Dapatkan informasi seputar aktivitas dan penawaran menarik dari PT Bank DBS Indonesia, dengan mengisi form di bawah ini:
DBS Live More Society

DBS Live More Society

#LivemoreKind

Camilan Dari Makanan Sisa Buat Nonton Piala Dunia 2022, Ini Tips Membuatnya!

 

By Admin, 26 Oktober 2022 #LivemoreKind

DBS Live More Society

Sisa makanan jangan dibuang. Mendingan diubah jadi camilan enak ini.

Kenapa, sih, nggak boleh membuang makanan? Soalnya, masalah sampah sisa makanan di Indonesia sudah makin parah. Menurut kajian Bappenas, sampah makanan yang terbuang di Indonesia sejak tahun 2000 hingga 2019 mencapai 23-48 juta ton per tahun atau setara 115-184 kilogram per kepala per tahun. Data lain dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, di tahun 2021, sampah sisa makanan menjadi komposisi sampah terbanyak di Indonesia.

Itulah kenapa, kita harus stop buang-buang makanan mulai hari ini. Buat menjaga kelestarian lingkungan dan juga berhemat, yuk olah sisa makanan. Pas banget, Piala Dunia 2022 sebentar lagi dimulai. Nah, makanan sisa ini bisa kamu olah jadi camilan, cocok buat jadi teman nonton, kan. Baca terus untuk tips membuatnya, ya.

Baca Juga: Sisa Tulang Jangan Dibuang! Bikin Jadi Kaldu Ayam yang Lezat dan Bergizi

Ubah Sisa Kentang Goreng Jadi Cheesy Waffle Fries
DBS Live More Society
Sebagian besar dari kita suka lapar mata aja waktu pesan kentang goreng di restoran fast food atau menggorengnya sendiri. Pas dimakan, eh kebanyakan. Masalahnya, kentang goreng bukan makanan yang enak buat disimpan dan dimakan kemudian hari. Tapi, daripada membuangnya, keluarkan cetakan waffle, terus olah kentang di situ, deh.

Pertama, olesi butter/mentega pada cetakan waffle. Kemudian, panaskan dan letakkan kentang goreng langsung di atasnya, taburi keju yang mudah meleleh atau mozzarela atau topping lainnya yang kamu sukai, irisan beef bacon mungkin?. Tutup bagian penutup cetakan. Aha, kentang goreng mendapatkan 'kehidupan' baru dalam bentuk waffel yang renyah dan enyak!

Dari Nasi Jadi Cireng
DBS Live More Society
Siapa, sih, yang enggak suka cireng? Camilan gemoy ini bisa dibilang jadi camilan sejuta umat di Indonesia. Berhubung di sini nasi adalah makanan pokok, pasti sering, deh, nasi jadi makanan sisa di rumah. Nah, kalau bosan mengolahnya sisa nasi kemarin jadi nasi goreng, olah jadi cireng aja. Caranya gampang.

Untuk 2 mangkok sisa nasi, kamu butuh 2 siung bawang putih yang dihaluskan. Kalau sudah halus, tambahkan nasi, ulek nasinya, sambil dicampur bersama bawang. Beri garam, lada, dan kaldu bubuk sesuai selera. Terus, tambahkan 8 sendok makan tepung tapioka, dan daun bawang yang sudah dipotong kecil. Campur semua bahan, sambil diberikan air sedikit demi sedikit hingga adonan padat dan dapat dibentuk dengan tangan. Bentuk adonan satu per satu menjadi pipih, lalu balurkan tipis pada tepung tapioka. Goreng cireng hingga golden brown, angkat dan sajikan.

Dessert Roti Tawar
DBS Live More Society
Roti tawar biasanya dijual dalam bentuk 1 pak berisi beberapa irisan roti, dan buat sebagian orang, porsi ini kebanyakan atau mulai bosan dengan menu roti tawar yang gitu-gitu aja. Padahal, expire date-nya roti cepat banget. Sayang, kan, kalau keburu basi/berjamur sebelum dimakan. Kabar baiknya, roti tawar bisa dikreasikan jadi beragam camilan sampai makanan penutup nan manis dan gurih. Misalnya, dibuat menjadi puding roti dengan tambahan telur, susu cair, keju, dan bubuk kayu manis atau choco chip. Duh, aromanya sedap banget! Pilihan dessert dari sisa roti tawar lainnya: french toast. Hmmm.

