Dapatkan informasi seputar aktivitas dan penawaran menarik dari PT Bank DBS Indonesia, dengan mengisi form di bawah ini:
DBS Live More Society
DBS Live More Society
#LiveSmarter

Mau Untung Dunia Akhirat? Coba Strategi Investasi Bertanggung Jawab Sosial

By Admin, 16 April 2020 #LiveSmarter

DBS Live More Society - Mau Untung Dunia Akhirat? Coba Strategi Investasi Bertanggung Jawab Sosial

Karena berinvestasi tidak hanya sekadar cari keuntungan, tapi memastikan keuntungan yang didapat tidak berisiko merusak bumi atau melanggar HAM.

Semakin banyak orang yang sadar tentang krisis iklim dan isu kemanusiaan, semakin banyak pula perusahaan yang menerapkan strategi berkelanjutan. Strategi ini menarik perhatian lebih dari setengah millennials di seluruh dunia yang menurut survei tahun 2017 ingin berinvestasi pada perusahaan yang mementingkan sustainability. Yayasan Kehati yang fokus pada pelestarian alam bahkan menjelaskan bahwa pebisnis dan pengelola dana investasi perlu bergerak lebih cepat karena investasi berkelanjutan yang berbasis ESG (Environmental, Social and Corporate Governance), akan semakin marak. ESG inilah yang menjadi dasar investasi yang bertanggung jawab sosial (Sustainable and Responsible Investment – SRI).

-

Ketika kita memilih metode SRI berarti kita menerapkan strategi investasi yang memiliki tanggung jawab sosial terhadap masyarakat. Penerapan faktor ESG dalam investasi berarti kita harus memastikan calon perusahaan (emiten) yang akan menerima dana memiliki tiga faktor:

  1. Bisnis inti perusahaan bukan dalam kategori bisnis pestisida, nuklir, senjata, tembakau, alkohol, pornografi, perjudian, dangenetically modified organism (GMO). GMO adalah pemodifikasian gen hewan untuk mendapatkan karakteristik yang diinginkan
  2. Aktivitas perusahaan harus memenuhi berbagai aspek seperti keterlibatan masyarakat, perilaku berbisnis yang wajar dan beretika,
  3. Pengelolaan sumber daya manusia yang memperhatikan Hak Asasi Manusia (HAM) dalam pelaksanaannya.

Yayasan Kehati telah menerbitkan indeks hijau yang disebut SRI -KEHATI Stock Index yang diluncurkan di tahun 2009. Indeks ini mengacu pada prinsip United Nations’ Principles for Responsible Investment (PRI) dan bekerjasama dengan Indonesia Stock Exchange. SRI-KEHATI Index menyeleksi daftar perusahaan yang mementingkan prinsip keberlanjutan dan tanggung jawab. Tujuannya untuk membangun harmonisasi antara sektor pelestarian alam dan bisnis. SRI-KEHATI Index menjadi satu-satunya referensi investasi yang berbasis ESG di pasar Indonesia. Kita dapat melihat daftar perusahaannya di sini.

SRI tidak hanya fokus pada instrumen keuangan. SRI tertarik mencari dan berinvestasi pada perusahaan yang memiliki dampak sosial. Misalnya, energi terbarukan atau social enterprise yang bergerak di bidang pendidikan.

Tapi SRI tetap saja intinya berinvestasi. Sebagai investor kita harus tetap memikirkan return yang didapatkan di kemudian hari. Berinvestasi pada saham yang kinerjanya buruk berarti kita tidak bertanggung jawab secara sosial maupun finansial.

-

Sementara itu, penting buat kita untuk memikirkan investasi yang paling bertanggung jawab pada diri sendiri. Salah satunya melalui MiWealth Protection keluaran DBS yang merupakan proteksi keuangan sekaligus asuransi jiwa. MiWealth Protection memaksimalkan tabungan investasi kita dengan manfaat perlindungan bagi keluarga tercinta. Dana kita juga akan terlindungi dari inflasi karena uang pertanggungan akan meningkat seiring dengan kenaikan inflasi. Semakin muda kita mulai berinvestasi, semakin banyak keuntungan yang akan didapat di masa akan datang. Informasi lebih lanjut bisa dibaca di sini.

DBS Live More SocietyDBS Live More SocietyDBS Live More SocietyDBS Live More Society

More #LiveSmarter Articles

Cek Artikel lainnya
Anti Ribet, Ini Cara Lapor Pajak Secara Online
#LiveSmarter6 Maret 2020

Anti Ribet, Ini Cara Lapor Pajak Secara Online

Tak terasa, kita sudah harus kembali mengisi Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) pajak penghasilan per orangan. Wajib diketahui bahwa akhir pelaporan surat akan berakhir pada 31 Maret 2020.

Read more
Susah Menabung, Coba Pakai Cara Ini Agar Uangmu Melimpah
#LiveSmarter6 Maret 2020

Susah Menabung, Coba Pakai Cara Ini Agar Uangmu Melimpah

Menabung memang bukan hal yang mudah, tapi bukan berarti jadi sesuatu yang mustahil. Tentunya semua orang ingin meningkatkan kondisi finansialnya tahun ini.

Read more
Tahun Baru, Kerjaan Baru. Ini Caranya Biar CV Kamu Dilirik
#LiveSmarter3 Februari 2020

Tahun Baru, Kerjaan Baru. Ini Caranya Biar CV Kamu Dilirik

Momen awal tahun biasanya jadi waktu yang tepat untuk melamar pekerjaan. Nah, siapa tahu kamu akhirnya bisa diterima di kantor impian. Caranya tentu dengan melampirkan CV yang baik dan menarik.

Read more