Dapatkan informasi seputar aktivitas dan penawaran menarik dari PT Bank DBS Indonesia, dengan mengisi form di bawah ini:
DBS Live More Society

DBS Live More Society

#LiveAwesome

Fikamusofi Ikigai: Seni Hidup Berbahagia dan Bergembira

By Admin, 14 Desember 2022 #LiveAwesome

DBS Live More Society

Rutinitas yang itu-itu aja tiap hari kadang bisa bikin jenuh dan ngerasa “stuck”. Gimana ya cara bisa bahagia di tengah rutinitas yang bosenin? Jawabannya, Ikigai! -

Kita pasti nggak bisa lari dari yang namanya rutinitas. Ada yang kesehariannya kerja dari jam 9 pagi sampe jam 5 sore, ada yang kuliah dan berorganisasi, dan masih banyak yang lain. Nah karena terlalu sering menjalani rutinitas yang berulang, lama-lama bikin jenuh dan kadang kehilangan motivasi diri. Well, ada prinsip hidup dari Jepang yang bakal bantu kamu ngelawan kejenuhan itu dan justru bikin kamu bisa bahagia ngelakuinnya, namanya Ikigai! Simak terus artikel ini ya!

 Kenalan dulu sama Ikigai!

DBS Live More Society

Ikigai adalah istilah yang diambil dari Bahasa Jepang, yang artinya “alasan untuk hidup”.Secara simpelnya, Ikigai adalah prinsip yang membantu hidup kamu jadi lebih bermakna, bermanfaat, dan seimbang biar kamu bisa meraih arti kebahagiaan sejati dalam hidup kamu.

Ketika kamu udah menemukan Ikigai, kamu bakal lebih semangat dan termotivasi untuk menjalankan rutinitas kamu, karena kamu menganggapnya itu adalah sesuatu yang bermakna. Hal tersebut terjadi karena kamu paham alasan kamu ngelakuin suatu kegiatan, apa tujuannya, dan kenapa hal tersebut memberi makna yang penuh dalam kehidupan kamu. .

Yuk Temuin Ikigai Hidup Kamu!

DBS Live More Society

Biar kamu nemuin Ikigai dalam hidup, pertama-tama kamu jawab dulu dan seiimbangkan empat aspek di bawah ini:

1. Apakah kamu udah mengerjakan hal yang kamu sukai dan cintai?
2. Apakah kamu udah mengerjakan hal yang kamu kuasai?
3. Apakah kamu udah mengerjakan hal yang bermanfaat bagi banyak orang?
4. Apakah kamu udah mengerjakan hal dengan bayaran yang sesuai?

Nah, dari empat aspek tersebut bakal terbentuk diagram kayak gini:

DBS Live More Society

Dari 4 aspek Ikigai di atas, terbentuklah irisan fase-fase yang harus kamu sadari, kayak gini:

#1 Mission
Irisan pertama ini diartikan ketika kamu lagi ada di fase ngelakuin suatu hal yang kamu suka dan bermanfaat bagi orang lain. Nah, tapi di sini kamu nggak ngelakuin hal yang kamu kuasai dan nggak dapet rewards yang sesuai sama apa yang udah kamu lakuin.

#2 Vocation
Nah kalo yang ini, kamu lagi ada di fase ngelakuin sesuatu yang bermanfaat bagi orang lain dan kamu dibayar secara fair buat ngelakuin hal tersebut. Bedanya sama yang pertama, di sini kamu ngelakuin hal sebenarnya kurang kamu sukai dan nggak terlalu menguasai bidang itu.

#3 Profession
Di irisan ketiga ini kamu ngelakuin hal yang kamu kuasai, dan dibayar untuk ngelakuin hal tersebut. Nah enggak enaknya adalah kamu melakukan sesuatu yang gak kamu sukai dan mungkin kurang memberi manfaat bagi orang lain.

