Dapatkan informasi seputar aktivitas dan penawaran menarik dari PT Bank DBS Indonesia, dengan mengisi form di bawah ini:
DBS Live More Society
DBS Live More Society
#LiveSmarter

Menghadapi Bos Yang Micromanage Di Era WFH

By Admin, 16 November 2020 #LiveSmarter

DBS Live More Society - Menghadapi Bos Yang Micromanage Di Era WFH

Sejak remote working, mendadak bos jadi sering khawatir mengawasi anak buahnya dan seolah pengin kita diawasin CCTV!

Proses bekerja jarak jauh memang enggak mudah. Terutama sebagai leader yang harus memastikan produktivitas tetap berjalan seperti sebelum COVID-19. Enggak heran banyak bos yang memantau anak buah dengan cara yang cukup unik. Dari memaksa semua orang pakai video call, meeting seharian sampai menulis time sheet per jam. Alison Green, founder situs konsultan tempat kerja Ask A Manager berkata, “Bos-bos semacam ini kerjaannya monitoring bukan managing. Mereka enggak tahu bagaimana me-manage orang secara efektif saat bekerja jarak jauh. Mereka tidak merasa punya kendali cukup dan merasa sangat cemas bila ada pegawai yang memanfaatkan keadaan. Akibatnya mereka jadi micromanaging.”-

Micromanaging adalah situasi ketika atasan cenderung mengontrol serta ikut campur atas semua rincian pekerjaan di semua level pekerjaan. Ditambah lagi kalau bos juga merasa WFH adalah waktu semua orang harus standby all the time. Jadi apa yang harus dilakukan menghadapi bos model ini?

  1. Mengerti penyebab micromanage
    DBS Live More Society
    Sebagai manager atau director, mereka dituntut memiliki kendali atas kinerja anak buahnya. Apalagi bila mereka enggak pernah punya pengalaman remote working dan tidak memiliki kemampuan teknologi yang cukup. Daripada misuh-misuh saat bos nelepon tiap jam, mending kita ajari cara menggunakan teknologi untuk memantau pekerjaan. Kita juga bisa menanyakan langsung kepada dia, “Pak/Bu, saya tahu deadline ini sangat penting buat kita. Tapi ketika Bapak/Ibu terus-terusan mengecek, saya jadi kurang fokus dengan project ini dan khawatirnya malah bikin saya lewat dari deadline. Mungkin lebih baik bila jadwal cek pekerjaan dilakukan sejam sebelum hari kerja berakhir?”

  2. Metode reporting terbaru
    DBS Live More Society
    Beri pemahaman kepada Bapak/Ibu bos bahwa WFH bukan berarti produktivitas menurun. Hanya karena kita enggak ada di depan matanya, bukan berarti kita enggak kerja. Berhubung enggak mungkin kalau bos memasang CCTV untuk memantau kita di rumah. Lebih baik usulkan pada mereka tentang teknologi reporting untuk memastikan berbagai proses kerja yang sedang dijalankan. Ajarkan pada si bos tentang aplikasi-aplikasi seperti Slack, Microsoft Teams, penggunaan Google Drive yang bisa dimanfaatkan untuk memantau kinerja tim. Jangan patah semangat mengajarkan ilmu-ilmu baru ini. 
    Tentunya selain dukungan teknologi, kita harus tetap rutin meeting mingguan supaya bos yakin bahwa semua anak buahnya bekerja untuk mencapai target.

  3. Jangan terbawa emosi
    DBS Live More Society
    Hal yang membuat kita terganggu adalah berpikir kebiasaan si bos ngecek itu berhubungan dengan performa atau produktivitas kerja. Kita merasa dicap pemalas karena tiap jam harus standby menunggu panggilannya. Apalagi ada bos yang tega bilang kita susah dihubungi padahal waktu itu kita lagi istirahat sebentar. Percayalah perilaku si bos enggak ada hubungannya dengan kinerja yang kita lakukan. Emang dianya aja yang gengges. Tindakan yang mereka lakukan itu mewakili dirinya, bukan kita. Seseorang yang melakukan hal-hal konyol seperti pengin lihat kita di video call seharian itu artinya orang yang enggak tahu cara manage.

    • Kurangi rasa insecure-nya.
      DBS Live More Society
      Lakukan hal-hal simpel yang mengurangi rasa insecure si bos. Seperti:
      • Nyalakan ringtone kita di jam kerja. Selalu siapkan hape di samping kita saat bekerja agar segera mudah dijawab.
      • Nyalakan kamera saat meeting. Pastikan background kita rapi dan enggak berisik saat harus meeting.
      • Bila kita harus melakukan sesuatu di luar pekerjaan saat jam kerja, seperti menyusui anak, beri tahu jadwalnya ke bos.-

Ketika bekerja jarak jauh, hubungan dengan bos bisa jadi juga menjauh. Kita lebih sulit ngobrol secara informal. Supaya hubungan tetap terjaga, sekali waktu kirimkan makanan atau minuman ke rumahnya. Biar enggak terkesan cari perhatian, katakan bahwa kita dapat promo yang menguntungkan jadi bisa sekalian pesan buat dia. Manfaatkan promo seperti beli 1 gratis 1 Americano Organic Coffee di Coffee Talk setiap hari Jumat – Minggu. Gunakan kartu Kredit dan Debit digibank kita untuk memanfaatkan promo ini. Mumpung promo berlaku sampai 31 April 2021. Sikat! Semoga bos setelah itu semakin melunak memberikan otoritas kerja buat kita!

DBS Live More SocietyDBS Live More SocietyDBS Live More SocietyDBS Live More Society

More #LiveSmarter Articles

Cek Artikel lainnya
Anti Ribet, Ini Cara Lapor Pajak Secara Online
#LiveSmarter6 Maret 2020

Anti Ribet, Ini Cara Lapor Pajak Secara Online

Tak terasa, kita sudah harus kembali mengisi Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) pajak penghasilan per orangan. Wajib diketahui bahwa akhir pelaporan surat akan berakhir pada 31 Maret 2020.

Read more
Susah Menabung, Coba Pakai Cara Ini Agar Uangmu Melimpah
#LiveSmarter6 Maret 2020

Susah Menabung, Coba Pakai Cara Ini Agar Uangmu Melimpah

Menabung memang bukan hal yang mudah, tapi bukan berarti jadi sesuatu yang mustahil. Tentunya semua orang ingin meningkatkan kondisi finansialnya tahun ini.

Read more
Tahun Baru, Kerjaan Baru. Ini Caranya Biar CV Kamu Dilirik
#LiveSmarter3 Februari 2020

Tahun Baru, Kerjaan Baru. Ini Caranya Biar CV Kamu Dilirik

Momen awal tahun biasanya jadi waktu yang tepat untuk melamar pekerjaan. Nah, siapa tahu kamu akhirnya bisa diterima di kantor impian. Caranya tentu dengan melampirkan CV yang baik dan menarik.

Read more