Dapatkan informasi seputar aktivitas dan penawaran menarik dari PT Bank DBS Indonesia, dengan mengisi form di bawah ini:
DBS Live More Society

DBS Live More Society

#LiveSmarter

Mau Mulai Berwirausaha? Jangan Ragu, Ini Tipsnya!

By Admin, 24 Desember 2021 #LiveSmarter

DBS Live More Society - Mau Mulai Berwirausaha? Jangan Ragu, Ini Tipsnya!

Sepertinya sebagian besar orang memiliki impian untuk berwirausaha. Memiliki bisnis sendiri memang terdengar menjanjikan dan menyenangkan, bisa menjadi bos untuk diri sendiri, juga merencanakan pengembangan bisnis sendiri, sesuai dengan bayangan kita. Namun, ketika hendak memulai, mungkin ada keraguan dalam diri, bisa tidak ya, aku memulai bisnis sendiri? Yuk, simak artikel ini untuk membantu!-

Apa Berwirausaha Tepat Untukmu?
Sebelum memutuskan untuk memulai bisnis sendiri, pastikan kamu adalah orang yang memiliki beberapa karakteristik berikut. Walaupun bukan jaminan kesuksesan, namun rata-rata pebisnis yang sukses memiliki sifat-sifat seperti ini. Apa saja, ya?

  • Menghargai kemandirian. Orang yang mau berwirausaha selalu ingin menjadi bos untuk dirinya sendiri, mengatur jadwal dan hidupnya sendiri.
  • Mengandalkan diri sendiri. Wirausahawan suka jika kesuksesannya karena dirinya sendiri.
  • Berani mengambil risiko. Jika kamu tidak takut dengan kemungkinan tidak dibayar sebulan penuh, atau mengalami kerugian dan kehilangan modal, bisa jadi wirausaha cocok untukmu.
  • Hemat. Walau punya banyak uang, pebisnis yang baik tak suka menghambur-hamburkan uang, karena mereka berpikir panjang ke depan dan mementingkan bisnis mereka.

Langkah Menjadi Wirausahawan
Jika kamu sudah yakin ingin membuka usaha, ada beberapa langkah yang sebaiknya kamu ikuti. Langkah ini akan membantumu untuk memiliki fondasi yang kokoh ke depannya.

  1. Tentukan Bidang/Niche Bisnismu
    Banyak yang ingin memulai bisnis tapi bingung mau membuka usaha apa. Makanya, pertama-tama kamu harus bisa menentukan bidang usahamu. Biasanya, bidang yang potensial untuk kamu jalani adalah bidang yang memang sudah beberapa waktu kamu tekuni. Misalnya, selama ini kamu bekerja di bidang marketing dan sering mengkoordinasi event. Mungkin bisnis yang tepat untukmu adalah event organizer, karena pasti kamu memiliki pengalaman dan orang-orang yang tepat yang bisa membantumu.

  2. Lakukan Research Pasar
    Setelah tahu bisnis apa yang mau kamu jalani, saatnya mempelajari pasaran untuk menentukan peluangmu. Misalnya, apa opportunity yang baik untuk usaha event organizer saat ini? Atau, angle menarik apa yang bisa kamu ciptakan untuk usaha EO-mu sehingga berbeda dari competitor?

  3. Belajar Tentang Entrepreneur
    Walaupun siapa saja bisa jadi wirausahawan, memiliki ilmu yang tepat tentu akan sangat membantu bisnismu ketika menghadapi berbagai keadaan. Jika kamu memang memiliki ijazah yang berhubungan dengan bisnis seperti manajemen bisnis, ekonomi, akuntansi, marketing, komunikasi, atau advertising, ini hal yang baik sekali. Namun, jika tidak, tak usah berkecil hati. Di era modern ini banyak sekali kelas-kelas dan seminar di mana kita bisa belajar banyak hal tentang bisnis, entrepreneurship, hinggal digital marketing. Jangan ragu untuk mendaftarkan diri dan belajar lebih dalam tentang wirausaha.

  4. Bangun Bisnismu Perlahan
    Tak perlu memiliki pemikiran bahwa growth yang cepat sama dengan sukses. Justru, kebanyakan bisnis yang meraih kesuksesan dibangun secara perlahan tapi pasti. Dengan begitu, kamu bisa sekaligus belajar dalam menjalani usaha. Selain itu, banyak juga entrepreneur yang awalnya tetep bekerja dan menjalani usahanya sebagai sampingan. Jadi, tidak perlu buru-buru, dan nikmati perjalananmu.-

Jadi, jangan ragu untuk memulai mimpi dan usahamu sendiri, apalagi jika alasanmu menunda memulai adalah karena modal. Tak perlu khawatir, karena DBS bisa membantu pembiayaan untuk usaha. Cari tahu info lengkapnya di sini!

Cek Artikel lainnya
Anti Ribet, Ini Cara Lapor Pajak Secara Online
#LiveSmarter6 Maret 2020

Anti Ribet, Ini Cara Lapor Pajak Secara Online

Tak terasa, kita sudah harus kembali mengisi Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) pajak penghasilan per orangan. Wajib diketahui bahwa akhir pelaporan surat akan berakhir pada 31 Maret 2020.

Read more
Susah Menabung, Coba Pakai Cara Ini Agar Uangmu Melimpah
#LiveSmarter6 Maret 2020

Susah Menabung, Coba Pakai Cara Ini Agar Uangmu Melimpah

Menabung memang bukan hal yang mudah, tapi bukan berarti jadi sesuatu yang mustahil. Tentunya semua orang ingin meningkatkan kondisi finansialnya tahun ini.

Read more
Tahun Baru, Kerjaan Baru. Ini Caranya Biar CV Kamu Dilirik
#LiveSmarter3 Februari 2020

Tahun Baru, Kerjaan Baru. Ini Caranya Biar CV Kamu Dilirik

Momen awal tahun biasanya jadi waktu yang tepat untuk melamar pekerjaan. Nah, siapa tahu kamu akhirnya bisa diterima di kantor impian. Caranya tentu dengan melampirkan CV yang baik dan menarik.

Read more