Dapatkan informasi seputar aktivitas dan penawaran menarik dari PT Bank DBS Indonesia, dengan mengisi form di bawah ini:
DBS Live More Society

DBS Live More Society

#LivemoreKind

Bye Panas Terik, Hello “Green Roof”!

 

By Admin, 2 Februari 2023 #LivemoreKind

DBS Live More Society

Pernah nggak sih ngerasain panas banget, padahal di rumah lagi udah pasang AC. Mungkin solusinya kamu harus bikin Green Roof alias "atap hijau"! Itu apa, sih? Makanya baca sampai habis karena manfaatnya banyak banget!

Punya rumah daerah perkotaan emang banyak plus minusnya. Akses kemana aja gampang, banyak pusat perbelanjaan, dan masih banyak lain. Di lain sisi, rumah di perkotaan rentan terdampak polusi udara, dan temperatur yang panas.
Salah satu opsi biar menetralkan cuaca yang panas, kamu bisa mengaplikasikan “Green Roof” di rumah kamu. Harga pemasangannya bisa disesuaikan dengan kantong kamu, lho! Walaupun agak mahal, tapi sepadan sama manfaatnya.

Green Roof Itu Apa Sih?

DBS Live More Society

Melansir dari situs resmi Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Green Roof adalah sebagian atau seluruh permukaan atap suatu bangunan yang ditutupi oleh vegetasi dan media tumbuh yang ditanam di seluruh lapisan atau membran yang tahan air.

DBS Live More Society

Pengertian simpelnya sih, atap rumah atau lantai paling atas kamu jadiin media untuk menanam tanaman. Dengan memakai Green Roof, atap kamu harus terintegrasi dengan sistem drainase di bawahnya.

Tipe Green Roof yang Bisa Kamu Aplikasikan

DBS Live More Society

Green Roof juga memiliki tiga kategori sesuai kedalaman media tanam dan perbedaan tingkat perawatan.

1. Extensive Green Roof
Tipe ini paling cocok buat diaplikasikan di rumah nih, soalnya cuma butuh media tanam (tanah) yang dangkal, tanaman yang digunakan pun jenis tanaman hias yang ringan dan biaya perawatan yang relatif murah.

2. Semi-Intensive Green Roof
Nah kalau tipe ini butuh media tanam yang lebih luas dan agak dalam. Ini cocok buat kamu yang punya rumah tingkat 2 lebih dan gemar berkebun. Soalnya tipe ini bisa menampung berbagai jenis tanaman dalam jumlah besar, dan butuh struktur bangunan yang lebih kokoh.

DBS Live More Society

3. Intensive Green Roof
Tipe ini yang paling besar dan punya intensitas perawatan yang kompleks banget. Tipe intensive Green Roof biasanya digunakan sebagai taman publik atau sarana rekreasi.

Ini Manfaatnya Buat Lingkungan

DBS Live More Society

Green Roof punya banyak manfaat lho buat rumah kamu dan juga lingkungan sekitar, kayak gini:

1. Menyerap polusi udara
Green Roof terbukti bisa ngurangin polusi udara dan emisi gas rumah kaca lho! Caranya dengan proses fotosintesis dari banyaknya tanaman yang kamu tanam.

2. Bikin rumah kamu makin adem
Dengan kamu memasang Green Roof, kamu bisa menghalau banyaknya sinar matahari yang dapat memengaruhi temperatur rumah. Atap rumah kamu bakal tertutupi dengan tanaman yang rimbun dan bikin rumah kamu sejuk deh!

3. Mengurangi resiko banjir
Tanaman dari Green Roof bereaksi kayak spons saat hujan. Menyerap dan menyaring air yang biasanya mengalir melalui selokan ke dalam sistem saluran pembuangan. Hal ini bisa mengurangi potensi banjir di lingkungan rumah kamu.

Udah tau kan manfaat dari Green Roof? Sekarang saatnya kamu bikin Green Roof kamu di rumah. Kalau rumah kamu udah bikin Green Roof, rasanya kurang afdol tanpa diisi furnitur yang ciamik. Coba deh kamu belanja furniture rumah di Dio Living, kebetulan ada promo digibank paylater 0% hingga 12 bulan dari DBS Bank. Tertarik? Langsung klik di sini ya!-

DBS Live More Society
DBS Live More SocietyDBS Live More SocietyDBS Live More SocietyDBS Live More Society

More #LiveSmarter Articles

Cek Artikel lainnya
Anti Ribet, Ini Cara Lapor Pajak Secara Online
#LiveSmarter6 Maret 2020

Anti Ribet, Ini Cara Lapor Pajak Secara Online

Tak terasa, kita sudah harus kembali mengisi Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) pajak penghasilan per orangan. Wajib diketahui bahwa akhir pelaporan surat akan berakhir pada 31 Maret 2020.

Read more
Terinspirasi Dari Cashless Society, GoPay Paparkan Strateginya
#LiveSmarter2 Maret 2020

Terinspirasi Dari Cashless Society, GoPay Paparkan Strateginya

Berkat kecanggihan teknologi, kini transaksi keuangan semakin dimudahkan. Salah satu nama besar yang sukses menerapkan kebiasaan ini adalah GoPay.

Read more
Tahun Baru, Kerjaan Baru. Ini Caranya Biar CV Kamu Dilirik
#LiveSmarter3 Februari 2020

Tahun Baru, Kerjaan Baru. Ini Caranya Biar CV Kamu Dilirik

Momen awal tahun biasanya jadi waktu yang tepat untuk melamar pekerjaan. Nah, siapa tahu kamu akhirnya bisa diterima di kantor impian. Caranya tentu dengan melampirkan CV yang baik dan menarik.

Read more