja dan menabung, Cancer jadi jarang memanjakan dirinya. Suka lupa self-love. Kata Stephanie Dempsey, penulis dan peramal berbakat, Cancer akan mendapat lebih banyak kebahagiaan dari menghabiskan uang untuk merawat dirinya sendiri. “Jangan ragu untuk berbelanja sesuatu yang memberikan kesenangan jangka panjang, seperti peralatan masak berkualitas tinggi, handuk super-lembut, dan seprai desainer,” ucap Stephanie pada Insider.com.

Leo (23 Juli – 22 Agustus)
DBS Live More Society
Sifatnya yang ambisius dan kreatif ini bikin Leo jadi mudah menghasilkan uang, tapi juga mudah menghasilkannya karena suka mengikuti tren terbaru. Nicholas Holeman, perencana keuangan bersertifikat di Betterment, mengatakan, orang yang merasa perlu selalu memiliki barang baru yang paling keren harus selektif banget ketika mengeluarkan uangnya. Ini artinya, Leo boleh saja berbelanja sesuka hati pada hal-hal yang memberi kebahagiaan, asalkan berhemat di hal lainnya dalam hidup. Seperti kata pepatah, kita bisa memiliki apa pun yang kita inginkan, tapi tidak semuanya yang kita mau. Yuk, dipilih yuk apa saja yang perlu dimiliki dan apa yang enggak perlu.

Virgo (23 Agustus – 22 September)
DBS Live More Society
Berhati-hati, kritis, dan pekerja keras, tiga karakter Virgo, sebenarnya membantu banget dalam menjalani strategi hidup hemat. Namun, kadang-kadang kita perlu ingat juga kalau memanjakan diri atau memberi kemudahan pada diri sendiri itu boleh banget, bahkan harus. Misalnya, sesekali mengeluarkan uang untuk naik taxi online ketika lagi capek sepulang kerja, di mana biasanya selalu naik tranportasi masal. Atau, langganan layanan streaming selama setahun (ini lebih murah dibanding bayar tiap bulan!) untuk hiburan setelah kerja seharian. Supaya enggak kesal sama diri sendiri karena merasa boros, kita bisa membuat budget untuk hiburan atau belanja tiap bulannya, dan belanjakanlah sesuai anggaran.

Libra (23 September – 22 Oktober)
DBS Live More Society
Social person cocok jadi julukan untuk si Libra yang enggak suka sendirian ini. Sebenarnya, ini hal bagus, sih, untuk kehidupan sosial, tapi buruk buat dompet. Padahal, Libra cukup jago menyeimbangkan antara menabung dan belanja, lho. Nah, biar kebutuhan sosial bisa tetap jalan bareng sama gaya berhemat, cobalah mencari tahu acara kumpul-kumpul apa yang benar-benar penting dan buat anggaran untuk itu. Pilih yang terpenting, supaya tidak terlalu banyak mengeluarkan uang untuk nongkrong sama teman. Apalagi sekarang, kan, masih pandemi, jadi mungkin hangout-nya bisa secara virtual dulu. Jadiii, lebih hemat, deh.

Scorpio (23 Oktober – 22 November)
DBS Live More Society
Hayo ngaku, para Scorpion, kalian tertutup, kan? Sifat ini dapat membuat obrolan soal uang jadi sangat menantang. Bahkan, bisa menjadi penghalang ketika mencoba merencanakan masa depan, baik sama konsultan keuangan atau pasangan. Kabar baiknya, Scorpio merupakan orang yang disiplin dan cenderung tidak boros. Lebih terbuka sama pasangan, atau meminta bantuan profesional untuk berkonsultasi soal keuangan adalah gaya berhemat untuk orang berzodiak Scorpio. Mungkin ini saatnya kita coba keluar dari zona nyaman.

Sagitarius (23 November – 21 Desember)
DBS Live More Society
Karakternya yang cenderung tidak sabar membuat Sagitarius terkadang mengambil keputusan yang kurang tepat, termasuk pada hal-hal yang berhubungan sama uang. Tentu saja, ini bukan pertanda baik untuk penghematan — bahkan, ini sejalan dengan impulsif. Hmm, jangan sampai ketemu sama Aries. Untuk menghindari pengeluaran berlebihan, luangkan sedikit lebih banyak waktu untuk melakukan riset supaya bisa mengambil keputusan terbaik. Selain itu, boleh banget kalau mau coba menabung sekian rupiah setiap bulan menggunakan fitur auto-debet dari bank. Ini trik terbaik buat kamu yang berzodiak Sagitarius.

Carpicorn (22 Desember – 19 Januari)
DBS Live More Society
Sebenarnya Carpicorn jago mengelola uang, juga bertanggung jawab dan disiplin, tetapi Carpicorn juga cenderung memikirkan situasi yang terburuk. Dalam hal finansial, ini membuat Carpicorn lebih senang menyimpan uang daripada membelanjakannya. Sudah berhemat, tapi enggak bahagia. Nah, supaya keuntungan berhematnya lebih terasa, kenapa tak mencoba investasi? Bukan cuma mendukung hobi berhemat, tetapi juga menghasilkan pendapatan baru buat kita.

Sekarang, ada banyak jenis investasi dan mudah dilakukan. Semua kemudahan perbankan di satu aplikasi melalui digibank by DBS bisa kita dapatkan. Mau investasi obligasi? Reksa dana? Atau, deposito? Ada semuaaa. Buruan cek detailnya di sini.-

Cek Artikel lainnya
Anti Ribet, Ini Cara Lapor Pajak Secara Online
#LiveSmarter6 Maret 2020

Anti Ribet, Ini Cara Lapor Pajak Secara Online

Tak terasa, kita sudah harus kembali mengisi Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) pajak penghasilan per orangan. Wajib diketahui bahwa akhir pelaporan surat akan berakhir pada 31 Maret 2020.

Read more
Susah Menabung, Coba Pakai Cara Ini Agar Uangmu Melimpah
#LiveSmarter6 Maret 2020

Susah Menabung, Coba Pakai Cara Ini Agar Uangmu Melimpah

Menabung memang bukan hal yang mudah, tapi bukan berarti jadi sesuatu yang mustahil. Tentunya semua orang ingin meningkatkan kondisi finansialnya tahun ini.

Read more
Tahun Baru, Kerjaan Baru. Ini Caranya Biar CV Kamu Dilirik
#LiveSmarter3 Februari 2020

Tahun Baru, Kerjaan Baru. Ini Caranya Biar CV Kamu Dilirik

Momen awal tahun biasanya jadi waktu yang tepat untuk melamar pekerjaan. Nah, siapa tahu kamu akhirnya bisa diterima di kantor impian. Caranya tentu dengan melampirkan CV yang baik dan menarik.

Read more