Dapatkan informasi seputar aktivitas dan penawaran menarik dari PT Bank DBS Indonesia, dengan mengisi form di bawah ini:
DBS Live More Society

DBS Live More Society

#LivemoreKind

8 Makanan Dengan Usia Simpan Nan Panjang

 

By Admin, 15 November 2021 #LivemoreKind

DBS Live More Society

Mari berkenalan dengan makanan yang memiliki usia simpan (shelf life) lama, supaya bisa tetap makan enak meski terus #dirumahaja dan mendukung ‘zero waste’.

Pada masa pandemi, di mana kita dituntut untuk sebisa mungkin berada di rumah, makanan atau bahan pangan terbaik untuk distok adalah yang dapat bertahan lama. Terutama bila kita sedang menjalani masa isoman (isolasi mandiri). Makanan dengan usia simpan yang panjang ini sebenarnya cocok untuk dimiliki kapan saja. Karena, bukan hanya ini juga dapat mengurangi risiko kita tertular virus di pasar atau supermarket, tapi juga termasuk dalam kebutuhan dasar untuk menjaga kita tetap hidup dalam kondisi dan situasi apa pun.

Mengingat fakta bahwa sekitar sepertiga dari makanan yang diproduksi di dunia tidak pernah sampai ke piring kita dan malah berakhir menjadi sampah, menurut Menurut The Food and Agriculture Organization of the United Nations (FAO, Organisasi Pangan dan Pertanian PBB), maka menyimpan makanan tahan lama di dapur kita merupakan ide bagus. Memberikan dampak sosial yang bagus pula untuk lingkungan.

Banyak jenis makanan, termasuk bahan yang segar maupun kering, dikenal karena umurnya yang panjang. Perkiraan usia simpan adalah untuk makanan yang disimpan pada suhu kamar atau suhu yang sedikit lebih dingin – bukan di lemari es atau freezer. Perlu diketahui, kelembapan dan suhu tinggi akan mempersingkat masa hidup sebagian besar makanan. Selain itu, pahami juga bahwa makanan cenderung berubah dari waktu ke waktu dalam sisi warna, tekstur, dan/atau rasa. Jadi, meskipun makanan tersebut dapat bertahan berbulan-bulan atau bertahun-tahun, tapi mungkin sedikit lebih awal dalam mencapai masa terbaik mengonsumsinya. Nah, ini dia beberapa bahan pangan dan makanan yang akan bertahan selama berminggu-minggu, dan beberapa hampir abadi.

Baca Juga: 5 Resep Gampang Bikin Dried Food Sehat Demi #makantanpasisa

1. Buah, sayur, dan kacang-kacangan dalam kemasan kaleng
DBS Live More Society
Usia simpan: hingga 6 tahun
Cara menyimpan: di dalam cupboard (lemari/kabinet penyimpanan)

Makanan kaleng dapat bertahan selama beberapa waktu setelah tanggal “best-by” mereka, namun akan terasa paling enak sebelum waktu tersebut. Jika menemukan sekaleng buah kaleng yang sudah lewat enam bulan dari seharusnya, menurut Rachel Seis dari media Taste Of Home, masih aman untuk dimakan atau ditambahkan ke salah satu resep yang menggunakan buah kalengan.

2. Apel
DBS Live More Society
Usia simpan: 5 hari hingga 6 bulan
Cara menyimpan: di tempat lembap bersuhu -1 sampai 4 derajat Celcius

Apel yang disimpan dalam mangkuk buah pada suhu kamar umumnya akan bertahan lima hingga tujuh hari. Namun, ketika disimpan di tempat yang lembab pada suhu -1 sampai 4 derajat Celcius, mereka dapat tetap segar dan segar selama enam bulan.

3. Beras
DBS Live More Society
Usia simpan: tak terbatas
Cara menyimpan: wadah kedap udara di tempat yang sejuk dan kering

Beras merah mungkin lebih sehat, tetapi memiliki kandungan minyak yang tinggi sehingga bisa rusak dalam waktu beberapa bulan, sedangkan nasi putih – jika dalam kondisi kering – akan bertahan selamanya. Menyimpan beras dalam wadah kedap udara yang benar-benar kering akan mencegah kutu atau kumbang beras hidup serta bertelur dalam beras kita. Kalau sudah menemukannya, beras harus dibuang.

