Dapatkan informasi seputar aktivitas dan penawaran menarik dari PT Bank DBS Indonesia, dengan mengisi form di bawah ini:
DBS Live More Society

DBS Live More Society

#LivemoreKind

5 Ide Hadiah Natal Minim Sampah, Tapi Tetap Istimewa

 

By Admin, 14 Desember 2022 #LivemoreKind

DBS Live More Society

Berbagai bingkisan ini dijamin bikin dia dan bumi sama-sama bahagia.      

Kebanyakan dari kita menghubungkan Natal atau hari istimewa lainnya dengan kesenangan yang berlebihan dan hal-hal yang mewah. Nggak cuma itu, kadang sebagian besar dari kita juga membeli hadiah Natal yang mungkin nggak diinginkan atau dibutuhkan oleh penerimanya. Hanya dengan alasan pingin ngasih hadiah, tapi itu bisa berisiko nambah-nambahin tumpukan sampah. Padahal, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) pada tahun 2021, menyebutkan kalau volume sampah di Indonesia tercatat 68,5 juta ton dan tahun 2022 naik mencapai 70 juta ton. Banyak banget, kan?!

Belum lagi barang-barang yang kamu beli untuk dirimu sendiri atau untuk kebutuhan rumahmu, dengan alasan untuk memanjakan diri karena ini hari Natal. Terus, semua barang itu cuma dipakai sekejap atau malah nggak terpakai, kemudian disimpan di laci selama beberapa tahun sebelum akhirnya diberikan ke orang lain, atau berujung ke tempat sampah. Pernah begini? Kalau kamu mengangguk-ngangguk tanda pernah mengalaminya, tahun ini berubah, yuk. Terutama buat kamu yang ingin memulai gaya hidup nol limbah, ini bisa jadi langkah awal yang pas banget buat kamu.

Jujurly, memberi hadiah itu memang nggak mudah. Menjelang akhir tahun seperti ini, ke mana pun kita melihat, ada benda mengilap yang lagi sale dan 'memohon' untuk dibeli. Tapi, kamu nggak harus membeli gadget terbaru untuk orang tersayang hanya untuk memastikan dia merasa istimewa. Lebih baik beri mereka hadiah minim limbah berkualitas tinggi yang akan bermakna dan berguna. Jadi, tunda pengiriman amplop uang hadiah Natal ke keponakan kesayanganmu, stop check out pesanan kadomu buat si dia di marketplace, dan luangkan beberapa menit menelusuri daftar ide hadiah Natal minim sampah ini.

Baca Juga: 3 Wisata Energi Terbarukan, Rekomendasi Buat Liburan Akhir Tahun

#1 Handmade gifts
DBS Live More Society
Kalau kamu punya orang yang artsy atau suka membuat karya DIY (do-it-yourself), maka hadiah buatan tangan adalah ide kado zero waste yang tepat. Tenang, kamu nggak perlu mengeluarkan seluruh kotak peralatan DIY-mu untuk membuat hadiah ramah lingkungan yang indah untuk orang tersayang. Tinggal dicocokin aja sama usia atau kepribadian penerimanya, ini penting banget, supaya hadiahmu benar-benar terpakai oleh penerimanya.

Hanya dengan sedikit kreativitas dan keterampilanmu, dapat menghasilkan beberapa hadiah berkelanjutan yang menakjubkan. Beberapa ide untuk hadiah buatan tangan yang reusable adalah:

  • Merajut dompet, tas, syal, tempat pensil, atau selimut
  • Membeli manik-manik dan membuat perhiasan, misalnya gelang atau kalung
  • Lukis sesuatu, seperti melukis tote bag, kaus, sarung bantal, atau bahkan kartu ucapan.

#2 Kado digital atau layanan berlangganan
DBS Live More Society
Ini dia pilihan paling cocok buat kamu yang hampir kehabisan waktu buat menyiapkan kado Natal. Bisa dibeli dalam waktu mepet! Daripada memberikan hadiah fisik, ide hadiah tanpa limbah yang bagus adalah kado digital atau layanan berlangganan. Ada begitu banyak pilihan yang tersedia, sehingga kamu pasti menemukan sesuatu yang sesuai dengan kebutuhan semua orang. Mulai dari layanan streaming musik dan film, gym/yoga membership, kelas online, gift card, atau voucher game.

Buat contoh, gift card bisa berupa kartu Google Play Store yang dapat digunakan untuk mengunduh aplikasi dari Play Store, juga untuk menyewa film, e-book, dan bahkan membayar layanan seperti YouTube Premium atau YouTube Music Premium. Ada juga, kartu hadiah yang ditawarkan Apple. Ini termasuk perangkat, aplikasi, Apple Music, Apple TV Plus, iTunes, Apple One, iCloud, Books, dan masih banyak lagi. Komplit, kaaan. Kalau layanan streaming video berupa langganan Netflix, HBO, Amazon Prime, Vidio, atau Disney Plus. Sesuaikan saja sama kegemaran penerimanya.

