Dapatkan informasi seputar aktivitas dan penawaran menarik dari PT Bank DBS Indonesia, dengan mengisi form di bawah ini:
DBS Live More Society

DBS Live More Society

#LiveSmarter

5 Life Hacks Untuk Mengupas Buah, Wajib Dicoba

By Admin, 9 Februari 2022 #LiveSmarter

DBS Live More Society - 5 Life Hacks Untuk Mengupas Buah, Wajib Dicoba

Setelah membaca kelima caranya, mengupas buah jadi semudah mengedipkan mata. -

Setiap buah memiliki kulit berbeda dan beberapa lebih sulit dikupas dibandingkan lainnya. Sebagian ada yang bisa dikupas hanya dengan jari tangan, namun ada juga yang memerlukan alat bantu, seperti pisau. Meskipun kelihatannya mengupas buah adalah hal yang sederhana, tapi salah satu dari kita pasti ada yang sampai hari ini belum bisa mengupas kulit nanas, atau tidak tahu cara memakan kiwi tanpa kulitnya. Artikel ini menjawab ketidaktahuan kita dan setelah mempraktikkan kelima cara ini, kita akan terlihat jenius saat sedang mengupas buah. Like a pro.

1. Memakai pisau chef untuk nanas
DBS Live More Society
Cara paling aman dan termudah untuk mengupas adalah menggunakan pisau dapur yang tajam. Pisau chef adalah pilihan terbaik kita ketika mengupas buah yang berkulit tebal. Kelihatannya mengupas nanas memang sulit, tapi sebenarnya tidak juga. Yuk, coba mengupas kulit nanas dengan cara ini:

  • Cuci nanas terlebih dahulu, lalu letakkan di atas talenan.
  • Potong bagian atas nanas yang berbentuk seperti mahkotanya, lalu potong bagian bawah sehingga permukaan atas serta bawah menjadi datar dan nanas bisa didirikan dengan tegak.
  • Kupas kulit nanas menggunakan pisau dengan mengupasnya dari arah atas ke bawah. Agar kulit nanas bisa terkupas dengan tipis dan tidak mengambil banyak daging buah, gunakan pisau yang tajam.
  • Untuk mencegah munculnya rasa gatal pada lidah sehabis memakan nanas adalah dengan melumuri seluruh permukaan daging buah dengan garam. Diamkan selama sekitar 5 menit, lalu bilas dengan air matang hingga bersih.
  • Buang bintik ‘mata’ nanas dengan cara memotongnya membentuk huruf ‘V’. Karena bintik pada buah nanas memiliki pola berjajar secara diagonal, jadi kita bisa membuangnya dengan cara memotong mengikuti alur buah nanas.
  • Setelahnya, potong nanas menjadi dua bagian, lalu buang bagian tengah nanas yang cenderung keras dan hambar. Terus, potong nanas sesuai selera, dan nanas pun siap disantap.

Baca Juga: 5 Resep Smoothie Bowl Yang Nikmat dan Sehat, Coba Yuk!

2. Bisa pilih pakai sendok atau gelas untuk kiwi
DBS Live More Society
Buah kiwi yang matang biasanya memiliki tekstur yang lembek, dan bila dikupas banyak bagian dagingnya menjadi hancur. Nggak mau seperti itu? Lakukan dua cara untuk mengupas kiwi berikut ini.

DBS Live More Society
  • Menggunakan sendok. Yang perlu kita lakukan adalah memotong bagian atas dan bawah kiwi, lalu membuat sayatan kecil dengan pisau di sisi kulitnya. Jepit sendok di antara kulit dan dagingnya, dorong sendok memutari kiwi sampai semua kulit terpisah dari daging buah.
  • Memakai gelas kecil. Potong kiwi menjadi empat bagian. Tempelkan sisi berdaging di bagian dalam gelas dan gunakan pinggiran gelas untuk menjepit antara kulit dan buahnya. Dorong ke bawah agar buah mendarat di dalam gelas.

