Dapatkan informasi seputar aktivitas dan penawaran menarik dari PT Bank DBS Indonesia, dengan mengisi form di bawah ini:
DBS Live More Society

DBS Live More Society

#LivemoreKind

Grocery Shopping Bebas Sampah, Ini 6 Tipsnya!

 

By Admin, 3 November 2022 #LivemoreKind

DBS Live More Society

Tips belanja kebutuhan rumah minim limbah ini dijamin bikin kamu bisa menghemat uang dan menjaga lingkungan.

Zero waste grocery shopping adalah praktik dari gaya hidup berkelanjutan untuk mengurangi jumlah limbah yang kita buang ke lingkungan ketika berbelanja. Termasuk membeli bahan makanan dan kebutuhan rumah tangga dengan jumlah sesuai yang kita butuhkan saja. Mungkin ini terdengar seperti hal yang nggak mudah, terutama ketika banyak pasar, toko, atau supermarket di sekitar kita penuh dengan kemasan sekali pakai dan kantong plastik.

Bahkan buah dan sayuran pun dikemas dalam kantong/jaring plastik sekali pakai. Meskipun pengemasan sangat membantu dan seringkali diperlukan buat menjaga makanan supaya tetap segar, tidak terkontaminasi, dan mudah dibawa, tapi tentu kita paham benar dampak plastik-plastik itu pada lingkungan. Tau sendiri, kan, rata-rata tiap satu kantong plastik hanya digunakan sekitar belasan menit saja, namun butuh waktu hingga seribu tahun untuk terurai.

Belanja tanpa limbah mungkin juga terasa berlawanan dengan intuisi, terutama karena mengambil barang dengan kemasan adalah hal yang normal. Tapi dulu, sebelum plastik ada di dunia atau banyak digunakan penduduk Bumi, leluhur kita terbiasa menggunakan wadah isi ulang atau kemasan yang lebih ramah lingkungan, lho. Contohnya, daun pisang, daun jati, dan kain pembungkus. Jadi, seharusnya belanja minim sampah bukan sesuatu yang asing, deh, buat kita.

Memang, sih, toko kelontong nol limbah nggak selalu mudah diakses, tapi bukan itu masalahnya. Kita bisa banget mencoba membuat keputusan yang lebih sadar lingkungan tentang cara kita berbelanja. Ada begitu banyak cara sederhana dan mudah untuk membuat grocery shopping kita jadi lebih hemat dan ramah lingkungan. Ini dia 6 tipsnya!

Baca Juga: Simpan Limbah Sayur dan Buah, Bisa Diolah Jadi Kerajinan Ekonomis Yang Manis!

#1 Bawa tas/wadah sendiri pengganti plastik
DBS Live More Society
Tentunya wadah atau kemasan yang bisa dipakai berulang kali, ya. Pilihannya banyaaak bangeeet. Mulai dari tas belanja berukuran besar yang bisa menampung barang belanjaanmu, tas jaring katun untuk sayur dan buah, silicone ziplock pouch buat menyimpan makanan berkuah dan daging, botol atau jar kedap udara, beeswax wrap untuk pembungkus makanan, sampai besek bambu. Kamu bisa mendapatkan barang-barang itu di marketplace. Cusss, buruan beli dan bawa untuk grocery store trip kamu berikutnya.

#2 Buat daftar belanja
DBS Live More Society
Belanja bahan makanan bebas sampah butuh banget perencanaan sebelumnya, terutama untuk pemula. Ini adalah langkah wajib yang perlu kamu lakukan. Perencanaan membantu mengurangi kemungkinan overbuying atau underbuying. Ini juga membuat kamu bisa menentukan jenis wadah/bahan kemasan apa yang perlu kita bawa untuk menghindari penggunaan plastik. Memiliki daftar barang yang kamu butuhkan juga bikin kamu belanja dengan lebih terorganisir dan hemat tentunya. Kamu akan lebih sadar sama kebutuhan kamu, bukan keinginan. Tapi, janji nggak belanja di luar daftar, ya!

