Dapatkan informasi seputar aktivitas dan penawaran menarik dari PT Bank DBS Indonesia, dengan mengisi form di bawah ini:
DBS Live More Society

DBS Live More Society

#LivemoreKind

5 Aplikasi Sustainable Lifestyle, Hemat Cuan dan Ramah Lingkungan

 

By Admin, 25 Agustus 2022 #LivemoreKind

DBS Live More Society

Satu langkah lebih mudah menuju gaya hidup berkelanjutan. Yeay!

Sekarang smartphone jadi sesuatu yang tak terpisahkan sama kita. Dibutuhkan banget dalam kehidupan pribadi dan profesional. Istilahnya, lebih baik nggak bawa dompet, dibandingkan ketinggalan smartphone. Kelihatan, nih, kamu mengangguk-anggukan kepala tanda setuju. Kabar baiknya, ponsel juga bisa membantu kita untuk lebih mudah menjalankan kebiasaan atau gaya hidup berkelanjutan, berkat sejumlah aplikasi yang dirancang untuk hidup lebih efisien, meningkatkan penghematan, dan menjaga lingkungan.

Bukan rahasia lagi, bumi sedang menghadapi keadaan darurat iklim. Masalah lingkungan semakin banyak. Contoh yang paling dekat sama kita adalah banjir rob pantura di bulan Mei 2022 yang terjadi selama sekitar 3 hari dan menimpa sejumlah daerah pesisir pantai utara Jawa. Menurut WALHI (Wahana Lingkungan Hidup Indonesia, organisasi lingkungan hidup non-profit terbesar di Indonesia) Jateng, banjir rob ini disebabkan oleh kenaikan air laut sebagai dampak dari kerusakan lingkungan secara global yang diperparah dengan penurunan muka tanah serta abrasi.

Semua masalah lingkungan utama yang saat ini, berkontribusi banget pada Bumi kita yang mengalami pemanasan global. Nah, keadaan krisis iklim ini tidak akan melambat dan bahkan bisa makin parah kalau kita masih cuek sama lingkungan. Mulai detik ini, yuk semangat untuk menjalankan gaya hidup berkelanjutan yang lebih ramah lingkungan! Untuk mempermudah life-goal kita yang satu ini, 5 aplikasi sustainable lifestyle ini siap membantu kita.

Baca Juga: Mengubah Sampah Jadi Berkah, Ini 7 Aplikasinya!

#1 iHuerting
DBS Live More Society
Aplikasi ini membantu kamu untuk bisa mulai membangun taman kota dari nol. Sedikit demi sedikit kamu bisa menjadi petani perkotaaan ketika mulai menanam di teras rumah, halaman belakang, balkon apartemen, dan sepetak kecil lahan di tempat tinggal kamu. iHuerting juga siap membantu kamu merawat taman dengan cara yang intuitif, sederhana, dan menyenangkan. Aplikasi ini akan mengingatkan kamu kapan harus menyiram tanaman, memupuk, dan mencegah hama di tanaman secara organik.

Unduh aplikasi untuk iOS dan Android di: http://ihuerting.com/ihuerting/

#2 Octopus
DBS Live More Society
Ini dia aplikasi yang bikin Bumi dan dompet kita sama senangnya. Selain bikin kita jadi bertanggung jawab sama sampah kemasan dan kebersihan lingkungan, ada insentif yang bisa didapat pengguna Octopus. Dengan menyetorkan kemasan bekas pakai untuk didaur ulang, kita dapat poin yang dapat digunakan untukbayar listrik dan beli pulsa, plus dikasih voucher potongan harga untuk ngopi dan makan di restoran. Octopus memiliki 3 mobile apps, yaitu untuk pengguna (consumers), pelestari (waste collectors), dan pebisnis produksi sampah (checkpoints).  Ketiga aplikasi ini bersinergi dengan baik, lho. Buktinya selama pertengahan sampai akhir tahun 2021, Octopus berhasil mengumpulkan 9,9 juta produk sampah dari para pengguna. Salah satu pelestari Octopus bahkan bisa dapat cuan sebesar Rp10,4 juta dalam satu bulan di Oktober 2020. Wow!

Klik untuk mengunduh Octopus di iOS dan Android  

#3 ThredUp
DBS Live More Society
Kalau kamu mencoba membuat pilihan yang lebih berkelanjutan, ThredUP bisa jadi pilihan yang tepat untuk kamu karena kamu enggak akan membeli pakaian baru lagi. ThredUP adalah toko konsinyasi online, bisa juga disebut toko barang bekas online, yang memungkinkan kamu untuk thrifting. Kamu bisa membeli dan menjual pakaian plus aksesoris kamu lainnya yang sudah enggak terpakai, tapi masih dalam kondisi yang layak dipakai. Seru banget, deh, kamu bisa jadi pembeli, penjual, atau keduanya. Barang yang ditawarkan di ThredUp pun beragam. Merek seperti Kate Spade dan Coach pun ada.

