Dapatkan informasi seputar aktivitas dan penawaran menarik dari PT Bank DBS Indonesia, dengan mengisi form di bawah ini:
DBS Live More Society

DBS Live More Society

#LiveSmarter

10 Pilihan Sumber Dana Untuk Modal Usaha

By Admin, 23 Desember 2021 #LiveSmarter

DBS Live More Society - 10 Pilihan Sumber Dana Untuk Modal Usaha

Ketika ide usaha sudah siap direalisasikan, tapi terbentur biaya, mungkin waktunya kita memilih satu dari 10 pilihan sumber dana ini.-

Sekeren apa pun ide bisnis kita, salah satu elemen penting dari kesuksesan perusahaan rintisan adalah kemampuan untuk mendapatkan dana yang cukup untuk modal usaha dan mengembangkan bisnis. Menurut, sebuah studi baru-baru ini, lebih dari 94% usaha baru gagal selama tahun pertama beroperasi. Kurangnya dana usaha ternyata jadi salah satu alasannya.

Dari sebuah ide menjadi suatu bisnis yang menghasilkan pendapatan, akan membutuhkan bahan bakar bernama modal. Ya memang, sih, mengumpulkan dana sebagai modal usaha tidak pernah mudah, dan mungkin memakan waktu lebih lama dari yang diperkirakan. Tetapi, mengapa tidak mencobanya? Bisa banget satu atau lebih dari 10 pilihan ini bisa menjadi langkah awal yang tepat untuk bikin usaha kita makin besar. Mungkin mau membangun bisnis sosial? Yuk, dicoba.

1. Tabungan pribadi
DBS Live More Society
Sumber dana pribadi atau biasa disebut bootstrap, merupakan cara yang efektif untuk dana awal, khususnya ketika kita baru memulai bisnis. Pengusaha pemula sering mengalami kesulitan mendapatkan dana tanpa terlebih dahulu menunjukkan strategi dan potensi kesuksesan kita. Nah, kita dapat berinvestasi dari tabungan kita sendiri. Keuntungannya, tidak perlu repot-repot ‘meminta’ ke investor dan kita punya kendali penuh di perusahaan kita.

Baca Juga: 10 Strategi Yang Wajib Diketahui Sebelum Menjadi Wirausaha

2. Teman atau keluarga
DBS Live More Society
Martin Zwilling, penulis buku bisnis dan pengusaha terkemuka di Amerika Serikat, mengatakan teman dan keluarga bisa jadi salah satu sumber dana modal. Colek inner circle sebelum mencarinya di luar lingkaran. Dalam banyak situasi, keluarga serta teman akan fleksibel dengan tingkat bunga dan lainnya.

3. Angel investor
DBS Live More Society
Pengusaha terkenal, Richard Harroch, mengatakan, ‘investor malaikat’ biasanya adalah seseorang yang berinvestasi di perusahaan rintisan atau perusahaan tahap awal dengan imbalan kepemilikan ekuitas. Angel investment di perusahaan rintisan telah meningkat pesat, dan kisah sukses terkenal seperti Google, WhatsApp, dan Facebook telah mendorong ‘investor malaikat’ untuk memberi bantuan dana kepada perusahaan rintisan. Mereka juga dapat menawarkan pendampingan atau saran selain modal.

4. Crowdfunding
DBS Live More Society
Crowdfunding adalah salah satu cara baru untuk mendanai startup yang akhir-akhir ini semakin populer. Cara kerjanya, seorang pebisnis akan memasang deskripsi terperinci tentang bisnisnya di platform crowdfunding. Ia akan menyebutkan tujuan bisnisnya, rencana untuk mendapatkan keuntungan, berapa banyak dana yang dibutuhkan, tujuannya, dan lain-lain. Kemudian konsumen dapat membaca tentang bisnis dan memberikan uang jika mereka menyukai ide tersebut. Siapa pun dapat menyumbangkan uang untuk membantu bisnis yang benar-benar mereka yakini.

5. Pesangon
Di masa pandemi, ada sebagian orang yang mengalami dampaknya dengan kehilangan pekerjaan. Nah, uang pesangon juga bisa menjadi sumber dana untuk modal awal usaha. Kita bisa memanfaatkan sebagian untuk kelangsungan hidup sambil membangun bisnis, dan sebagiannya sebagai modal awal usaha.

