Dapatkan informasi seputar aktivitas dan penawaran menarik dari PT Bank DBS Indonesia, dengan mengisi form di bawah ini:
DBS Live More Society

DBS Live More Society

#LiveSmarter

CARIpreneur – Kompetisi UMKM Kekinian, Dorong Percepatan Penetrasi Digital UMKM Indonesia

By Admin, 2 September 2022 #LiveSmarter

DBS Live More Society -  CARIpreneur – Kompetisi UMKM Kekinian, Dorong Percepatan Penetrasi Digital UMKM Indonesia

Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) merupakan salah satu faktor yang sangat berperan penting dalam perkembangan perekonomian di Indonesia. Kontribusi UMKM pada perekonomian di Indonesia setiap tahunnya selalu mengalami kenaikan, hal ini membuktikan bahwa UMKM memiliki semangat untuk maju dan selalu berinovasi walaupun di tengah gencaran pandemik Covid-19. Pada tahun 2022, UMKM mampu memberikan kontribusi terhadap PDB sebesar 63 persen. Walaupun demikian, UMKM di indonesia nyatanya menghadapi berbagai macam tantangan, salah satunya adalah perluasan proses jual beli secara online. Perkembangan ini membuat banyak UMKM harus bisa beradaptasi untuk mempertahankan bisnisnya agar dapat diterima masyarakat dan memiliki daya saing. -

Peralihan proses jual beli ke dunia digital nyatanya sangat banyak membantu UMKM. Pada masa pandemik, perilaku serta kebiasaan membeli dari konsumen berubah, yang awalnya mereka masih melakukan transaksi offline lalu beralih ke online. Perubahan perilaku ini juga membuat UMKM harus mampu beradaptasi dan bertransformasi ke era digital untuk seluruh kegiatan bisnisnya, mulai dari penjualan, pemasaran, menjangkau dan melayani pelanggan, dan kegiatan bisnis lainnya. Dengan survive di era digitalisasi, UMKM mendapatkan kemudahan akses, perluasan jangkauan, informasi edukasi, komunitas, pemasaran dan proses yang lebih cepat dalam menjalankan bisnisnya. 


DBS Live More Society

Dalam rangka mendorong percepatan penetrasi digitalisasi UMKM, CARInih Bersama para partner ekosistem antara lain Bank DBS Indonesia, turut memberikan kontribusi nyata, diantaranya dengan terus memberikan edukasi literasi, mengajak UMKM untuk mengoptimalkan pengetahuan tentang teknologi dengan menggunakan aplikasi CARInih dan mengoptimalkan akses pembayaran yang mudah dalam menjalankan usahanya baik secara offline maupun online

Wujud lain upaya mendorong percepatan penetrasi digitalisasi UMKM Indonesia yaitu melalui CARIpreneur – Kompetisi UMKM Kekinian, hasil kolaborasi CARInih dan Smesco Indonesia bersama para partner ekosistem antara lain DBS Indonesia. CARIpreneur memberikan wadah bagi sahabat UMKM untuk saling mendukung dan berkolaborasi dengan mengoptimalkan teknologi. Program ini mengusung tema “Serukan Kreasi Bisnismu Tanpa Batas” yang mendorong UMKM untuk selalu aktif berinovasi dan kreatif untuk mengembangkan usahanya dengan mengandalkan teknologi. Dalam semangat #NYATAKANsalingbantu, CARIpreneur berkomitmen untuk mendukung UMKM sebagai salah satu faktor penting perekonomian Indonesia.


DBS Live More Society

Program CARIpreneur ini dapat diikuti oleh seluruh sahabat UMKM di Indonesia yang sudah menjalankan bisnisnya selama 6 bulan. Program ini dimulai sejak 25 Agustus 2022 sampai dengan 17 September 2022, seluruh peserta dapat mendaftar melalui form yang tersedia dengan mengirimkan materi presentasi tentang bisnisnya dan akan diseleksi oleh panitia. Seluruh peserta yang lolos tahap seleksi harus mengikuti seluruh rangkaian kegiatan lainnya seperti workshop dengan berbagai topik seperti membuat konten produk dengan caption yang menarik, sharing is caring dari partner ekosistem lainnya, diikuti dengan penjurian final oleh para Juri yang luar biasa dan berhadiah luar biasa berupa uang tunai, modal usaha, dan bonus hadiah lainnya sebesar total ratusan juta rupiah.

Dalam merealisasikan program CARIpreneur ini, banyak partner ekosistem terutama Bank DBS Indonesia menunjukkan dukungan yang luar biasa. Hal ini dikarenakan karena Bank DBS melihat bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat bagi UMKM untuk dapat berkembang, berinovasi, memiliki daya saing serta memberikan kontribusi yang positif terhadap perekonomian. Sebagai sebuah bank, bentuk kontribusi yang diberikan oleh Bank DBS adalah ikut serta berperan aktif untuk mendampingi dan memberikan wawasan di dalam bidang finansial serta inovasi teknologi. Selain itu, Bank DBS juga menyediakan layanan fitur Bayar ringkas yang dapat dimanfaatkan oleh mitra CARInih untuk melakukan transaksi dengan mudah dan aman. 

Ayo masih ada kesempatan untuk ikutan CARIpreneur – Kompetisi UMKM Kekinian sampai dengan 17 September 2022 dengan melakukan pendaftaran di : https://www.carinih.com/caripreneur-

Cek Artikel lainnya
Anti Ribet, Ini Cara Lapor Pajak Secara Online
#LiveSmarter6 Maret 2020

Anti Ribet, Ini Cara Lapor Pajak Secara Online

Tak terasa, kita sudah harus kembali mengisi Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) pajak penghasilan per orangan. Wajib diketahui bahwa akhir pelaporan surat akan berakhir pada 31 Maret 2020.

Read more
Susah Menabung, Coba Pakai Cara Ini Agar Uangmu Melimpah
#LiveSmarter6 Maret 2020

Susah Menabung, Coba Pakai Cara Ini Agar Uangmu Melimpah

Menabung memang bukan hal yang mudah, tapi bukan berarti jadi sesuatu yang mustahil. Tentunya semua orang ingin meningkatkan kondisi finansialnya tahun ini.

Read more
Tahun Baru, Kerjaan Baru. Ini Caranya Biar CV Kamu Dilirik
#LiveSmarter3 Februari 2020

Tahun Baru, Kerjaan Baru. Ini Caranya Biar CV Kamu Dilirik

Momen awal tahun biasanya jadi waktu yang tepat untuk melamar pekerjaan. Nah, siapa tahu kamu akhirnya bisa diterima di kantor impian. Caranya tentu dengan melampirkan CV yang baik dan menarik.

Read more