Klik untuk mengunduh ThredUp di iOS dan Android

#4 Siklus
DBS Live More Society
Kenapa harus buang sampah plastik yang mencemari planet kesayangan kita kalau bisa dihindari pakai aplikasi? Yup, Siklus adalah solusinya. Yang bikin girang, Siklus bisa menghemat pengeluaran rumah tangga karena harganya lebih murah dan bisa bebas ongkir, lho. Sambil rebahan di sofa, isi ulang produk rumah tangga tanpa kemasan plastik akan diantar Siklus langsung ke rumahmu. Caranya gimana?

  • Langkah 1: Pilih produk yang ingin kamu isi ulang di aplikasi. Atur jumlah produk sesuai kebutuhanmu. Siklus menjual produk kebutuhan sehari-hari, mulai dari homecare, personal care hingga makanan pilihan.
  • Langkah 2: Pilih hari, waktu pengiriman, dan metode pembayaran.
  • Langkah 3: Siapkan wadah, terus isi ulang saat kurir Siklus tiba di depan rumah.

Klik untuk mengunduh Siklus di iOS dan Android

#5 OLIO
DBS Live More Society
Hayo, siapa yang suka masak kebanyakan, terus nggak ada yang makan, dan kemudian sisa makanan itu berakhir di tempat sampah? Sedih, ya. Tenaaang, sekarang sudah ada solusinya. Bergabunglah dengan jutaan tetangga di seluruh dunia yang menggunakan OLIO untuk berbagi makanan cuma-cuma, dan lebih sedikit membuang sampah sisa makanan. Selain makanan, kamu juga bisa berbagi hal lain, misalnya kosmetik, baju, dan buku.

Sebelum memulai, pastikan kamu memahami aturan di OLIO ini: no selling, swapping (tukar menukar), atau minta donasi. Meski berbasis di Amerika dan Inggris, tapi sudah ada penggunanya di Indonesia. Coba, deh. Mari kita lawan sampah, bantu tetangga, dan selamatkan planet kita dengan cara yang menyenangkan.

Klik untuk mengunduh OLIO di iOS dan Android

Kalau sudah berhasil memulai kebiasaan-kebiasaan yang ramah lingkungan, dan mulai merasakan manfaatnya, kamu bisa meneruskannya secara rutin, Guys. Apalagi kalau uang hasil berhemat berkat lima aplikasi di atas sudah terkumpul, wajib ditabung itu! Aplikasi digibank by DBS punya produk Tabungan Maxi yang memberikan kamu kemudahan untuk memiliki tabungan dengan bunga hingga 3% p.a. Daaan, bisa kamu ambil kapan saja tanpa terikat jangka waktu. Cek informasi lengkapnya di sini.-

DBS Live More Society
DBS Live More SocietyDBS Live More SocietyDBS Live More SocietyDBS Live More Society

More #LiveSmarter Articles

Cek Artikel lainnya
Anti Ribet, Ini Cara Lapor Pajak Secara Online
#LiveSmarter6 Maret 2020

Anti Ribet, Ini Cara Lapor Pajak Secara Online

Tak terasa, kita sudah harus kembali mengisi Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) pajak penghasilan per orangan. Wajib diketahui bahwa akhir pelaporan surat akan berakhir pada 31 Maret 2020.

Read more
Terinspirasi Dari Cashless Society, GoPay Paparkan Strateginya
#LiveSmarter2 Maret 2020

Terinspirasi Dari Cashless Society, GoPay Paparkan Strateginya

Berkat kecanggihan teknologi, kini transaksi keuangan semakin dimudahkan. Salah satu nama besar yang sukses menerapkan kebiasaan ini adalah GoPay.

Read more
Tahun Baru, Kerjaan Baru. Ini Caranya Biar CV Kamu Dilirik
#LiveSmarter3 Februari 2020

Tahun Baru, Kerjaan Baru. Ini Caranya Biar CV Kamu Dilirik

Momen awal tahun biasanya jadi waktu yang tepat untuk melamar pekerjaan. Nah, siapa tahu kamu akhirnya bisa diterima di kantor impian. Caranya tentu dengan melampirkan CV yang baik dan menarik.

Read more