Dapatkan informasi seputar aktivitas dan penawaran menarik dari PT Bank DBS Indonesia, dengan mengisi form di bawah ini:
DBS Live More Society

DBS Live More Society

#LiveSmarter

Supaya Makin Melek Finansial, Follow 6 Akun Ini

By Admin, 20 Desember 2021 #LiveSmarter

DBS Live More Society - Supaya Makin Melek Finansial, Follow 6 Akun Ini

Sering merasa gaji cuma numpang lewat? Kalau iya, sudah waktunya follow 6 akun Instagram para influencer yang sering memberikan ilmu finansial gratis. -

Begitu punya pekerjaan dan dapat gaji pertama, semestinya kita juga sudah memahami pentingnya mengatur finansial pribadi. Sayangnya, sebagian dari kita belum melek soal literasi keuangan seperti itu. Padahal mempelajari cara membuat budgeting dan menginvestasikan uang adalah keterampilan yang penting buat sekarang dan masa depan. Siapa yang sudah mulai mengkhawatirkan kehidupan finansialnya sampai paragraf ini?

Tenaaang, ada kabar baik, kok, untuk kita semua. Di Instagram, terdapat banyak financial influencer yang bisa mengajarkan kita cara mengelola keuangan secara gratis. Ternyata Instagram tidak hanya tentang selfie, ya. Ada banyak akun luar biasa untuk diikuti karena sering membagikan ilmu atau wawasan tentang cara menghasilkan uang dan mengelola keuangan kita lebih jauh. Para ahli ini bersedia memberikan saran profesional mereka tentang keuangan dan personal budgeting. Berikut adalah daftar influencer di Instagram yang siap membantu kita.

Baca Juga: Social Media Marketing: Memilih Platform yang Tepat untuk Usahamu

1. Clever Girl Finance @clevergirlfinance (CGF)
DBS Live More Society
Bola Sokunbi, seorang instruktur pendidikan keuangan bersertifikat dan pakar keuangan, mendirikan CGF untuk pemberdayaan perempuan agar bertanggung jawab, menyingkirkan hutang, menghemat uang, dan membangun kekayaan yang sesungguhnya. Keren yaaa. Saat ini, CGF adalah tim yang terdiri dari lima ahli keuangan yang menawarkan dukungan dan memberikan keterampilan yang sering dibutuhkan perempuan untuk mengelola keuangan pribadi yang rumit. Misalnya, kiat gimana untuk mengeluarkan uang sesuai anggaran, cara menginvestasikan uang kita, sampai mengecek detail pada laporan kartu kredit.

2. Andhika Diskartes (@andhika.diskartes)
DBS Live More Society
Memiliki belasan tahun tahun pengalaman dalam bisnis keuangan yang fokus pada personal finance, strategi investasi, dan teknologi keuangan, Andhika bisa banget memberikan kita berbagai ilmu keuangan melalui konten yang menarik. Daaan, cukup mudah dipahami oleh orang awam. Selain sering berbagi pengalaman keuangan kliennya, Andhika suka sharing soal isu finansial yang lagi ramai diomongin dan mungkin lagi kita cari jawabannya. Contohnya, soal split bill waktu makan/nongkrong bareng teman atau pacar, budget beli kado ulang tahun untuk teman, sampai soal hal-hal yang lebih besar seperti biaya renovasi rumah dan sebagainya.

3. Cindy Zuniga-Sanchez @zerobasedbudget
DBS Live More Society
Perempuan yang tinggal di New York ini punya pengalaman memiliki hutang biaya pendidikan. Perjalanannya menuju kebebasan finansial dimulai ketika dia menyelesaikan sekolah hukum dan mendapatkan pekerjaan yang bagus tetapi memiliki hutang biaya sekolahnya yang lebih dari $200.000 (sekitar 2,8 milyar rupiah). Cindy pun memutuskan bahwa ini bisa menjadi pengalaman belajar yang baik untuk dirinya sendiri maupun orang lain.

