Dapatkan informasi seputar aktivitas dan penawaran menarik dari PT Bank DBS Indonesia, dengan mengisi form di bawah ini:
DBS Live More Society

DBS Live More Society

#LiveAwesome

7 Akun Upcycling Fashion Yang Wajib Di-Follow, Bikin Makin Kreatif

By Admin, 14 Maret 2022 #LiveAwesome

DBS Live More Society

Cukup mengikuti tujuh pembuat perubahan ini, sampah berkurang, gaya pun jadi auto-keren.-

Sebagian dari kita mungkin sudah paham kalau industri fashion merupakan salah satu ‘penyumbang’ kerusakan lingkungan. Menurut laporan International Union for Conservation of Nature tahun 2017, tekstil akan menjadi sumber polusi mikroplastik laut terbesar di dunia. Begitu juga temuan dari Changing Markets Foundation yang dirilis pada Juni 2021, yang menyatakan, kalau industri pakaian bertanggung jawab atas lebih dari 20% polusi air di dunia. Itulah kenapa gaya hidup berkelanjutan mulai dipraktikkan oleh banyak penduduk bumi yang peduli pada kelestarian planetnya, salah satunya melalui cara mereka berpakaian.

Untuk menghindari sikap konsumerisme, mereka membeli pakaian second di thrift store, dan melakukan upcycling yang beberapa tahun belakangan inilagi hype. Upcyling adalah proses menciptakan sesuatu dari benda lama, usang, atau rusak secara kreatif sehingga menjadi sebuah karya baru yang memiliki nilai plus dan unik. Yang lebih penting, upcycling bisa jadi langkah untuk mengurangi kerusakan lingkungan dan memutus siklus pengulangan sampah.

Buat yang enggak merasa kreatif atau minim ide, upcycling mungkin merupakan hal yang mustahil untuk dilakukan. Gimana caranya, ya? Kabar baiknya, ada banyak anak muda inspiratif dan kreatif di luar sana. Mereka bekerja keras di ‘studio’ dan memberikan ide kreasi upcycling mereka ke kita dengan gratis. Yuk, kenalan sama mereka!

Baca Juga: Tak Kalah Sama Produk Luar, Ini 8 Rekomendasi Brand Sneakers Lokal

#1 Putri Samboda (@putrisamboda)
DBS Live More Society
DBS Live More Society
DBS Live More Society
Makanan dan fashion adalah dua hal kesukaan Putri, yang menginspirasinya dalam upcycling. Melihat Feed akun Instagram-nya terasa sensasi yang sama seperti sedang masuk ke dalam Willy Wonka Chocolate Factory. Hasil kreasi Putri sungguh inspiratif dan berwarna.Fashion influencer asal Yogyakarta ini mulai rutin berkarya dengan barang-barang yang dianggap sampah oleh kebanyakan orang menjadi pakaian super-keren sejak tahun 2018. Tapi, sempat berhenti, dan baru mulai lagi saat pandemi tahun 2020 lalu.

Mulai dari bucket hat dari kantung plastik, daster lama yang diubah jadi tube top, jaket dari karung tepung, sepatu dari kemasan fast food, sampai fringe bag berbahan kemoceng. Beberapa kreasinya yang viral di medsos adalah upcycling produk fesyen berbahan bungkus mie instan. Ada yang bentuknya skirt, celana, bomber jacket, masker, topi, dan tas mini.

Pada Vice Indonesia, Putri mengatakan, kalau upcycling ini hanya sebagai penyaluran kreativitasnya saja, plus mendorong perubahan yang lebih baik bagi lingkungan. “Sekarang mungkin ongkos menghasilkan satu produk upcycling bahkan bisa lebih mahal dari membeli fast fashion. Tapi, ini hanya satu dari sekian cara, atau sebutlah ajakan, agar lebih banyak lagi yang terlibat dalam gerakan fashion yang berkelanjutan,” ungkap perempuan yang sekarang tinggal di Washington DC ini pada Vice.

#2 Kinsu Atelier (@kinsu_atelier)
DBS Live More Society
DBS Live More Society
Penggemar pakaian berbahan denim, harus banget follow Kinsu, nih! Kinsu adalah upcycler denim luar biasa keren yang tinggal di Montreal, Kanada. Ia akan membantu kita memanfaatkan kembali jeans dan apa pun berbahan denim milik kita yang sudah usang jadi baru lagi. Karyanya yang terfavorit adalah tote bag dari celana jeans bekas.

#3 Brittni Mehlhoff (@paperandstitch)
DBS Live More Society
DBS Live More Society
Melihat karya-karya upcycling Brittni bisa banget membuat mood jadi bagus, dan warna-warni kreasinya bikin kita jadi ingin berkreasi dengan apa saja yang ada di rumah. Enggak ada lagi alasan beli barang baru selama bisa belajar dari Brittni untuk meng-upgrade perabotan rumah dan pakaian anak jadi sesuatu yang berharga, termasuk kotak perhiasan bergaya gnome, DIY fabric bowl, dan kostum buat si kecil.

