Dapatkan informasi seputar aktivitas dan penawaran menarik dari PT Bank DBS Indonesia, dengan mengisi form di bawah ini:
DBS Live More Society
DBS Live More Society
#LiveSmarter

Sempat Dilupakan, Ini Pentingnya Dana Darurat Dan Cara Memulainya

By Admin, 20 Mei 2020 #LiveSmarter

DBS Live More Society

Tak sedikit yang melupakan pos dana darurat. Menyisihkan sedikit uang setiap bulan untuk disimpan rasanya sulit sekali. Belum lagi kalau tiba-tiba terpakai. Namun, pandemi seolah memaksa kita untuk sadar pentingnya dana darurat. Ada yang mengalami pengurangan gaji dari kantor, bisnis dan usaha berkurang atau bahkan berhenti, hingga terpaksa dirumahkan. Padahal dalam kondisi apapun, pengeluaran harus tetap berjalan demi memenuhi kebutuhan dasar sehari-hari.
Dalam situasi di luar kendali sekarang, dana darurat berfungsi untuk membantu kita saat pemasukan tidak berjalan baik. Lalu, bagaimana cara kita memulai dana darurat sebagai pemula? Simak tips dari Fellexandro Ruby berikut ini.

-

Catat pengeluaran minimum bulanan
Artinya adalah pengeluaran basic setiap bulan seperti uang makan, listrik, tempat tinggal, transportasi, internet, hingga pulsa. Dari sana, kamu akan menemukan jumlah pengeluaranmu setiap bulan.

Mulai hitung!
“Menurut World Economic Forum, Covid-19 ini diprediksi perlu waktu sekitar 12-18 bulan sejak munculnya kasus pertama untuk bisa benar-benar pulih. Itu pun kalau vaksin sudah ditemukan, ya. Artinya, pengeluaran harianmu yang sudah dihitung di awal, kalikan dengan 12,” jelas Ruby.

Tentukan tujuanmu
Tujuan berikut adalah mengumpulkannya secara perlahan. Cicil tabungan dana darurat dari penghasilanmu. Berapapun uang yang bisa kamu simpan dari penghasilan setiap bulan, segera simpan di tabungan untuk dana darurat agar cepat terkumpul.

-

Cari penghasilan tambahan
Bagi kamu yang ingin lebih cepat mengumpulkan dana darurat, bisa mencari penghasilan tambahan. Saat ini ada banyak sumber penghasilan yang bisa kamu eksplor. “Misalnya kamu bisa menjual barang-barang yang sudah tidak terpakai dari baju hingga gadget. Banyak juga kesempatan kreatif yang bisa dicoba seperti menulis, presentasi, dan coding,” ujar Ruby.

Sudah sadar kan betapa pentingnya dana darurat dan cara memulainya? Nah, enggak perlu khawatir kalau memang belum memilikinya karena kamu bisa mulai lewat digibank Savings yang menyediakan banyak fitur, salah satunya untuk mengatur pos anggaran. Tanpa perlu repot harus ke bank, kamu bisa langsung menyusunnya via smartphone. Yuk, langsung download aplikasi digibank by DBS sekarang

DBS Live More Society
DBS Live More SocietyDBS Live More SocietyDBS Live More SocietyDBS Live More Society

More #LiveSmarter Articles

Cek Artikel lainnya
Anti Ribet, Ini Cara Lapor Pajak Secara Online
#LiveSmarter6 Maret 2020

Anti Ribet, Ini Cara Lapor Pajak Secara Online

Tak terasa, kita sudah harus kembali mengisi Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) pajak penghasilan per orangan. Wajib diketahui bahwa akhir pelaporan surat akan berakhir pada 31 Maret 2020.

Read more
Susah Menabung, Coba Pakai Cara Ini Agar Uangmu Melimpah
#LiveSmarter6 Maret 2020

Susah Menabung, Coba Pakai Cara Ini Agar Uangmu Melimpah

Menabung memang bukan hal yang mudah, tapi bukan berarti jadi sesuatu yang mustahil. Tentunya semua orang ingin meningkatkan kondisi finansialnya tahun ini.

Read more
Tahun Baru, Kerjaan Baru. Ini Caranya Biar CV Kamu Dilirik
#LiveSmarter3 Februari 2020

Tahun Baru, Kerjaan Baru. Ini Caranya Biar CV Kamu Dilirik

Momen awal tahun biasanya jadi waktu yang tepat untuk melamar pekerjaan. Nah, siapa tahu kamu akhirnya bisa diterima di kantor impian. Caranya tentu dengan melampirkan CV yang baik dan menarik.

Read more