Begitulah cara Cindy memulai akun Instagram-nya, yaitu untuk mengajak orang lain melek finansial bareng, di saat ia berusaha melunasi hutang besar itu. Sekarang ia benar-benar bebas dari utang, tetapi terus membantu orang lain membuat keputusan keuangan yang lebih baik dan membagikan ilmu finansial yang ia miliki melalui akun Instagram-nya.

4. Jonathan End (@jonathanend)
DBS Live More Society
Yang satu ini sebenarnya bukan ahli keuangan, tapi seorang growth consultant yang gemar membuat konten seputar topik-topik personal finance di akun Instagram-nya. Topik yang dibahas pun cukup luas, mulai dari soal tabungan, kewirusahaan, investasi, hingga hal yang penting banget buat para pemula: anggaran keuangan personal. Kontennya dikemas dengan humor sehingga terasa ringan dan menarik untuk dipahami.

5. Felicia Putri Tjiasaka (feliciaputritjiasaka)
DBS Live More Society
Selain jadi content creator yang fokus pada topik keuangan, Felicia merupakan co-founder dari financial edutech Ternak Uang. Pantas saja kalau isi Instagram-nya berisi ilmu finansial yang dikemas dengan konten menghibur. Felicia juga kerap membahas hal-hal yang lagi tren atau ramai dibicarakan oleh kaum milenial. Misalnya, cara mengelola keuangan bagi sandwich generation, investasi ala serial Hometown Cha Cha Cha, sampai soal tipe rumah yang sebaiknya jangan dibeli. 

6. The Financial Diet (@thefinancediet)
DBS Live More Society
Dari akun yang direkomendasikan banyak orang untuk belajar keuangan ini, kita dapat menikmati harta karun berupa nasihat keuangan yang sungguh berguna di keseharian kita. Dari The Financial Diet atau TFD, kita bisa menemukan semua yang ingin kita ketahui tentang keuangan pribadi, mulai dari hal-hal mendasar, pengalaman pribadi hingga opini profesional. Konten-konten TFD dapat membantu kita untuk menyadari bahwa personal finance itu sebenarnya tidak serumit kelihatannya, kok.

Kalau wawasan seputar anggaran keuangan pribadi kita sudah semakin luas dan banyak, terus kepingin mulai berinvestasi, ada pilihan menarik, nih. Investasi ST008 namanya. Banyak keuntungan yang bisa kita dapatkan dengan berinvestasi ST008 di aplikasi digibank by DBS. Selain menambah cuan, kita juga bisa berdampak dan berkontribusi untuk lingkungan, khususnya di Indonesia. Cari tahu detailnya di sini, ya!-

Cek Artikel lainnya
Anti Ribet, Ini Cara Lapor Pajak Secara Online
#LiveSmarter6 Maret 2020

Anti Ribet, Ini Cara Lapor Pajak Secara Online

Tak terasa, kita sudah harus kembali mengisi Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) pajak penghasilan per orangan. Wajib diketahui bahwa akhir pelaporan surat akan berakhir pada 31 Maret 2020.

Read more
Susah Menabung, Coba Pakai Cara Ini Agar Uangmu Melimpah
#LiveSmarter6 Maret 2020

Susah Menabung, Coba Pakai Cara Ini Agar Uangmu Melimpah

Menabung memang bukan hal yang mudah, tapi bukan berarti jadi sesuatu yang mustahil. Tentunya semua orang ingin meningkatkan kondisi finansialnya tahun ini.

Read more
Tahun Baru, Kerjaan Baru. Ini Caranya Biar CV Kamu Dilirik
#LiveSmarter3 Februari 2020

Tahun Baru, Kerjaan Baru. Ini Caranya Biar CV Kamu Dilirik

Momen awal tahun biasanya jadi waktu yang tepat untuk melamar pekerjaan. Nah, siapa tahu kamu akhirnya bisa diterima di kantor impian. Caranya tentu dengan melampirkan CV yang baik dan menarik.

Read more