Dapatkan informasi seputar aktivitas dan penawaran menarik dari PT Bank DBS Indonesia, dengan mengisi form di bawah ini:
DBS Live More Society

DBS Live More Society

#LivemoreKind

Mendaur Cuan dari Bisnis Daur Ulang Sampah Plastik

 

By Admin, 22 Desember 2021 #LivemoreKind

DBS Live More Society

Mungkin kamu sudah lama memiliki impian untuk buka usaha sendiri. Punya ide apa? Bukan coffee shop? Atau, mau coba merintis clothing line? Semua ide ini tentu saja keren dan berpotensi, tapi tahukah kamu kalau konsep bisnismu bisa juga berdampak positif untuk masyarakat sekitar, bahkan planet bumi?

Ya, ide usaha atau bisnis yang tak hanya mengutamakan profit semata, tapi juga memaksimalkan manfaat untuk sosial dan lingkungan sekitar, disebut dengan social enterprise. Bagi kamu yang bercita-cita menjadi entrepreneur, namun juga punya jiwa sosial yang tinggi, menjalankan social enterprise merupakan pilihan yang cocok. Kira-kira, ide social enterprise apa ya, yang sedang dibutuhkan saat ini?

Seperti yang kita tahu, salah satu masalah sosial yang cukup memprihatinkan adalah soal sampah, khususnya sampah plastik. Tak bisa dipungkiri, penggunaan plastik sangat membantu kehidupan manusia sehari-hari, mulai dari wadah atau bungkus makanan dan minuman, tas, dan banyak barang-barang lainnya. Karena itu, kita harus berusaha lebih keras agar sampah plastik bisa dikurangi, sehingga meminimalisir kerusakan lingkungan.

Nah, jika kamu tertarik untuk membuka wirausaha sosial untuk membantu mengurangi sampah plastik, ada banyak kesempatan yang bisa kamu coba.

  1. Membuat Berbagai Barang dari Botol Plastik
    Salah satu kunci untuk mendaur ulang sampah plastik adalah kreativitas. Dengan sedikit imajinasi dan ketelatenan, kamu bisa menyulap sampah botol-botol plastik menjadi benda bermanfaat seperti pot bunga, hiasan, tempat pensil, dan lain sebagainya. Kamu bisa mencari tahu caranya di internet, dan dengan strategi pemasaran yang baik, ide usaha ini memiliki potensi untuk mendapatkan konsumen.

  2. Membuat Fashion Items dari Sampah Plastik
    Tak hanya sampah botol plastik, sampah bekas bungkus makanan atau produk-produk lainnya pun dapat kamu manfaatkan menjadi barang yang berguna dan memiliki nilai jual. Kemasan plastik yang sudah dikumpulkan dan dibersihkan bisa menjadi bahan untuk membuat tas atau jaket dengan desain yang unik. Kamu bisa berkreasi dengan berbagai macam warna, motif, dan bentuk kemasan plastic yang ada. Cukup unik dan menantang, bukan?

  3. Tawarkan Jasa Daur Ulang Plastik
    Jika kamu lebih suka ide selain melakukan kerajinan tangan seperti ide-ide di atas, kamu tetap bisa membuka wirausaha sosial yang mengurangi sampah plastik, kok. Coba tawarkan jasa untuk mendaur ulang sampah plastik yang ada di lingkunganmu, misal dari rumah-rumah sekitar tempat tinggalmu. Cari tempat daur ulang plastik yang terpercaya, lalu kamu cukup mengumpulkan sampah-sampah plastik dari masyarakat untuk biaya tertentu. Mudah, bukan?

Hmm, masih ragu atau merasa belum mampu membuka wirausaha sosial? Jangan khawatir, kamu juga masih bisa mendapatkan untung sekaligus memberikan manfaat untuk isu sosial dengan menabung di Green Savings, sebuah produk inovatif dari DBS. Melalui Green Savings, bunga hasil tabunganmu akan didonasikan pada wirausaha sosial Krakakoa yang bergerak untuk membantu para petani cokelat Indonesia. Yuk, cek Green Savings DBS di sini!-

DBS Live More Society
DBS Live More SocietyDBS Live More SocietyDBS Live More SocietyDBS Live More Society

More #LiveSmarter Articles

Cek Artikel lainnya
Anti Ribet, Ini Cara Lapor Pajak Secara Online
#LiveSmarter6 Maret 2020

Anti Ribet, Ini Cara Lapor Pajak Secara Online

Tak terasa, kita sudah harus kembali mengisi Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) pajak penghasilan per orangan. Wajib diketahui bahwa akhir pelaporan surat akan berakhir pada 31 Maret 2020.

Read more
Terinspirasi Dari Cashless Society, GoPay Paparkan Strateginya
#LiveSmarter2 Maret 2020

Terinspirasi Dari Cashless Society, GoPay Paparkan Strateginya

Berkat kecanggihan teknologi, kini transaksi keuangan semakin dimudahkan. Salah satu nama besar yang sukses menerapkan kebiasaan ini adalah GoPay.

Read more
Tahun Baru, Kerjaan Baru. Ini Caranya Biar CV Kamu Dilirik
#LiveSmarter3 Februari 2020

Tahun Baru, Kerjaan Baru. Ini Caranya Biar CV Kamu Dilirik

Momen awal tahun biasanya jadi waktu yang tepat untuk melamar pekerjaan. Nah, siapa tahu kamu akhirnya bisa diterima di kantor impian. Caranya tentu dengan melampirkan CV yang baik dan menarik.

Read more