Dapatkan informasi seputar aktivitas dan penawaran menarik dari PT Bank DBS Indonesia, dengan mengisi form di bawah ini:
DBS Live More Society

DBS Live More Society

#LivemoreKind

Tips Ampuh Makanan Tanpa Sisa

 

By Admin, 14 April 2022 #LivemoreKind

DBS Live More Society

Hayo, siapa yang doyan makan tapi ninggalin sisa? Ini tips biar lo makan tanpa ninggalin sisa makanan yang menumpuk. Cekidot!

Saat bulan Ramadan ini, biasanya kita suka kalap belanja makanan yang banyak. Entah untuk buka, maupun sahur. Lo sadar nggak sih, sampah bukan cuma plastik, lho. Ternyata sampah juga datang dari dalam rumah, salah satunya sampah dari sisa makanan kita. Kalau nggak dikelola dengan baik, maka sama seperti jenis sampah lainnya, sisa makanan akan menumpuk dan berpotensi menyebabkan pencemaran lingkungan. Untuk menjaga lingkungan yang baik, tentu harus dimulai dari diri lo sendiri, dong! Simak tips jitu dan sederhana yang bisa lo praktekan agar mengurangi sampah sisa makanan, yang akan mengubah lingkungan menjadi lebih baik.

1. Ambil Secukupnya dan Habiskan!
DBS Live More Society

Jangan ambil makanan berlebihan! Ambil sesuai porsi lo, dan kalau belum cukup, tambah sedikit demi sedikit agar menghindari makanan sisa. Cara termudah untuk mengurangi sampah sisa makanan atau food waste tentu dengan menghabiskan makanan yang lo makan.

2. Beli Makanan Sesuai Kebutuhan
DBS Live More Society

Salah satu langkah pertama mengurangi sampah makanan, yaitu bijak tiap berbelanja. Buat list belanja secara detail dan hindari membeli secara berlebihan. Mungkin nggak semua bahan makanan bakal habis diolah, yang artinya akan ada sisa yang terbuang. Belum lagi apabila bahan makanan tersebut mudah rusak, seperti sayur, daging, ikan, dan produk susu. Karena kalau sudah rusak atau membusuk, akhirnya malah nggak bisa digunakan kembali dan ini bisa menyumbang lebih banyak sampah.

3. Olah Sisa Makanan
DBS Live More Society

Pernah nggak sih, saat lo kupas wortel, sawi, bawang putih ataupun sayuran lainnya, masih menyisakan kulit atau batang sayuran? Eitsss, jangan dibuang dulu! Dari sisa potongan itu, lo bisa diolah lagi jadi kuah kaldu yang enak, lho! Caranya sampang kok. Cuci ampas dari sayuran sampai bersih, lalu masukan ke dalam freezer agar mencegah timbulnya bakteri. Setelah itu lo rebus dengan satu panci air panas, bumbui dengan garam, lada, dan beberapa penyedap lainnya, voila! Jadi deh kuah kaldu sisa makanan lo tadi!

4. Terapkan Konsep “FIFO” Saat Menyimpan Makanan
DBS Live More Society

Lo bisa menerapkan aturan FIFO atau first in first out setelah lo berbelanja. Metode ini familiar di restoran dan toko-toko karena dinilai efektif mengurangi sampah makanan. Caranya letakkan barang baru di belakang, dan pindahkan barang lama ke depan. Hal ini agar bahan makanan yang sudah lama tersimpan bisa digunakan terlebih dahulu. Jadi bisa dikonsumsi secara maksimal sekaligus mengurangi potensi sampah.

Nah, sekarang lo udah paham kan kalau sampah makanan lo bisa dikurangi dari cara-cara di atas? Yuk coba mulai terapkan tipsnya untuk meminimalisir limbah sisa makanan di bulan Ramadan ini.

Selain cara di atas, trik lainnya yang bisa lo lakuin adalah ajak temen-temen buat buka puasa bersama. Biar makin hemat, pakai promo dari DBS yaitu potongan 10% untuk buka puasa, klik di sini!-

DBS Live More Society
DBS Live More SocietyDBS Live More SocietyDBS Live More SocietyDBS Live More Society

More #LiveSmarter Articles

Cek Artikel lainnya
Anti Ribet, Ini Cara Lapor Pajak Secara Online
#LiveSmarter6 Maret 2020

Anti Ribet, Ini Cara Lapor Pajak Secara Online

Tak terasa, kita sudah harus kembali mengisi Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) pajak penghasilan per orangan. Wajib diketahui bahwa akhir pelaporan surat akan berakhir pada 31 Maret 2020.

Read more
Terinspirasi Dari Cashless Society, GoPay Paparkan Strateginya
#LiveSmarter2 Maret 2020

Terinspirasi Dari Cashless Society, GoPay Paparkan Strateginya

Berkat kecanggihan teknologi, kini transaksi keuangan semakin dimudahkan. Salah satu nama besar yang sukses menerapkan kebiasaan ini adalah GoPay.

Read more
Tahun Baru, Kerjaan Baru. Ini Caranya Biar CV Kamu Dilirik
#LiveSmarter3 Februari 2020

Tahun Baru, Kerjaan Baru. Ini Caranya Biar CV Kamu Dilirik

Momen awal tahun biasanya jadi waktu yang tepat untuk melamar pekerjaan. Nah, siapa tahu kamu akhirnya bisa diterima di kantor impian. Caranya tentu dengan melampirkan CV yang baik dan menarik.

Read more