3. Mengupas buah pakai peeler
DBS Live More Society
Peeler atau alat pengupas kulit sayur bisa diandalkan juga untuk membuang kulit buah, seperti apel atau pir, yang kulitnya tidak tebal dan daging buahnya cukup keras. Meski tidak terlihat tajam seperti pisau, tetap penting untuk selalu berhati-hati. Soalnya, kalau digunakan tidak benar atau jari kita tergelincir dapat menguliti jari atau ruas-ruas jari. Ini adalah beberapa poin keamanan yang perlu diingat saat menggunakan pengupas sayuran atau buah:

  • Selalu cuci sayuran atau buah dengan baik sebelum dikupas. Mencuci akan mengurangi kotoran dan bakteri yang mungkin ada pada produk segar. Jangan dicuci setelah dikupas karena dapat menghilangkan vitamin dan mineral.
  • Pakailah talenan yang kuat dan kokoh untuk mencegah buah tergelincir.
  • Gunakan kedua tangan untuk menjaga jari tangan aman dari pisau. Pegang salah satu ujung buah di satu tangan, atau pegang pada posisinya di talenan, dan pengupas di tangan yang lain.

4. Menggunakan air mendidih
DBS Live More Society
Untuk buah berkulit tipis banget seperti anggur, memang agak sulit bila mengupasnya menggunakan pisau. Seringkali daging buahnya yang manis dan enak itu ikut terbawa saat dikupas pakai pisau, akhirnya jadi buang-buang makanan, deh. Cara termudah untuk mengupas buah anggur adalah dengan merebusnya terlebih dahulu. Celupkan anggur ke dalam panci berisi air mendidih selama beberapa detik untuk melonggarkan kulitnya, lalu lanjutkan dengan mencelupkan anggur dengan cepat ke dalam air berisi es batu untuk mencegah anggur jadi benar-benar matang. Trik ini bisa dipraktikkan juga saat mengupas tomat dan peach.

5. Dipotong dulu, lalu dikupas dengan tangan atau sendok
DBS Live More Society
Pisau dan jari tangan bisa jadi sebuah timyang ciamik untuk mengupas beberapa buah, misalnya alpukat. Kulit alpukat cukup unik dan bila tidak hati-hati dalam mengupasnya, kita bisa kehilangan daging buah dan atau malah mendapat bagian buah yang pahit. Untuk menghindari hal tersebut, ada cara mengupas alpukat yang tepat.

  • Diiris pakai pisau dan dikupas dengan tangan. Cuci buah terlebih dahulu dan letakan di talenan. Kita akan memotongnya memanjang, mengiris ke arah biji dan ujung yang lebih sempit di bagian bawah. Setelah dibelah dua, ambil sendok dan keluarkan biji dari dalam. Setelah itu, semuanya cukup mudah. Tarik kulit dari daging menggunakan tangan, dan terus lakukan sampai seluruh kulit terkelupas dari buah.
  • Menggunakan sendok. Bila alpukat sudah terbelah dua, kalau tidak ingin menarik kulitnya dengan jari-jari tangan, ulangi semua langkah dari metode di atas sampai bisa membuang bijinya. Setelah itu, ambil sendok, tempatkan di antara daging dan kulitnya. Gerakkan sendok dengan lembut di sekitar daging sampai kulitnya terlepas.

Kalau rasa ingin menikmati buah-buahan segar dan mengupas kulitnya menggunakan lima trik di atas berbanding terbalik dengan isi kulkas, alias nggak punya buah tapi mager banget, belanja di Market Citysaja. Digibank by DBS bagi-bagi voucher belanja di Market City yang bikin kita bisa berhemat ratusan ribu rupiah. Yuk, belanja di Market Citysesuka hati di sini!-

Cek Artikel lainnya
Anti Ribet, Ini Cara Lapor Pajak Secara Online
#LiveSmarter6 Maret 2020

Anti Ribet, Ini Cara Lapor Pajak Secara Online

Tak terasa, kita sudah harus kembali mengisi Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) pajak penghasilan per orangan. Wajib diketahui bahwa akhir pelaporan surat akan berakhir pada 31 Maret 2020.

Read more
Susah Menabung, Coba Pakai Cara Ini Agar Uangmu Melimpah
#LiveSmarter6 Maret 2020

Susah Menabung, Coba Pakai Cara Ini Agar Uangmu Melimpah

Menabung memang bukan hal yang mudah, tapi bukan berarti jadi sesuatu yang mustahil. Tentunya semua orang ingin meningkatkan kondisi finansialnya tahun ini.

Read more
Tahun Baru, Kerjaan Baru. Ini Caranya Biar CV Kamu Dilirik
#LiveSmarter3 Februari 2020

Tahun Baru, Kerjaan Baru. Ini Caranya Biar CV Kamu Dilirik

Momen awal tahun biasanya jadi waktu yang tepat untuk melamar pekerjaan. Nah, siapa tahu kamu akhirnya bisa diterima di kantor impian. Caranya tentu dengan melampirkan CV yang baik dan menarik.

Read more