#4 Passion
Irisan terakhir ini kamu ada di fase ngelakuin hal yang kamu suka dan kuasai. Nah, di sini kamu bener-bener ngelakuin apa yang sebetulnya kamu idam-idamkan tapi mungkin kamu nggak dapet bayaran yang sesuai dan pekerjaan ini dirasa kurang memberi manfaat bagi orang lain.

Ini Cara Mencapai Keempat Aspek Ikigai!

DBS Live More Society

Hmmm… terus apakah bisa mencapai keempat aspek Ikigai kayak yang disebutin di atas tadi? Tentu bisa dong! Ini caranya:

  1. Temukan dan Yakini Tujuan Hidup Kamu
    Aspek utama dalam mencapai IKIGAI adalah menemukan tujuan dari setiap hal yang kamu lakukan. Kenapa penting? Supaya kamu jadi termotivasi dan serius mencapai tujuan yang kamu inginkan. Caranya bisa dengan refleksi diri sendiri, punya tekad kuat buat ngelakuin perubahan, atau hal personal.
  2. Jangan Kebanyakan Mikir, Mulai Aja Dulu!
    Setelah tau apa yang jadi tujuan hidup kamu, saatnya bergerak dan lakuin, bahkan kalau sekalipun itu hal baru yang belum pernah kamu coba. Pelan tapi pasti, kamu bakal ngerasa ada perubahan di hidup kamu
  3. Sharing dengan Orang yang Tujuannya Sama kayak Kamu
    Kamu bisa banget ngobrol sama orang-orang yang punya passion dan tujuan yang sama kayak kamu. Dengan sharing, kamu bisa belajar dari pengalaman yang pernah mereka alami dan bisa memperluas pandangan kamu tentang tujuan yang lagi pengen kamu capai.
  4. Rintangan itu Wajar, Asalkan Jangan Berhenti
    Dalam proses mencapai IKIGAI, kamu butuh proses yang cukup lama dan tekad yang kuat buat mencapainya. Terkadang ada hambatan dan rintangan yang nggak bisa dihindari. Nah, makanya kamu harus sadar kalau rintangan itu wajar kok.

Perlu diinget, proses mencapai Ikigai itu butuh kesabaran dan tekad kuat. Kalau kamu berhasil mencapai semua aspek Ikigai, jangan lupa kasih reward ke diri kamu sendiri atas jerih payahnya, misalkan beli HP keluaran terbaru. DBS Bank punya promo menarik cicilan 0% hingga 12 bulan dari Global Teleshop. Tertarik? Klik linknya di sini ya!-

DBS Live More Society
DBS Live More SocietyDBS Live More SocietyDBS Live More SocietyDBS Live More Society

More #LiveSmarter Articles

Cek Artikel lainnya
Anti Ribet, Ini Cara Lapor Pajak Secara Online
#LiveSmarter6 Maret 2020

Anti Ribet, Ini Cara Lapor Pajak Secara Online

Tak terasa, kita sudah harus kembali mengisi Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) pajak penghasilan per orangan. Wajib diketahui bahwa akhir pelaporan surat akan berakhir pada 31 Maret 2020.

Read more
Terinspirasi Dari Cashless Society, GoPay Paparkan Strateginya
#LiveSmarter2 Maret 2020

Terinspirasi Dari Cashless Society, GoPay Paparkan Strateginya

Berkat kecanggihan teknologi, kini transaksi keuangan semakin dimudahkan. Salah satu nama besar yang sukses menerapkan kebiasaan ini adalah GoPay.

Read more
Tahun Baru, Kerjaan Baru. Ini Caranya Biar CV Kamu Dilirik
#LiveSmarter3 Februari 2020

Tahun Baru, Kerjaan Baru. Ini Caranya Biar CV Kamu Dilirik

Momen awal tahun biasanya jadi waktu yang tepat untuk melamar pekerjaan. Nah, siapa tahu kamu akhirnya bisa diterima di kantor impian. Caranya tentu dengan melampirkan CV yang baik dan menarik.

Read more