4. Mi/ramen instan
DBS Live More Society
Usia simpan: 8 bulan hingga 2 tahun
Cara menyimpan: simpan dalam kemasan yang rapat pada suhu kamar

Salah satu merek mi instan terkemuka di tanah air menuliskan pada situs resminya, bahwa masa simpannya dapat mencapai 8-10 bulan. Sementara ramen instan, dapat bertahan hingga 2 tahun. Namun, pastikan mereka tersimpan rapat dalam kemasannya, ya.

5. Selai kacang
DBS Live More Society
Usia simpan: 2 tahun
Cara menyimpan: dalam kondisi tersegel di tempat sejuk

Selai kacang yang belum dibuka dan disimpan dalam stoples akan bertahan lebih lama pada suhu kamar. Tetapi seiring waktu, minyak akan terpisah, selai kacang mungkin mengering, dan rasanya mungkin berkurang kenikmatannya. Dua tahun kemungkinan besar adalah masa selai kacang dalam kualitas terbaiknya.

6. Pasta kering
DBS Live More Society
Usia simpan: 1 hingga 2 tahun melewati tanggal “best-by”
Cara menyimpan: dalam wadah kedap udara

Jika kita membeli pasta dalam kantong plastik tertutup, dapat disimpan tetap dalam wadahnya. Namun, pasta yang dikemas dalam kardus atau pasta yang sudah dibuka sebaiknya dipindahkan ke wadah tertutup agar tahan lama.

7. Dendeng sapi kering
DBS Live More Society
Usia simpan: hingga 2 tahun
Cara menyimpan: dalam wadah tertutup rapat

Jangan lupa menyimpan jenis dendeng yang berbeda di wadah yang berbeda agar aroma dan cita rasanya tidak saling bercampur. Segera buang dendeng yang terlihat diselimuti oleh lapisan putih atau menguarkan aroma tidak sedap. Ini  menunjukkan bahwa dendeng telah berjamur sehingga tidak lagi layak untuk dikonsumsi.

8. Kentang
DBS Live More Society
Usia simpan: 2 hingga 5 minggu
Cara menyimpan: di tempat yang sejuk, kering, gelap

Kentang putih atau yang berwarna cokelat muda dan berukuran lebih besar dapat bertahan selama 3 hingga 5 minggu. Ubi jalar memiliki umur simpan yang hampir sama. Namun, jangan menyimpannya di samping bawang, karena keduanya mungkin cocok saat dimasak, tetapi saat mentah, masing-masing akan mengeluarkan gas dan kelembapan yang dapat menyebabkan mereka rusak lebih cepat.

Belum punya bahan pangan atau makanan dari daftar di atas? Tenaaang, segera penuhi stok makanan di dapur sambil duduk santai di atas sofa. Caranya, dengan berbelanja di aplikasi Pasarnow dan dapatkan promonya menggunakan Kartu Kredit Digibank by DBS. Simak cara lengkapnya di sini.-

DBS Live More Society
DBS Live More SocietyDBS Live More SocietyDBS Live More SocietyDBS Live More Society

More #LiveSmarter Articles

Cek Artikel lainnya
Anti Ribet, Ini Cara Lapor Pajak Secara Online
#LiveSmarter6 Maret 2020

Anti Ribet, Ini Cara Lapor Pajak Secara Online

Tak terasa, kita sudah harus kembali mengisi Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) pajak penghasilan per orangan. Wajib diketahui bahwa akhir pelaporan surat akan berakhir pada 31 Maret 2020.

Read more
Terinspirasi Dari Cashless Society, GoPay Paparkan Strateginya
#LiveSmarter2 Maret 2020

Terinspirasi Dari Cashless Society, GoPay Paparkan Strateginya

Berkat kecanggihan teknologi, kini transaksi keuangan semakin dimudahkan. Salah satu nama besar yang sukses menerapkan kebiasaan ini adalah GoPay.

Read more
Tahun Baru, Kerjaan Baru. Ini Caranya Biar CV Kamu Dilirik
#LiveSmarter3 Februari 2020

Tahun Baru, Kerjaan Baru. Ini Caranya Biar CV Kamu Dilirik

Momen awal tahun biasanya jadi waktu yang tepat untuk melamar pekerjaan. Nah, siapa tahu kamu akhirnya bisa diterima di kantor impian. Caranya tentu dengan melampirkan CV yang baik dan menarik.

Read more