Dapatkan informasi seputar aktivitas dan penawaran menarik dari PT Bank DBS Indonesia, dengan mengisi form di bawah ini:
DBS Live More Society
DBS Live More Society
#LiveSmarter

Suplemen Kolagen Cegah Penuaan Dini Fakta atau Hoax ?

By Admin, 28 Mei 2021 #LiveSmarter

DBS Live More Society - Suplemen Kolagen Cegah Penuaan Dini Fakta atau Hoax ?

Banyak orang bilang suplemen kolagen bagus untuk kulit dan mencegah penuaan dini, fakta atau hoax? Cek faktanya dari para pakar yuk.

Kolagen merupakan kandungan protein yang paling banyak ada dalam tubuh kita. Diperkirakan sepertiga dari tubuh kita mengandung kolagen. Kata kólla berasal dari bahasa Yunani yang berarti lem atau perekat. Ini karena kolagen menyambung tulang, kuilt, otot, tendon dan ligament. Kolagen juga ditemukan dalam saluran darah, kornea dan gigi.

Semakin bertambah umur, tubuh kita semakin jarang memproduksi kolagen. Salah satu gejalanya adalah kulit kita bertambah keriput dan kurang kenyal lagi. Inilah yang mendorong terciptanya suplemen kolagen untuk berbagai masalah kesehatan.-

Data dari mesin pencari Google tahun 2021 membuktikan bahwa banyak orang yang mencari tahu mengenai kolagen. Rata-rata 1,4 juta kali pencarian tentang kolagen dilakukan orang setiap bulan. Angka ini naik 35% dari tahun lalu menurut firma riset Spate. Tentunya suplemen kolagen berupa bubuk dan minuman menjadi bahan pencarian utama.

Ada berbagai studi yang menyebutkan suplemen kolagen memiliki khasiat bagus untuk manusia. Sebuah studi tahun 2019 menyebutkan bahwa lelaki yang mengkonsumsi suplemen collagen peptides sambil rutin melakukan olahraga untuk kekuatan tubuh akan meningkatkan massa otot. Tahun 2017 dilakukan penelitian mengenai efek kolagen kepada tikus yang memiliki post-traumatic osteoarthritis (PTOA). Hasil riset menunjukkan suplemen kolagen dapat melindungi perkembangan penyakit arthritis. Kemudian sebuah studi tahun 2019 menyimpulkan perempuan yang mengkonsumsi suplemen kolagen akan menunjukkan perbaikan pada kondisi kulit serta elasitasnya.

Namun banyak pakar berpendapat bahwa jumlah studi yang menunjukkan kolagen memiliki pengaruh positif terhadap elastisitas kulit dan melawan penuaan aktif sebenarnya masih terlalu terbatas. Sehingga validitas studi ini pun masih perlu dipertanyakan. “Ini lebih ke kesempatan mem-branding industry kecantikan karena banyak orang tertarik untuk terlihat awet muda,” ujar Dr. Rabia De Latour, gastroenterologist dan asisten profesor pengobatan di New York University.

Baca juga: 7 Resep Masker Wajah Andalan Pakar Kecantikan Yang Gampang Dibuat Di Rumah

Efek samping yang mungkin dialami saat mengkonsumsi kolagen sebenarnya juga belum dibuktikan dengan riset yang cukup. Hal paling utama yang perlu diwaspadai adalah reaksi alergi kalau kita memiliki kecenderungan sensitif terhadap kandungan tertentu.

Menurut para pakar, antangan utama dari riset mengenai konsumsi suplemen kolagen adalah berapa dosis yang dibutuhkan untuk mendapatkan hasil optimal? Oleh karena itu saran utama saat akan mengkonsumsi suplemen kolagen adalah lakukan dengan takaran yang sewajarnya. Kemudian pantau reaksi tubuh saat mulai secara teratur mengkonsumsi suplemen kolagen.

Alternatif lain yang lebih alami adalah mengkonsumsi makanan yang mengandung kolagen. Seperti ayam, ikan, sayuran berwarna hijau dan makanan lain yang mengandung kadar vitamin C tinggi. Ini karena tubuh kita membutuhkan vitamin C saat menciptakan kolagen yang mengkombinasikan gylcerine dan proline. -

Sekarang keputusannya ada di tangan kita. Mau menggunakan suplemen kolagen atau mengkonsumsi kolagen alami. Atau mungkin keduanya? Apapun itu keputusan kita, investasi dari sekarang demi hari tua bahagia adalah sangat penting. DBS memiliki beragam produk investasi yang dapat dipilih sesuai keinginan. Seperti, deposito valas, deposito rupiah dan obligasi. Klik di sini untuk info lebih lanjut.

 

DBS Live More SocietyDBS Live More SocietyDBS Live More SocietyDBS Live More Society

More #LiveSmarter Articles

Cek Artikel lainnya
Anti Ribet, Ini Cara Lapor Pajak Secara Online
#LiveSmarter6 Maret 2020

Anti Ribet, Ini Cara Lapor Pajak Secara Online

Tak terasa, kita sudah harus kembali mengisi Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) pajak penghasilan per orangan. Wajib diketahui bahwa akhir pelaporan surat akan berakhir pada 31 Maret 2020.

Read more
Susah Menabung, Coba Pakai Cara Ini Agar Uangmu Melimpah
#LiveSmarter6 Maret 2020

Susah Menabung, Coba Pakai Cara Ini Agar Uangmu Melimpah

Menabung memang bukan hal yang mudah, tapi bukan berarti jadi sesuatu yang mustahil. Tentunya semua orang ingin meningkatkan kondisi finansialnya tahun ini.

Read more
Tahun Baru, Kerjaan Baru. Ini Caranya Biar CV Kamu Dilirik
#LiveSmarter3 Februari 2020

Tahun Baru, Kerjaan Baru. Ini Caranya Biar CV Kamu Dilirik

Momen awal tahun biasanya jadi waktu yang tepat untuk melamar pekerjaan. Nah, siapa tahu kamu akhirnya bisa diterima di kantor impian. Caranya tentu dengan melampirkan CV yang baik dan menarik.

Read more