Dapatkan informasi seputar aktivitas dan penawaran menarik dari PT Bank DBS Indonesia, dengan mengisi form di bawah ini:
DBS Live More Society

DBS Live More Society

#LiveAwesome

Cuap-Cuap Jadi Cuan? Ini Tips Sukses nge-Podcast!

By Admin, 28 Juli 2022 #LiveAwesome

DBS Live More Society

Podcast lagi digandrungi banget nih, dari topik hiburan sampai kesehatan juga ada! Kamu pengen nyebur bikin podcast juga tapi bingung mesti gimana? Simak artikel ini ya!-

Beberapa tahun terakhir, podcast jadi salah satu jenis konten yang semakin populer untuk berbagai tujuan. Selain banyak topik yang menarik, podcast bisa dinikmati di mana pun dan kapan pun. Kamu bisa dengerin sambil nyantai, bisa juga jadi pengantar tidur, bahkan bisa didengerin pas kamu lagi galau. Seru banget ya!

Semua orang bisa kok bikin podcast yang seru dan enak didengar. Kamu pun juga bisa bikin yang sesuai dengan minat kamu. Yuk kenalan dan simak tips jitu biar podcast pertama kamu langsung eksis dan banyak didengar. Cekidot!

Apa sih Bedanya Podcast dan Radio?

DBS Live More Society

Podcast adalah siaran berupa rekaman suara dari host (orang yang berbicara dalam podcast) yang membahas topik tertentu. Tau nggak sih, ada 2 pengertian soal podcast. Ada yang beranggapan kalau podcast itu adalah sambungan dari “iPod” dan “broadcast” karena awalnya siaran audio ini hanya tersedia untuk pengguna iPod aja. Namun ada yang bilang kata “pod” nya berarti “play on demand”.

Nah, bedanya sama radio apa dong? Podcast itu bisa diputar kapan pun sama pendengarnya, kalau radio cuma bisa diatur oleh penyiar.

Kamu Mau Mulai Bikin Podcast? Nih Tipsnya!

DBS Live More Society

Biar nggak bingung harus mulai dari mana, nih langkah-langkah yang harus kamu siapin saat mulai podcast pertamamu!
#1 Tentukan judul dan siapa pendengar podcast kamu
Pertama bikin judul acara podcast yang ingin kamu buat, dan siapa spesifik pendengar kamu karena ini bakal menentukan gaya bicara, orientasi konten, dan cara penyampaian informasi dalam podcast nantinya.

#2 Ciptain ciri khas kamu
Kamu bisa memulai dengan membuat logo, slogan opening, instrumen intro, dan gaya desain cover podcast yang konsisten.

#3 Buat skrip siaran podcast
Kamu bisa membuat skrip narasi yang lengkap, kemudian sambil berlatih untuk berimprovisasi sedikit-sedikit saat proses recording.

#4 Rekam suara dan edit sampai bagus
Untuk permulaan, kalau kamu belum punya alat-alat rekam yang mahal, kamu bisa rekam pakai handphone atau laptop dan earphone lho! Pastiin jarak antara mulut dan speaker jangan terlalu dekat ya biar jernih dan nggak ada noise pada hasil rekaman.Setelah selesai direkam, kamu perlu mengedit bagian-bagian tertentu biar terdengar lebih mulus. Jangan lupa ya tambahin pula slogan opening dan backsound yang bebas copyright.

#5 Pilih platform untuk upload podcast
Hal terakhir yang harus kamu lakukan adalah memilih platform untuk mengunggah podcast yang telah dibuat. Kamu bisa menggunakan Spotify, Anchor, atau Google Podcast.

Kalau kamu udah ngelakuin tips secara lengkap, langkah berikutnya yaitu konsisten bikin konten! Setelah kamu konsisten upload, nanti akan banyak pendengar yang dengerin podcast kamu! Setelah itu baru deh, nyari cara biar podcast kamu menghasilkan uang. Nih liat caranya di bawah!

Cara Dapet Cuan Dari Podcast Kamu!

DBS Live More Society
  • Jalin Sponsorship
    Ketika podcast udah banyak didengar, coba deh tawarin program bersponsor atau sponsorship pada bisnis atau brand tertentu. Jangan terburu-buru menetapkan tarif yang tinggi, biarlah tarif kamu berkembang secara perlahan. Selain itu, penting juga untuk memilih produk/jasa yang relevan sama pendengar kamu.

  • Jual Konten Premium
    Kalau podcast kamu udah punya banyak fans garis keras, apapun konten yang kamu bikin, pasti dikonsumsi sama pendengar kamu. Nah disitu kamu bisa bikin konten premium atau ekslusif yang mana para pendengar kamu harus bayar lebih untuk aksesnya. Misalnya kamu bikin konten story-telling tentang keseharian kamu.

  • Program afiliasiKamu juga bisa mereferensikan barang atau jasa agar pendengar kamu ikutan beli. Kamu bakal dapet komisi dari setiap hasil barang atau jasa yang terjual.

Udah paham kan gimana seluk-beluk dunia per-podcast-an? Langsung deh buruan bikin podcast kamu sendiri dan hasilin cuan dari situ. Kan enak tuh kalau kamu bisa punya penghasilan tanpa harus ke kantor, apalagi dari hal yang kamu suka. Dari hasil podcast yang kamu dapet, bisa kamu pakai juga buat jalan-jalan, lho! Ngomongin soal jalan-jalan, DBS Bank punya promo spesial Visa Offer in South Korea. Hemat hingga 20% + Gratis Hadiah Eksklusif dengan Kartu Kredit digibank Visa di Korea Selatan. Selengkapnya cek di sini ya!-

 

DBS Live More Society
DBS Live More SocietyDBS Live More SocietyDBS Live More SocietyDBS Live More Society

More #LiveSmarter Articles

Cek Artikel lainnya
Anti Ribet, Ini Cara Lapor Pajak Secara Online
#LiveSmarter6 Maret 2020

Anti Ribet, Ini Cara Lapor Pajak Secara Online

Tak terasa, kita sudah harus kembali mengisi Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) pajak penghasilan per orangan. Wajib diketahui bahwa akhir pelaporan surat akan berakhir pada 31 Maret 2020.

Read more
Terinspirasi Dari Cashless Society, GoPay Paparkan Strateginya
#LiveSmarter2 Maret 2020

Terinspirasi Dari Cashless Society, GoPay Paparkan Strateginya

Berkat kecanggihan teknologi, kini transaksi keuangan semakin dimudahkan. Salah satu nama besar yang sukses menerapkan kebiasaan ini adalah GoPay.

Read more
Tahun Baru, Kerjaan Baru. Ini Caranya Biar CV Kamu Dilirik
#LiveSmarter3 Februari 2020

Tahun Baru, Kerjaan Baru. Ini Caranya Biar CV Kamu Dilirik

Momen awal tahun biasanya jadi waktu yang tepat untuk melamar pekerjaan. Nah, siapa tahu kamu akhirnya bisa diterima di kantor impian. Caranya tentu dengan melampirkan CV yang baik dan menarik.

Read more