Dapatkan informasi seputar aktivitas dan penawaran menarik dari PT Bank DBS Indonesia, dengan mengisi form di bawah ini:
DBS Live More Society

DBS Live More Society

#LivemoreKind

Metode KonMari: Filosofi Beberes Rumah untuk Mengatur Hidup yang Lebih Baik

 

By Admin, 2 Juni 2022 #LivemoreKind

DBS Live More Society

Percaya nggak sih kalo merapihkan barang-barang di rumah, bisa mengubah hidup lo? Nggak percaya? Baca dulu artikelnya sampe selesai, ya!

Metode KonMari ini cocok buat lo yang bingung dan mager buat bersih-bersih rumah. Nggak cuma bikin barang-barang jadi lebih rapi, metode ini bikin lo bahagia lho! Metode ini memiliki langkah-langkah yang berurutan sehingga lo nggak perlu kebingungan buat melakukannya. Yuk, kita kupas metode bersih-bersih ala Jepang ini!

DBS Live More Society

Tau nggak sih nama metode ini kependekan dari sang pencetusnya, yaitu Marie Kondo yang bekerja sebagai konsultan kebersihan profesional di Jepang. Marie Kondo punya prinsip kalo membereskan barang-barang bisa mengubah hidup lo ke depannya.
Marie membuat metode beberes ini yang mengatur beragam barang sesuai kategorinya. So, lo nggak perlu kewalahan merapikan beragam barang dari satu kamar ke kamar lainnya.

DBS Live More Society

Kunci metode KonMari ini menyusun satu jenis barang ke dalam tempat yang sama. Ada beberapa langkah yang harus lo perhatiin dalam metode ini:

  1. Bayangin rumah idaman!

    Sebelum mulai beres-beres, akan lebih baik kalo lo ngebayangin rumah impian yang bakal dihuni. Kamar tidurnya, ruang tamunya, dan lain-lain untuk melawan godaan menyimpan barang-barang yang nggak perlu, mencegah lo menghamburkan uang, dan cuma menyimpan barang yang perlu aja.
  1. Rapikan rumah berdasarkan kategori barang

    Marie Kondo ngasih tau untuk merapikan berdasarkan jenis barang.  Ada beberapa kategori benda di rumah, seperti: pakaian, buku, alat tulis, dokumen, peralatan elektronik, dan masih banyak lagi.
  1. Memilah barang yang harus disimpan dan yang disingkirkan

    Salah satu kalimat Marie yang terkenal adalah “Does it sparks joy?” Apakah barang tersebut bisa bikin senang ketika lo memakainya atau tidak? Kalo masih suka, disimpan, dan kalo udah nggak suka, lebih baik dibuang agar nggak memenuhi tempat.
  1. Sediakan tempat simpan untuk setiap barang

    Ini memudahkan lo mengingat dan menemukan barang sesuai kategori serta penyimpanannya lebih terstruktur.

DBS Live More Society

Selain mempercantik rumah, ada manfaat lainnya lho! Metode KonMari ini bisa ngebantu lo menghidupkan suasana yang lebih nyaman. Menurut Marie, kalo rumah terlihat lebih rapi dari biasanya, akan timbul perasaan gembira karena telah sukses menata rumah menjadi lebih baik untuk ditempati.
Selain itu, tujuan dari metode KonMari ini meningkatkan kegembiraan dan membuang segala sesuatu yang menyedihkan. Nah, itu lah kenapa salah satu prinsip KonMari adalah membuang barang yang tidak terpakai dan gunakanlah barang yang memiliki manfaat.

Udah paham belum tentang metode KonMari ini? Langsung praktekin ya biar langsung ngerasain manfaatnya! Selain beres-beres rumah yang bikin hidup lebih baik, lo juga butuh tabungan yang terpercaya dan memudahkan untuk bertransaksi! DBS Bank punya produk tabungan praktis, yang memudahkan lo buka rekening tanpa harus datang ke Bank! Mudah kan? Yuk buka rekeningnya sekarang di sini!-

DBS Live More Society
DBS Live More SocietyDBS Live More SocietyDBS Live More SocietyDBS Live More Society

More #LiveSmarter Articles

Cek Artikel lainnya
Anti Ribet, Ini Cara Lapor Pajak Secara Online
#LiveSmarter6 Maret 2020

Anti Ribet, Ini Cara Lapor Pajak Secara Online

Tak terasa, kita sudah harus kembali mengisi Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) pajak penghasilan per orangan. Wajib diketahui bahwa akhir pelaporan surat akan berakhir pada 31 Maret 2020.

Read more
Terinspirasi Dari Cashless Society, GoPay Paparkan Strateginya
#LiveSmarter2 Maret 2020

Terinspirasi Dari Cashless Society, GoPay Paparkan Strateginya

Berkat kecanggihan teknologi, kini transaksi keuangan semakin dimudahkan. Salah satu nama besar yang sukses menerapkan kebiasaan ini adalah GoPay.

Read more
Tahun Baru, Kerjaan Baru. Ini Caranya Biar CV Kamu Dilirik
#LiveSmarter3 Februari 2020

Tahun Baru, Kerjaan Baru. Ini Caranya Biar CV Kamu Dilirik

Momen awal tahun biasanya jadi waktu yang tepat untuk melamar pekerjaan. Nah, siapa tahu kamu akhirnya bisa diterima di kantor impian. Caranya tentu dengan melampirkan CV yang baik dan menarik.

Read more