Dapatkan informasi seputar aktivitas dan penawaran menarik dari PT Bank DBS Indonesia, dengan mengisi form di bawah ini:
DBS Live More Society
DBS Live More Society
#LivemoreKind

6 Cara Menyelamatkan Dunia Sambil Rebahan di Sofa

By Admin, 02 April 2020#LivemoreKind

DBS Live More Society

Setiap manusia di bumi, bahkan orang yang paling mager pun bisa menyelamatkan dunia.

Ayo, kita akhiri kemiskinan, memerangi ketidaksetaraan dan ketidakadilan, juga lawan krisis iklim! Whoa, whoa, whoa. Kok berat amat? Itu, sih, urusannya pemerintah, organisasi internasional, dan pemimpin dunia. Kayaknya mustahil, deh, kita bisa menyelamatkan dunia. Apa mending nyerah saja dan lanjutkan nonton Neflix and chill? Jangaaan! Percaya, deh, kalau mengubah dunia jadi lebih baik bisa dimulai dari kita, si pemalas yang hobi rebahan dan anti-mandi-mandi-club.

Kalau enggak tahu mau mulai dari mana, kita bisa contek The UN’s Lazy Person’s Guide To Saving The World. Panduan bagi si pemalas untuk menyelamatkan dunia ini dibuat oleh United Nations alias PBB (Persatuan Bangsa-Bangsa) dan bikin kita paham kalau tidak harus jadi perusahaan multinasional atau negara seperti Swedia untuk membuat perubahan di dunia. Bahkan tindakan terkecil pun dapat membuat dampak besar — dan yang harus kita lakukan adalah melakukannya dengan cara kita sendiri.

The UnNs Lazy Person’s Guide To Saving The World ini dibagi menjadi tiga tingkat yang berbeda. Dimulai dari hal-hal yang bisa kita kerjakan sambil nyantai di sofa, sembari beraktivitas di dalam rumah, hingga yang dapat kita lakukan waktu lagi keluar rumah. Nah, buat kaum rebahan, sepertinya paling cocok mencontek panduan yang bisa dilakukan sambil nyender di sofa.

Ada beberapa hal super mudah yang bisa kita adopsi ke dalam rutinitas, seperti di bawah ini. Daaan, kalau kita semua melakukannya, akan membuat perbedaan besar di dunia. Kaum rebahan mari bersatu!

#1 Matikan lampu
DBS Live More Society
Matikan lampu kalau sedang tak digunakan atau masih ada cahaya matahari yang dapat menerangi rumah. Kalau kita lagi menyalakan TV, atau benda elektronik lainnya seperti laptop dan komputer, layarnya akan mengeluarkan cahaya juga. Jadi, enggak perlu menyalakan lampu, deh.

#2 Bagikan hal baik
DBS Live More Society
Kalau kita melihat sebuah posting-an di media sosial atau informasi menarik tentang hak-hak perempuan atau perubahan iklim dari suatu website, bagikan ke mana saja sehingga orang-orang di lingkaran kita bisa mengetahuinya juga. Tapiii, pastikan kalau informasi yang kita bagi itu jelas sumbernya dan terjamin kebenarannya, ya. Jangan sampai, deh, kita ikutan menyebarkan hoax.

#3 Laporkan!
DBS Live More Society
Nah, kalau kita sudah berbagi hal baik yang jelas sumbernya, pastikan juga kita menghentikan penyebaran informasi yang tidak benar. Report spam and online bullies! Tandai juga berbagai aktivitas yang mencurigakan di media sosial atau aplikasi messenger. Pastikan internet aman untuk semua orang.


#4 Hemat listrik
DBS Live More Society
Dengan menggunakan terminal listrik yang memiliki tombol On dan Off-nya di rumah, percaya atau enggak, ini bisa menghemat listrik kita. Setiap selesai menggunakan alat elektronik, enggak perlu repot-repot cabut. Cukup tekan tombol Off saja di terminal listrik. Sepele, tapi ternyata bisa berpengaruh pada dunia, dan tentunya sama tagihan listrik kita. Coba, deh, rasakan penghematannya ketika mau bayar tagihan listrik bulan depan.

