Dapatkan informasi seputar aktivitas dan penawaran menarik dari PT Bank DBS Indonesia, dengan mengisi form di bawah ini:
DBS Live More Society
DBS Live More Society
#LivemoreKind

Cegah Flu dan Depresi, 6 Manfaat Merawat Tanaman Di Rumah

By Admin, 26 Oktober 2020 #LivemoreKind

DBS Live More Society

Karena bercocok tanam seharusnya bukan karena tren atau sekadar aestetik.

Sejak pandemi berkepanjangan, banyak orang membeli tanaman hias untuk mempercantik tempat tinggal. Harga tanaman tertentu pun meroket naik. Janda bolong atau monstera adansonii sekarang harganya tiga kali lipat dari masa sebelum pandemi. Tapi sejujurnya kegiatan bercocok tanam di rumah seharusnya bukan cuma karena ngetren. Riset membuktikan tanaman di rumah membawa manfaat yang sangat baik buat kesehatan mental maupun fisik. Ini dia buktinya:

  1. Menambah Asupan Oksigen
    DBS Live More Society
    Seperti yang kita ketahui saat siang hari, tanaman melakukan proses fotosintesis. Yaitu mengeluarkan oksigen dan menyerap karbondioksida. Sehingga tanaman bisa jadi BFF yang membantu kita menghirup oksigen lebih banyak.
    Di malam hari saat proses fotosintesis berhenti, kebanyakan tanaman akan menyerap oksigen dan mengeluarkan karbondioksida. Tapi ada sebagian tanaman yang tidak melakukan mekanisme tersebut di malam hari. Seperti anggrek, succulent dan epiphytic bromeliads. Artinya, coba taruh tanaman ini di dalam kamar untuk menyuplai kadar oksigen di malam hari.

  2. Mencegah Penyakit
    DBS Live More Society
    Di lingkungan luar, akar tanaman akan mencari air dalam tanah yang kemudian menguap melalui daun. Penguapan ini termasuk dalam 10% dari kelembaban di atmosfer bumi. Makanya tanaman dalam rumah akan meningkatkan kelembaban ruangan. Studi yang dilakukan oleh Agricultural University of Norway membuktikan bahwa kelembaban karena tanaman dalam rumah akan mengurangi risiko kulit kering, demam, tenggorokan kering dan batuk kering. Penelitian lain di Imperial College London juga membuktikan kelembaban tersebut akan mengurangi risiko penularan virus flu. Penting banget, nih, di era pandemi!

  3. Membersihkan Udara
    DBS Live More Society
    Bertahun-bertahun NASA melakukan penelitian tentang kualitas udara dalam lingkungan tertutup. Mereka menemukan tanaman memegang peranan penting dalam memperbaiki kualitas udara dalam ruangan. Daun dan akar akan menghilangkan jejak racun yang terperangkap dalam ruangan. “Zat kimia seperti karbon monoksida dan formaldehyde dalam kadar rendah dapat dihilangkan hanya oleh tanaman dalam ruangan,” tulis penelitian ini.
    Menurut NASA, tanaman terbaik untuk menghilangkan zat polutan dalam ruangan adalah:
    • Peace lily (Spathiphyllum wallisii)
    • Golden pothos (Scindapsus aures)
    • English ivy (Hedera helix)
    • Chrysanthemum (Chrysantheium morifolium)
    • Gerbera daisy (Gerbera jamesonii)
    • Lidah mertua (Sansevieria trifasciata 'Laurentii')
    • Bamboo palm (Chamaedorea sefritzii)
    • Azalea (Rhododendron simsii)
    • Red-edge dracaena (Dracaena marginata)
    • Spider plant atau lili paris (Chlorophytum comosum)

  4. Mempercepat Penyembuhan
    DBS Live More Society
    Ternyata memberikan bunga kepada pasien di rumah sakit itu enggak cuma sekadar hiasan. Riset yang dilakukan Kansas State University menemukan pasien yang memandangi tanaman selama proses penyembuhan dari operasi akan mengalami kemajuan respon fisiologis yang lebih baik dibanding pasien tanpa tanaman dalam kamarnya. Kemajuan respon fisiologis ini ditandai dengan tekanan darah systolic lebih rendah dan persepsi sakit, cemas serta lelah juga berkurang. Terapi hortikultura adalah bentuk terapi di mana pasien diberikan tugas merawat tanaman. Terapi ini juga sudah terbukti mempercepat proses penyembuhan setelah prosedur medis.

  5. Produktif Bekerja
    DBS Live More Society
    Konsep ‘under the influence of plants’ ditemukan oleh tim peneliti dari University of Michigan. Karena tanaman dapat meningkatkan daya ingat sampai 20%. Negara Norwedia juga pernah melakukan penelitian bahwa produktifitas pekerja semakin tinggi dengan adanya tanaman di dalam kantor. “Performa kerja di ruangan dengan tanaman biasanya lebih tinggi secara kualitas dibanding ruangan tanpa tanaman,” ungkap penelitian tersebut.

  6. Meningkatkan Kebahagiaan
    DBS Live More Society
    Tingkat stres atau depresi bisa dicegah atau dikurangi dengan kehadiran bunga dalam rumah. Berbagai riset menemukan kecantikan natural yang dipancarkan oleh tanaman berbunga dapat menenangkan kita. Mereka yang menyimpan bunga dalam rumah cenderung merasa lebih bahagia dan rileks.-

Setelah baca enam manfaat tanaman dalam rumah yang berbasis sains, saatnya kita melengkapi perlengkapan bercocok tanam. Cari koleksinya di Blibli.com sambil menikmati diskon Rp 100.000 setiap hari Rabu. Gunakan kartu kredit atau debit Digibank dengan logo VISA untuk mendapatkan diskon tersebut. Jadikan tempat tinggal kita urban jungle yang bikin sehat dan bahagia!

DBS Live More Society
>
DBS Live More SocietyDBS Live More SocietyDBS Live More SocietyDBS Live More Society

More #LiveSmarter Articles

Cek Artikel lainnya
Anti Ribet, Ini Cara Lapor Pajak Secara Online
#LiveSmarter6 Maret 2020

Anti Ribet, Ini Cara Lapor Pajak Secara Online

Tak terasa, kita sudah harus kembali mengisi Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) pajak penghasilan per orangan. Wajib diketahui bahwa akhir pelaporan surat akan berakhir pada 31 Maret 2020.

Read more
Terinspirasi Dari Cashless Society, GoPay Paparkan Strateginya
#LiveSmarter2 Maret 2020

Terinspirasi Dari Cashless Society, GoPay Paparkan Strateginya

Berkat kecanggihan teknologi, kini transaksi keuangan semakin dimudahkan. Salah satu nama besar yang sukses menerapkan kebiasaan ini adalah GoPay.

Read more
Tahun Baru, Kerjaan Baru. Ini Caranya Biar CV Kamu Dilirik
#LiveSmarter3 Februari 2020

Tahun Baru, Kerjaan Baru. Ini Caranya Biar CV Kamu Dilirik

Momen awal tahun biasanya jadi waktu yang tepat untuk melamar pekerjaan. Nah, siapa tahu kamu akhirnya bisa diterima di kantor impian. Caranya tentu dengan melampirkan CV yang baik dan menarik.

Read more