Dapatkan informasi seputar aktivitas dan penawaran menarik dari PT Bank DBS Indonesia, dengan mengisi form di bawah ini:
DBS Live More Society

DBS Live More Society

#LiveAwesome

Mau Liburan di Musim Hujan? Baca 6 Strateginya Ini Supaya Tetap Sehat dan Fresh

By Admin, 23 Desember 2022 #LiveAwesome

DBS Live More Society

Nggak perlu khawatir lagi liburan akhir tahun bareng sama sang hujan.-

Kebanyakan orang biasanya akan lebih senang kalau liburan saat cuaca cerah. Selain lebih memudahkan untuk beraktivitas di outdoor, juga lebih nyaman. Tapiii, bukan berarti pas musim hujan, seperti sekarang ini, kamu jadi nggak bisa liburan. Biasanya bersamaan dengan masa libur akhir tahun, musim hujan juga datang. Selain waktunya anak sekolah libur, akhir tahun juga sering jadi momen untuk kamu berlibur bersama keluarga dan sahabat untuk merayakan Hari Natal atau Tahun Baru.

DBS Live More Society
Nah, supaya travelling-nya tetap nyaman, tubuh terus sehat dan segar selama musim hujan, memang persiapannya perlu lebih banyak. Tenaaang, setelah baca artikel ini, kamu akan siap travelling di musim hujan dan malah bisa jadi pengalaman liburan yang berkesan.

Baca Juga: Strategi Tetap Aman Saat Terjebak Di Kerumunan

Trik Liburan di Musim Hujan
Cuaca yang nggak terlalu panas membuat musim hujan pas jadi waktu untuk bepergian dan menemukan tempat baru. Aroma tanah dan rerumputan yang lembap, suara hujan yang mengguyur bumi, dan secangkir teh panas adalah sesuatu yang kita semua sukai saat hujan. Sayangnya, musim hujan juga bisa membawa penyakit, ketidaknyamanan, dan semacamnya. Supaya terhindar dari hal-hal kurang menyenangkan itu, baca daftar trik menghindarinya berikut ini, yuk.

#1 Pilih destinasi liburan di dalam ruangan
DBS Live More Society
Kalau kamu akan melakukan road trip, pastikan untuk memilih tujuan yang aman untuk bepergian. Periksa rute sebelumnya karena hujan bisa bikin jalanan macet, banjir, licin dan nggak aman untuk dilalui. Karenanya, hindari bepergian di malam hari dan mengambil jalan yang buruk dan bergelombang. Prioritaskan keselamatanmu, dengan tidak memaksakan diri untuk bepergian keluar kamar tempat kamu menginap jika cuaca memburuk, seperti saat hujan deras dan angin kencang.

Pilihlah destinasi travelling di dalam ruangan/indoor, jauh dari daerah yang rawan banjir dan longsor. Ini pentingnya kamu melakukan riset sebelum memilih tujuan liburan. Misalnya, ke museum, galeri seni, oceanarium, cafe hopping, indoor playground/theme park, dan semacamnya. Pastikan juga kamu sudah riset tentang tujuan travelling kamu, sekalian cek prakiraan cuaca di sana juga, ya.

#2 Bawa barang yang tahan air dan cepat kering
DBS Live More Society
Selama travelling di musim hujan, kemungkinan besar kamu akan basah, begitu juga barang-barangmu. Simpan barang-barangmu di tas atau wadah waterproof besar, yang dapat membantu menjaga semuanya tetap kering meski terguyur hujan. Pastikan dompet, tas, passport, kamera, pakaian, dan barang yang penting dikemas dalam wadah waterproof.

Lindungi juga tumbuhmu dengan jaket ringan yang tahan air dan mudah dilipat untuk disimpan dalam tas, plus payung kecil. Mereka akan menjadi penyelamat ketika kamu lagi berbelanja di pasar atau jalan-jalan di outdoor. Lebih baik lagi kalau kamu membawa backpack yang anti air untuk perjalanan dan aktivitas sehari-hari. Jangan lupa juga untuk memakai jam tangan atau casing ponsel yang tahan air.