#5 Donasi online
DBS Live More Society
Sambil rebahan di sofa kesayangan, kita bisa dengan mudah membantu menyelesaikan masalah orang lain. Mulai dari bantu sesama yang lagi butuh biaya perawatan rumah sakit anaknya, bantu korban bencana alam, hingga menyumbang untuk pembangunan rumah ibadah atau sekolah, bisa kita lakukan lewat aplikasi/website penggalangan dana. Orang malas bisa juga jadi orang baik di waktu yang bersamaan. Asyik, kan?!

#6 Berhenti belanja yang enggak perlu
DBS Live More Society
Kalau lagi nyantai di sofa, selain nonton, biasanya kita juga lihat-lihat marketplace atau aplikasi pesan makan online. Nah, gara-gara ini, sesuatu yang tadinya enggak butuh bisa saja jadi terasa perlu, karena lapar mata misalnya. Atau, lagi diskon dan dapat cashback. Mulai sekarang, stop lakukan ini. Belilah sesuatu yang benar-benar kita butuhkan, atau secukupnya. Karena apapun yang kita beli akan ada dampaknya pada pada bumi. Contohnya, beli baju baru akan berujung menambah jumlah sampah di lingkungan sekitar kita.

Ketika lagi jalan-jalan keluar, kaum rebahan bisa menyelamatkan bumi dengan bawa wadah makan atau minuman sendiri supaya enggak perlu pakai styrofoam atau plastik. Sampah kita pun jadi berkurang. Kebetulan banget, kita bisa dapat satu buah hadiah wadah dari Lock&Lock setiap berbelanja di AEON Store BSD dan JGC dengan menggunakan kartu kredit Digibank by DBS. Syarat dan ketentuan bisa dicek di sini, ya.

Nah, kalau sudah berbuat baik dari kursi malas kita, waktunya menghibur diri lagi. Boleh juga tonton serial atau film yang menginspirasi. Seperti mini-series berjudul Sparks. Mini seri yang tayang di kanal digital ini merupakan bentuk komitmen Bank DBS dalam meningkatkan agenda pembangunan berkelanjutan sebagai fokus dan tujuan bank.

Menariknya, serial bertema everyday heroes for a better world ini diilhami oleh kisah nyata. Di episode keenam Sparks, para bankir memulai perjalanan yang luar biasa. Mereka tertantang oleh suatu tradisi dan berupaya untuk mengubah masa depan sebuah desa. Kira-kira mereka gagal apa berhasil, ya? Cari tahu jawabannya di sini.

DBS Live More SocietyDBS Live More SocietyDBS Live More SocietyDBS Live More Society

More #LiveSmarter Articles

Cek Artikel lainnya
Anti Ribet, Ini Cara Lapor Pajak Secara Online
#LiveSmarter6 Maret 2020

Anti Ribet, Ini Cara Lapor Pajak Secara Online

Tak terasa, kita sudah harus kembali mengisi Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) pajak penghasilan per orangan. Wajib diketahui bahwa akhir pelaporan surat akan berakhir pada 31 Maret 2020.

Read more
Terinspirasi Dari Cashless Society, GoPay Paparkan Strateginya
#LiveSmarter2 Maret 2020

Terinspirasi Dari Cashless Society, GoPay Paparkan Strateginya

Berkat kecanggihan teknologi, kini transaksi keuangan semakin dimudahkan. Salah satu nama besar yang sukses menerapkan kebiasaan ini adalah GoPay.

Read more
Tahun Baru, Kerjaan Baru. Ini Caranya Biar CV Kamu Dilirik
#LiveSmarter3 Februari 2020

Tahun Baru, Kerjaan Baru. Ini Caranya Biar CV Kamu Dilirik

Momen awal tahun biasanya jadi waktu yang tepat untuk melamar pekerjaan. Nah, siapa tahu kamu akhirnya bisa diterima di kantor impian. Caranya tentu dengan melampirkan CV yang baik dan menarik.

Read more