Dapatkan informasi seputar aktivitas dan penawaran menarik dari PT Bank DBS Indonesia, dengan mengisi form di bawah ini:
DBS Live More Society
DBS Live More Society
#LiveSmarter

7 Trik Penting Melindungi Data Pribadi Dari Cyber Crime

By Admin, 10 November 2020 #LiveSmarter

DBS Live More Society - 7 Trik Penting Melindungi Data Pribadi Dari Cyber Crime

Badan Siber dan Sandi Negara menemukan selama masa pandemi 2020, serangan siber naik empat kali lipat di Indonesia dibanding tahun sebelumnya!

Menurut Microsoft Security Endpoint Threat 2019, Indonesia adalah negara dengan kasus malware tertinggi di Asia Pasifik. Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) dan Indonesia Honeynet Project mencatat lebih dari 98 juta serangan siber di Indonesia sepanjang tahun 2019. Lebih parah lagi, BSSN menemukan selama masa pandemi 2020, serangan siber naik empat kali lipat dibanding tahun sebelumnya. Bentuk serangan siber tersebut seperti kasus situs e-commerce lokal terkemuka yang 91 juta datanya dibobol hacker pada bulan Mei 2020 lalu. Pelaku mengaku menjual data di darkweb berupa user ID, email, nama lengkap, tanggal lahir, jenis kelamin, nomor handphone dan password. Ngeri!

Jadi apa yang harus kita lakukan untuk menjaga data pribadi dari cyber crime?

  1. Ganti password secara berkala
    DBS Live More Society
    Kita bisa menggantinya setiap bulan sekali. Pastikan password memiliki tingkat kesulitan tinggi, yaitu terdiri dari gabungan huruf kapital dan nomor jadi enggak gampang ditebak.-

  2. Jangan membuka link dalam email, SMS atau kanal lain yang dikirim oleh pihak yang mencurigakan
    DBS Live More Society
    Sebelum membuka link yang ditawarkan, waspadai pengirimnya. Banyak pengguna Apple ID yang dikirimi tagihan seolah dari pihak resmi Apple. Tapi saat dicek lagi nama pengirimnya, ternyata emailnya mencurigakan, seperti noreplyapple-id11142@apple.com. Lalu format pengirimannya juga beda dibandingkan kiriman email resmi dari pihak Apple.com.  Link dari pihak mencurigakan itu biasanya palsu dan berakibat hacker bisa mengakses data pribadi kita.

  3. Stop memakai Wifi gratis sembarangan
    DBS Live More Society
    Hacker sering meniru nama jaringan WiFi publik yang sudah ada tanpa password. Biasanya mereka memakai modem yang memancarkan WiFi tiruan. Kalau kita mengakses WiFi tersebut, mereka dapat dengan mudah mengambil data. Termasuk data perbankan bila kita bertransaksi finansial saat login dengan WiFi tersebut. Pastikan kita login pada WiFi yang akurat dengan password yang tepat.

  4. Pastikan kita memberikan data yang benar ke pihak yang tepat 
    DBS Live More Society
    Saat bertransaksi digital menggunakan kartu kredit, informasi yang diberikan adalah nomor, tanggal kadaluarsa dan angka yang tercantum di balik kartu (CVV). Kita tidak akan ditanya soal nomor PIN kartu kredit. Begitu pula saat bertransaksi dengan debit, jangan pernah memberikan nomor PIN kita. Selalu teliti memeriksa akurasi situs atau pihak yang meminta data pribadi kita tersebut.

  5. Double checking setiap transaksi
    DBS Live More Society
    Kemudahan bertransaksi sambil melakukan kegiatan lain, seperti rebahan atau commuting di transportasi umum, seringkali bikin kita enggak teliti. Setiap melakukan transaksi, sebaiknya kita harus dalam keadaan alert atau konsentrasi lalu double check lagi data-data yang diberikan.

  6. Encryption software
    DBS Live More Society
    Untuk menjaga keamanan browser, pasang software enkripsi yang akan mengacak informasi kiriman kita di internet. Software seperti Nord Locker, AX Crypt bisa kita download di jagat digital. Oya, saat bertransaksi cari icon gembok di status bar browser kita. Artinya informasi yang dikirimkan dijamin aman.

  7. Baca syarat dan ketentuan aplikasi
    DBS Live More Society
    Harus diakui, kita paling malas baca dokumen terms & conditions yang ditunjukkan aplikasi atau situs tertentu. Hal paling penting adalah mencari tahu bagaimana sebuah situs atau aplikasi menjaga akses, keamanan, akurasi dan kendali atas informasi personal yang didapatkan. Kalau mereka tidak memiliki aturan tersebut, lebih baik hindari mendaftar di situs tersebut.-

Salah satu alasan yang membuat bank menuntut konsumen untuk datang ke cabang saat membuka rekening adalah perkara keamanan data. Mereka akan meminta kita untuk mengisi berlembar-lembar formulir yang harus ditandatangani. Ini beda banget kalau kita mau buka rekening di digibank. Semua dilakukan secara digital dan terjamin keamanannya. DBS sudah membuktikan beberapa kali terpilih sebagai World’s Best Digital Bank karena kemudahan nasabah bertransaksi secara aman dan nyaman secara digital. Kita tinggal membuka rekening digibank melalui download aplikasinya di sini. Berbagai keuntungan bisa kita peroleh dari membuka rekening di digibank, seperti gratis transfer dan tarik tunai di ATM manapun, buka deposito melalui aplikasi dan apply pinjaman di aplikasi dengan kepastian persetujuan awal kurang dari semenit. Download langsung dan nikmati pengalaman bertransaksi digital yang menenangkan.

DBS Live More SocietyDBS Live More SocietyDBS Live More SocietyDBS Live More Society

More #LiveSmarter Articles

Cek Artikel lainnya
Anti Ribet, Ini Cara Lapor Pajak Secara Online
#LiveSmarter6 Maret 2020

Anti Ribet, Ini Cara Lapor Pajak Secara Online

Tak terasa, kita sudah harus kembali mengisi Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) pajak penghasilan per orangan. Wajib diketahui bahwa akhir pelaporan surat akan berakhir pada 31 Maret 2020.

Read more
Susah Menabung, Coba Pakai Cara Ini Agar Uangmu Melimpah
#LiveSmarter6 Maret 2020

Susah Menabung, Coba Pakai Cara Ini Agar Uangmu Melimpah

Menabung memang bukan hal yang mudah, tapi bukan berarti jadi sesuatu yang mustahil. Tentunya semua orang ingin meningkatkan kondisi finansialnya tahun ini.

Read more
Tahun Baru, Kerjaan Baru. Ini Caranya Biar CV Kamu Dilirik
#LiveSmarter3 Februari 2020

Tahun Baru, Kerjaan Baru. Ini Caranya Biar CV Kamu Dilirik

Momen awal tahun biasanya jadi waktu yang tepat untuk melamar pekerjaan. Nah, siapa tahu kamu akhirnya bisa diterima di kantor impian. Caranya tentu dengan melampirkan CV yang baik dan menarik.

Read more