Kalau mau yang gurih, bikin jadi roti goreng juga bisa. Cara membuat roti goreng dari roti tawar sisa adalah dengan memotongnya menjadi dadu, lalu mencampurnya dengan bahan lain, seperti mozzarela, selai roti, sosis atau mayonaise. Kemudian, dibalur dengan tepung panir sebelum digoreng. 

Frittata Dari Sisa Sayuran
DBS Live More Society
Buat yang belum tau, frittata adalah hidangan khas Italia berbahan dasar telur. Di Spanyol, juga ada makanan ini, tapi kalau di sana, dibuat dengan banyak kentang. Buat nonton klub sepak bola kesayangan kamu dari Italia atau Spanyol, frittata dari makanan sisa bisa nemenin kamu, nih. Nggak repot pula cara bikinnya.

Kita bisa memanfaatkan kelebihan sayur dari menu makan semalam, lalu ditambahkan sisa-sisa makanan lainnya, atau apa saja bahan masakan yang ada di kulkas. Misalnya, tomat, bayam, jamur, suwiran daging ayam, paprika, bawang, kentang, dan kembang kol. Kalau ada sisa mie atau spaghetti, juga boleh dimasukkan jadi satu dengan telur dan bahan lainnya. Tambahkan keju biar makin lezat. Jangan lupa, untuk membuat frittata, diperlukan telur yang lebih banyak dari bahan-bahan lainnya. Cobain, yuk!

Olahan Sisa Lauk Ayam
DBS Live More Society
Ayam juga sering, nih, jadi menu makanan di rumah. Kalau lagi ada sisa ayam dan kepingin ada camilan buat nonton bola, bisa banget diolah jadi berbagai makanan. Misalnya, kamu ada kulit pangsit dan ayam goreng, kamu bisa bikin pangsit goreng/rebus isi suwiran ayam. Tambahkan tepung atau telur buat merekatkan isian pangsit.

Ada kulit puff pastry? Padukan suwiran daging ayam apa saja (mau ayam balado, ayam gulai, atau ayam semur) dengan sayuran beku seperti kacang polong, wortel, dan buncis sebagai isian curry puff. Caranya, letakkan lembaran puff pastry siap pakai di atas piring ceper, isi dengan ayam dan sayuran, lipat atau bentuk sesuai selera. Mau ditambahi isian lainnya juga boleh, lho. Tambahkan keju, telur rebus, atau sisa makanan lain. Olesi bagian atasnya dengan kuning telur, kemudian panggang dengan suhu panas 180 hingga 200 derajat Celcius hingga matang. Jadi, deeeh. Mau digoreng juga bisa.

Kalau kamu butuh peralatan dapur buat memudahkanmu memasak di rumah, digibank by DBS menawarkan banyak promo menarik. Dengan berbagai kemudahan dan potongan harga ini, bisa bikin kamu jadi lebih hemat karena jadi makin semangat dan rajin masak, kan. Soalnya, jadi nggak terus-terusan beli makan di luar atau pesan aplikasi layanan antar makanan. Masak terus di rumah. Belanjanya di sini, deh, ada berbagai promo seru yang bikin happy. -

DBS Live More Society
DBS Live More SocietyDBS Live More SocietyDBS Live More SocietyDBS Live More Society

More #LiveSmarter Articles

Cek Artikel lainnya
Anti Ribet, Ini Cara Lapor Pajak Secara Online
#LiveSmarter6 Maret 2020

Anti Ribet, Ini Cara Lapor Pajak Secara Online

Tak terasa, kita sudah harus kembali mengisi Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) pajak penghasilan per orangan. Wajib diketahui bahwa akhir pelaporan surat akan berakhir pada 31 Maret 2020.

Read more
Terinspirasi Dari Cashless Society, GoPay Paparkan Strateginya
#LiveSmarter2 Maret 2020

Terinspirasi Dari Cashless Society, GoPay Paparkan Strateginya

Berkat kecanggihan teknologi, kini transaksi keuangan semakin dimudahkan. Salah satu nama besar yang sukses menerapkan kebiasaan ini adalah GoPay.

Read more
Tahun Baru, Kerjaan Baru. Ini Caranya Biar CV Kamu Dilirik
#LiveSmarter3 Februari 2020

Tahun Baru, Kerjaan Baru. Ini Caranya Biar CV Kamu Dilirik

Momen awal tahun biasanya jadi waktu yang tepat untuk melamar pekerjaan. Nah, siapa tahu kamu akhirnya bisa diterima di kantor impian. Caranya tentu dengan melampirkan CV yang baik dan menarik.

Read more