#4 Daniela (@curlymade, www.curlymade.pt)
DBS Live More Society
DBS Live More Society
Penggemar aksesori pasti bakalan suka sama karya upcyling dari desainer dan crafter asal Portugal ini. Apalagi kalau yang hobi menjahit dan sering enggak tega membuang bahan-bahan sisa, mungkin bisa membuat draped bow scrunchies yang menggemaskan. Atau, kepingin punya simple dress manis dari dua kaus cowok berukuran XXL? Bisa juga. Kalau lihat gelang dan anting keren, plus reusable pad lucu juga dibuat oleh Daniela, dan kita bisa belajar darinya dengan mudah.

#5 Diana Rikasari (@dianarikasari)
DBS Live More Society
DBS Live More Society
DBS Live More Society
Ini dia salah satu desainer tanah air yang fokus pada fashion berkelanjutan dengan membuat kreasi upcycling pakaian. Di sebuah talkshow tahun 2020, Diana bercerita kalau ia merasa takut melihat dampak fast fashion pada lingkungan setelah bersekolah dan berkarier di Swiss. Di sana, penduduknya telah membudayakan eco living dan fashion berkelanjutan, itulah yang kemudian mendorongnya untuk fokus melakukan upcycling.

Di akun Instagram-nya, kita bisa lihat ide Diana yang unik, playful, dan colorful. Kita akan dibikin gemas sama kaus kaki lucu yang terbuat dari kaus kaki lama nan belel dan benda-benda di sekitar rumah. Baju lama pun bisa disulap jadi skirt cantik sama Diana, sampai batik kuno berubah pop-up dress. Gemas sekali!

#6 Geneva Vanderzeil (@genevavanderzeil, collectivegen.com)
DBS Live More Society
DBS Live More Society
DBS Live More Society
DIY (do-it-yourself) enthusiast pasti sudah enggak asing lagi dengan nama ini. Geneva adalah pemilik website gaya hidup yang fokus dengan DIY project terpopuler di dunia. Ia juga sudah menulis dua buku bertema upcyling fashion dan dekorasi rumah, lho. Rasanya Geneva seperti tak bisa berhenti kreatif, deh. Selalu ada saja karya-karya upcyling-nya yang memukau.

#7 Tiffany Michey (@tiffanymichey)
DBS Live More Society
DBS Live More Society
DBS Live More Society
Bloggerdan Youtuber ini mengaku kalau ia sudah tiga tahun enggak belanja baju baru. Wow! Sebaliknya, Tiffany sering berbelanja barang bekas dan mendesain ulang barang-barang itu menjadi pakaian yang so stylish. Di akun Instagram-nya, ia menunjukkan cara membuatnya dengan tutorial yang gampang diikuti. Coba, yuk!

Gaya hidup Tiffany yang ramah lingkungan ini patut kita tiru, nih. Lebih baik upcycling pakaian atau aksesori daripada membelinya. Lebih baik uang belanjanya kita alihkan ke sesuatu yang lebih bermanfaat untuk masa depan kita atau buat meraih impian. Lewat aplikasi digibank by DBS, kita akan mendapatkan berbagai kemudahan berinvestasi dalam satu aplikasi. Pilihannya banyak, caranya mudah. Kalau mau tahu, simak penjelasan lengkapnya di sini, ya.-

DBS Live More Society
DBS Live More SocietyDBS Live More SocietyDBS Live More SocietyDBS Live More Society

More #LiveSmarter Articles

Cek Artikel lainnya
Anti Ribet, Ini Cara Lapor Pajak Secara Online
#LiveSmarter6 Maret 2020

Anti Ribet, Ini Cara Lapor Pajak Secara Online

Tak terasa, kita sudah harus kembali mengisi Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) pajak penghasilan per orangan. Wajib diketahui bahwa akhir pelaporan surat akan berakhir pada 31 Maret 2020.

Read more
Terinspirasi Dari Cashless Society, GoPay Paparkan Strateginya
#LiveSmarter2 Maret 2020

Terinspirasi Dari Cashless Society, GoPay Paparkan Strateginya

Berkat kecanggihan teknologi, kini transaksi keuangan semakin dimudahkan. Salah satu nama besar yang sukses menerapkan kebiasaan ini adalah GoPay.

Read more
Tahun Baru, Kerjaan Baru. Ini Caranya Biar CV Kamu Dilirik
#LiveSmarter3 Februari 2020

Tahun Baru, Kerjaan Baru. Ini Caranya Biar CV Kamu Dilirik

Momen awal tahun biasanya jadi waktu yang tepat untuk melamar pekerjaan. Nah, siapa tahu kamu akhirnya bisa diterima di kantor impian. Caranya tentu dengan melampirkan CV yang baik dan menarik.

Read more