Dapatkan informasi seputar aktivitas dan penawaran menarik dari PT Bank DBS Indonesia, dengan mengisi form di bawah ini:
DBS Live More Society
DBS Live More Society
#LiveSmarter

Jawaban Terbaik Untuk 7 Pertanyaan Sulit Tentang Kepribadian Saat Interview Kerja

By Admin, 15 April 2020 #LiveSmarter

DBS Live More Society
Foto utama: dok. Pexels.com

Saat wawancara untuk lowongan pekerjaan, biasanya kita paling siap ketika sudah mulai diberikan pertanyaan yang berkaitan dengan pengetahuan pekerjaan. Misal, kita yang apply untuk pekerjaan social media strategist, kerap ditanyakan pengetahuan tentang cara membaca insight Instagram.

Tapi si pewancara kerja tidak cuma ingin tahu tentang cara bekerja, tapi juga menggali sifat dan kepribadian kita. Mirip-mirip kayak lagi first date. Kita pasti berusaha mencari tahu kandidat yang sedang ditemui bakal klop atau berpotensi cepat bubar. Pertanyaan-pertanyaan tentang kepribadian ini sebenarnya tidak ada jawaban benar atau salah. Si pewawancara kerja akan mengharapkan jawaban yang jujur tapi juga bukan jawaban curhat. Apa saja, sih, pertanyaan sulit tentang kepribadian yang diajukan saat interview kerja?

  1. Apa kelemahanmu?
    DBS Live More Society
    Satu hal yang pasti, jangan pernah menjawab bahwa kita enggak punya kelemahan. Situ Tuhan? Dan jangan juga sok diplomatis dengan berkata kelemahan kita adalah sifat perfeksionis. Si pewawancara kemungkinan akan menganggap kita menutupi kelemahan yang sebenarnya. Jawablah pertanyaan ini dengan self love yang kita punya. Utarakan kelemahan yang kita tahu enggak bakal bikin perusahaan ilfil dan jelaskan usaha yang dilakukan untuk mengatasinya. Misal, “Kelemahan saya adalah cenderung pelupa. Jadi setiap pagi saya akan membuat daftar tugas yang harus dilakukan, setelah itu menandai saat ada yang sudah selesai dikerjakan.” Usahakan tampil jujur, tetap positif dan fokus pada solusi.

  2. -
  3. Bagaimana cara kamu menghadapi stres?
    DBS Live More Society
    Pertanyaan ini berguna untuk membongkar strategi kita menghadapi situasi yang menimbulkan rasa stres. Seperti deadline, tugas mendadak dari atasan, perubahan sistem. Tentunya cara terbaik menjawabnya adalah memberikan contoh solusi yang pernah kita lakukan di pekerjaan terdahulu dan jangan fokus pada rasa stres yang dialami. Hati-hati menceritakan situasi yang bikin stres karena bisa jadi itu akan kita temui lagi di pekerjaan selanjutnya. Contoh kita sedang melamar untuk jadi reporter, lalu berkata bahwa saat kuliah paling stres menghadapi deadline. Maka si pewawancara akan menyimpulkan kita kurang cocok menjadi reporter. Untuk mengambil hati si pewawancara, kita bisa juga mengatakan bahwa kadar stres yang sehat sebetulnya dibutuhkan saat bekerja karena dapat meningkatkan motivasi diri.
  4. Apa motivasi kamu?
    DBS Live More Society
    Pewawancara ingin tahu hal yang mendorong kita mencapai tujuan kerja dan kecocokanya dengan kultur kerja. Kandidat yang termotivasi membangun kebersamaan tim berbeda dengan yang lebih suka fokus menyelesaikan tugasnya sendirian.

  5. Lima tahun lagi mau jadi apa?
    DBS Live More Society
    Mungkin kita berpikir ini merupakan cara interviewer membongkar tujuan hidup kita secara personal maupun professional. Tapi sebetulnya interviewer ingin tahu seberapa keras usaha kita mencapai gol yang diharapkan. Enggak perlu maksa menjawab akan masih berada di perusahaan yang sama. Kita boleh, kok, menjawab ke depannya mau buka usaha sendiri tapi sedang mencari modal melalui bekerja di perusahaan sekarang.

  6. Hobi di luar pekerjaan?
    DBS Live More Society
    Biasanya ditanyakan oleh interviewer yang ingin tahu passion kita sejalan dengan perusahaan yang bersangkutan atau tidak. Misal, kita melamar sebagai reporter di media yang fokus pada entertainment. Maka akan lebih baik bila kita mengatakan suka menonton film di waktu luang.

  7. Apakah kamu pernah bertengkar dengan sahabatmu? Apa masalah yang terjadi?
    DBS Live More Society
    Untuk mendeteksi cara kita menyelesaikan masalah dengan orang lain. Jawaban terbaik adalah menunjukkan kita bersikap asertif berusaha mendinginkan suasana.
  8. -
  9. Kalau saya bertanya kepada orang-orang yang kamu kenal mengapa harus mempekerjakanmu, apa yang akan mereka katakan?
    DBS Live More Society
    Ini sebenarnya saatnya membanggakan kualitas-kualitas terbaik dalam diri kita yang juga diakui oleh orang lain. Tapi juga jangan terlalu lebay. Kualitas seperti pekerja keras, bertanggung jawab dan memiliki integritas tinggi bisa diutarakan dengan contoh-contoh aplikatif yang selama dilakukan.

    Supaya penampilan makin ciamik saat wawancara kerja, pakai Kartu Debit & Kartu Kredit digibank kita untuk belanja pakaian baru. Nikmati diskon 8 persen di e-commerce favorit. Selamat berjuang!

DBS Live More SocietyDBS Live More SocietyDBS Live More SocietyDBS Live More Society

More #LiveSmarter Articles

Cek Artikel lainnya
Anti Ribet, Ini Cara Lapor Pajak Secara Online
#LiveSmarter6 Maret 2020

Anti Ribet, Ini Cara Lapor Pajak Secara Online

Tak terasa, kita sudah harus kembali mengisi Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) pajak penghasilan per orangan. Wajib diketahui bahwa akhir pelaporan surat akan berakhir pada 31 Maret 2020.

Read more
Susah Menabung, Coba Pakai Cara Ini Agar Uangmu Melimpah
#LiveSmarter6 Maret 2020

Susah Menabung, Coba Pakai Cara Ini Agar Uangmu Melimpah

Menabung memang bukan hal yang mudah, tapi bukan berarti jadi sesuatu yang mustahil. Tentunya semua orang ingin meningkatkan kondisi finansialnya tahun ini.

Read more
Tahun Baru, Kerjaan Baru. Ini Caranya Biar CV Kamu Dilirik
#LiveSmarter3 Februari 2020

Tahun Baru, Kerjaan Baru. Ini Caranya Biar CV Kamu Dilirik

Momen awal tahun biasanya jadi waktu yang tepat untuk melamar pekerjaan. Nah, siapa tahu kamu akhirnya bisa diterima di kantor impian. Caranya tentu dengan melampirkan CV yang baik dan menarik.

Read more