#3 Hindari produk dengan kemasan yang berlebihan
DBS Live More Society
Pernah lihat, kan, produk yang dikemas menggunakan hal-hal kecil yang nggak penting? Misalnya, label roti, stiker barcode, pita, dan semacamnya. Kalau kebutuhannya untuk mempercantik kemasan, rasanya nggak perlu kita dukung praktik ini dengan tidak membelinya. Let’s avoid small, wastefull items!

#4 Buy local
DBS Live More Society
Bahan pangan yang didapat dari petani/produsen terdekat, yang nggak jauh dari tempat tinggal kita, memiliki jejak karbon yang jauh lebih sedikit daripada makanan yang dikirim dari negara atau benua lain. Membeli produk lokal, terutama produk segar seperti sayur dan buah, juga berarti produk yang kita dapatkan bisa jauh lebih segar daripada makanan yang dikirim dari jauh, karena membutuhkan waktu lebih sedikit untuk membawanya dari peternakan ke toko.

#5 Berbelanja di toko yang mendukung praktik ini
DBS Live More Society
Semua ini dipermudah dengan berbelanja di toko yang mendukung praktik zero waste, yaitu toko makanan masal/bulk store. Toko kelontong ini menjalankan sistem curah dalam menjajakan beragam produknya. Mulai dari kebutuhan rumah tangga, bahan baku makanan, hingga perawatan pribadi, dan produknya tidak dijual dalam kemasan plastik sekali pakai. Biasanya, produk-produk yang dijual di bulk store  berasal dari bahan-bahan alami dan tidak dikemas dengan kemasan plastik. Pembeli yang ingin berbelanja di bulk store harus membawa wadah atau kemasan untuk membawa barang belanjaannya.

#6 Belanja dalam keadaan perut kenyang
DBS Live More Society
Tip belanja ini mungkin terdengar aneh, tapi yakin, deh, ini masuk akal. Saat kamu berbelanja dengan perut kenyang, kemungkinan kamu nggak tergoda untuk membeli banyak makanan dan camilan yang sebenarnya nggak kamu butuhkan. Ini pada akhirnya akan mencegah kamu dari membeli barang berlebihan dan harus membuang makanan yang rusak atau melewati tanggal kedaluwarsa.

Selamat berbelanja, ya! Kalau sudah berhasil menghemat budget belanja bulanan atau mingguan, ditabung aja. Kabar baiknya, ada digibank by DBS yang siap mengajak kamu untuk meningkatkan pengalaman perbankanmu dengan beragam fitur pilihan yang menarik dan banyak promonya. Nggak percaya? Cek di sini untuk informasi lengkapnya.-

DBS Live More Society
DBS Live More SocietyDBS Live More SocietyDBS Live More SocietyDBS Live More Society

More #LiveSmarter Articles

Cek Artikel lainnya
Anti Ribet, Ini Cara Lapor Pajak Secara Online
#LiveSmarter6 Maret 2020

Anti Ribet, Ini Cara Lapor Pajak Secara Online

Tak terasa, kita sudah harus kembali mengisi Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) pajak penghasilan per orangan. Wajib diketahui bahwa akhir pelaporan surat akan berakhir pada 31 Maret 2020.

Read more
Terinspirasi Dari Cashless Society, GoPay Paparkan Strateginya
#LiveSmarter2 Maret 2020

Terinspirasi Dari Cashless Society, GoPay Paparkan Strateginya

Berkat kecanggihan teknologi, kini transaksi keuangan semakin dimudahkan. Salah satu nama besar yang sukses menerapkan kebiasaan ini adalah GoPay.

Read more
Tahun Baru, Kerjaan Baru. Ini Caranya Biar CV Kamu Dilirik
#LiveSmarter3 Februari 2020

Tahun Baru, Kerjaan Baru. Ini Caranya Biar CV Kamu Dilirik

Momen awal tahun biasanya jadi waktu yang tepat untuk melamar pekerjaan. Nah, siapa tahu kamu akhirnya bisa diterima di kantor impian. Caranya tentu dengan melampirkan CV yang baik dan menarik.

Read more