6. Venture capital
DBS Live More Society
Dana ini dikelola oleh para profesional yang jeli mencari perusahaan dengan prospek bagus. Mereka juga secara efektif memantau kemajuan perusahaan tempat mereka berinvestasi, sehingga memastikan keberlanjutan dan pertumbuhan investasi mereka. Namun, pembiayaan modal ventura tidak mudah diperoleh. Mereka biasanya ingin berinvestasi di perusahaan rintisan dengan potensi pertumbuhan tinggi, dan yang telah menunjukkan daya tarik; misalnya, sudah memiliki prototipe produk yang berfungsi.

7. Hadiah kompetisi bisnis
DBS Live More Society
Cara lainnya untuk mendapatkan dana adalah dengan mengikuti kompetisi atau kontes yang mengharuskan kita untuk memamerkan atau meluncurkan modul bisnisnya dengan pebisnis lain yang bersaing untuk mendapatkan dana yang sama untuk bisnis mereka.

8. Pinjaman KUR (Kredit Usaha Rakyat)
Program KUR adalah salah satu program pemerintah untuk meningkatkan akses pembiayaan kepada para pelaku Usaha Mikro,Kecil, dan Menengah (UMKM) yang disalurkan melalui lembaga keuangan dengan pola penjaminan. Beberapa bank, seperti BRI, BNI, dan Bank Mandiri, bisa membantu kita melalui KUR ini, lho. Dana KUR yang disediakan berupa dana keperluan modal kerja serta investasi yang disalurkan kepada pelaku UMKM individu/perseorangan, badan usaha dan/atau kelompok usaha yang memiliki usaha produktif dan layak namun belum memiliki agunan tambahan atau feasible namun belum bankable.

9. Produk pre-sale
Menjual produk kita sebelum diluncurkan adalah cara efektif untuk mengumpulkan uang yang dibutuhkan untuk membiayai bisnis kita. Ingat bagaimana Apple dan Samsung memulai pre-order produk mereka jauh sebelum peluncuran resmi? Ini adalah cara yang bagus untuk meningkatkan arus kas dan mempersiapkan bisnis kita untuk memenuhi permintaan konsumen.

10.Pinjaman bank
DBS Live More Society
Lembaga perbankan bisa membantu memberikan sumber dana usaha kepada kita asalkan kita memiliki rencana bisnis yang solid, atau kredit dengan jaminan. Kita bisa memanfaatkan aset yang kitapunya untuk mendapatkan modal bisnis. Misalnya, menggunakan surat kendaraan atau sertifikat rumah sebagai jaminan saat mengajukan pinjaman ke bank.

Kalau masih bingung mau memilih yang mana dan butuh saran atau ilmu lebih, jangan ragu untuk mengikuti kelas bisnis. Seperti Learn More Basic Finance for Entrepreneur dari digibank by DBS. Kelas ini cocok banget untuk kita yang pemula dan berencana untuk membangun usaha baru. Cek detailnya di sini, deh.-

Cek Artikel lainnya
Anti Ribet, Ini Cara Lapor Pajak Secara Online
#LiveSmarter6 Maret 2020

Anti Ribet, Ini Cara Lapor Pajak Secara Online

Tak terasa, kita sudah harus kembali mengisi Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) pajak penghasilan per orangan. Wajib diketahui bahwa akhir pelaporan surat akan berakhir pada 31 Maret 2020.

Read more
Susah Menabung, Coba Pakai Cara Ini Agar Uangmu Melimpah
#LiveSmarter6 Maret 2020

Susah Menabung, Coba Pakai Cara Ini Agar Uangmu Melimpah

Menabung memang bukan hal yang mudah, tapi bukan berarti jadi sesuatu yang mustahil. Tentunya semua orang ingin meningkatkan kondisi finansialnya tahun ini.

Read more
Tahun Baru, Kerjaan Baru. Ini Caranya Biar CV Kamu Dilirik
#LiveSmarter3 Februari 2020

Tahun Baru, Kerjaan Baru. Ini Caranya Biar CV Kamu Dilirik

Momen awal tahun biasanya jadi waktu yang tepat untuk melamar pekerjaan. Nah, siapa tahu kamu akhirnya bisa diterima di kantor impian. Caranya tentu dengan melampirkan CV yang baik dan menarik.

Read more