#3 Peralatan makan berkelanjutan
DBS Live More Society
Salah satu penyumbang besar sampah di Indonesia adalah sampah plastik, termasuk alat makan sekali pakai. Nah, biar bisa membantu mengurangi sampah itu, berikan peralatan makan cantik yang berkelanjutan sebagai kado Natal. Produk sustainable atau berkelanjutan adalah produk yang ramah lingkungan baik dalam pembuatan maupun konsep bisnisnya. Di Indonesia, cukup banyak brand lokal yang menerapkan hal ini, dan beberapa di antaranya menjual alat makan/rumah tangga yang cocok buat jadi kado Natal. Misalnya, Studio Dapur, Plepah, Halo Baba, dan Allas. Bagus-bagus, deh, produk mereka. Hati-hati jadi pingin menghadiahi ini buat diri sendiri.

#4 Tiket konser/pertunjukan seni
DBS Live More Society
Mumpung sekarang sudah banyak acara musik, fan meeting, showcase, dan pertunjukan seni hiburan lainnya, kenapa nggak memberikan hadiah ini untuk orang terdekatmu? Terutama kalau kamu tahu musisi atau idol kesukaannya. Pasti dia senang banget, deh. Selain bikin penerimanya jejingkrakan, ramah lingkungan juga karena tiket acara saat ini sudah dalam bentuk elektronik, jadi nggak ada sampah, deh. Asalkan, pas di venue juga menerapkan praktik baik ramah lingkungan, ya. Misalnya, bawa botol minum sendiri yang bisa diisi ulang, bawa alat makan pribadi, dan semacamnya. Tiketnya mungkin nggak terasa seperti produk berkelanjutan, ya. Tapi, pengalaman berharga ketika menyaksikan pertunjukan seni/konsernya tentu akan bermakna dan teringat sepanjang masa buat penerimanya. Uhuy!

#5 Zero waste kit
DBS Live More Society
Menjadi minim/bebas limbah adalah misi yang sulit bagi siapa pun untuk menyelesaikannya dalam semalam. Untuk orang-orang yang ingin mulai bergerak menyelamatkan lingkungan tentu membutuhkan lebih banyak waktu, dan kamu bisa memudahkan aksi mereka dengan memberikan zero waste kit. Set perlengkapan ini sudah banyak dijual di marketplace pula, jadi nggak susah deh untuk membelinya. Brand lokal pun banyak yang menyediakannya dalam bentuk hampers, seperti Demibumi, SustainShop by Sustaination, Ecossentials, dan Zero Waste Indonesia. Benar-benar pilihan zero waste gift yang tepat buat hari Natal, nih.

Biar belanja kadonya nggak hanya ramah lingkungan, tapi juga ramah buat dompet/saldo rekening, coba pakai aplikasi digibank by DBS Bank, deh. Ada segudang promo kekinian yang super-menarik dari digibank untuk berbagai merchant, ini serius! Cek di sini kalau kepingin tahu bermacam pilihan promonya.-

DBS Live More Society
DBS Live More SocietyDBS Live More SocietyDBS Live More SocietyDBS Live More Society

More #LiveSmarter Articles

Cek Artikel lainnya
Anti Ribet, Ini Cara Lapor Pajak Secara Online
#LiveSmarter6 Maret 2020

Anti Ribet, Ini Cara Lapor Pajak Secara Online

Tak terasa, kita sudah harus kembali mengisi Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) pajak penghasilan per orangan. Wajib diketahui bahwa akhir pelaporan surat akan berakhir pada 31 Maret 2020.

Read more
Terinspirasi Dari Cashless Society, GoPay Paparkan Strateginya
#LiveSmarter2 Maret 2020

Terinspirasi Dari Cashless Society, GoPay Paparkan Strateginya

Berkat kecanggihan teknologi, kini transaksi keuangan semakin dimudahkan. Salah satu nama besar yang sukses menerapkan kebiasaan ini adalah GoPay.

Read more
Tahun Baru, Kerjaan Baru. Ini Caranya Biar CV Kamu Dilirik
#LiveSmarter3 Februari 2020

Tahun Baru, Kerjaan Baru. Ini Caranya Biar CV Kamu Dilirik

Momen awal tahun biasanya jadi waktu yang tepat untuk melamar pekerjaan. Nah, siapa tahu kamu akhirnya bisa diterima di kantor impian. Caranya tentu dengan melampirkan CV yang baik dan menarik.

Read more