#3 Pakai masker dan konsumsi makanan/minuman sehat
DBS Live More Society
Dokter umum dari Northwestern Medicine, AS, Winston D. Rajendram, mengatakan, kalau virus banyak berkembang di lingkungan bersuhu rendah yaitu ketika musim dingin atau hujan. Saat musim hujan, sinar matahari juga jarang muncul sehingga, paparan sinar matahari yang diperlukan untuk pembuatan vitamin D agar sistem imunitas tubuh bekerja efektif akan berkurang.

Karena itu, kita harus ekstra waspada supaya terhindar dari berbagai penyakit yang sering muncul di musim hujan, seperti diare, leptospirosis, flu, demam berdarah, tifus, dan muntah-muntah. Apalagi saat ini gejala infeksi varian Omicron mirip dengan flu. Supaya tetap fit selama liburan di musim hujan, para pakar menyarankan untuk tetap menggunakan masker saat berkegiatan di luar ruangan dan di tengah kerumunan. Buah-buahan dan sayuran juga sangat baik untuk memberi nutrisi penting pada tubuh, yang dapat membantu tubuhmu melawan infeksi ini. Bila perlu, konsumsi vitamin C untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

#4 Cukupi asupan cairan tubuh
DBS Live More Society
Di musim dingin/hujan, rasa haus kadang nggak sekuat seperti di musim panas yang terik. Ini, nih, yang bikin kita kadang jadi kurang minum saat cuaca lagi dingin atau hujan. Padahal, kata Lauren Mullins, RDN, LD, ahli diet klinis, Parkview Health, tetap terhidrasi selama suhu dingin itu juga penting. Kenapa? Karena air adalah komponen penting dan membentuk hampir 60% dari berat badan kita. Tubuh kita bergantung pada air untuk bertahan hidup serta mengatur fungsi penting sehari-hari.

Menurut Mayo Clinic, asupan harian air minum untuk perempuan sekitar 2,7 liter dan asupan harian untuk laki-laki sekitar 3,7 liter. Nilai harian ini termasuk air dan makanan yang mengandung cairan seperti semangka, sup, buah-buahan, dan sayuran. Tetap terhidrasi selama musim hujan/dingin dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan memberi tubuh dukungan yang dibutuhkan untuk melawan infeksi. Penting banget, nih!

#5 Jaga kebersihan tubuh dan lingkungan sekitarmu
DBS Live More Society
Menjaga kebersihan diri adalah salah satu cara paling sederhana untuk tetap sehat dan segar, terutama selama travelling di musim hujan. Cara termudah adalah dengan mencuci tangan secara teratur, terutama pada waktu-waktu penting. Misalnya sebelum makan, setelah buang air kecil/besar, sebelum memegang area wajah, dan setelah beraktifitas. Cucilah tangan dengan benar menggunakan sabun ke seluruh bagian tangan, termasuk kuku, sela-sela jari, dan punggung tangan. 

Bukan cuma tubuh yang perlu dijaga kebersihannya, lingkungan sekitar kamu juga wajib dijaga supaya jadi lingkungan yang sehat. Buang sampah di tempatnya yang paling basic dan penting, tapi kadang kita suka lupa melakukannya, nih, apalagi kalau lagi jalan-jalan. Dengan menjaga kebersihan lingkungan, kita juga menjaga kelestarian planet tercinta kita.

#6 Bawa alat makan dan botol minum sendiri
DBS Live More Society
Musim hujan memicu banyak penyakit yang ditularkan melalui air, karena itu, hindari makan makanan pinggir jalan/street food dan membeli minuman yang kurang jelas kebersihannya. Makanan yang nggak higienis bisa menyebabkan penyakit seperti keracunan makanan, diare dan sakit perut, lho. Jadi, lebih baik bawa sendok-garpu portable dan kotak makan berisi makanan ringan atau makanan siap saji. Buah-buahan musiman selalu menjadi pilihan yang baik untuk dimasukkan ke dalam menu makan saat bepergian.

Pastikan juga kamu bawa air putih di botol minum kamu, yaaa. Ssst, tau nggak, sih, selain pasti bersih dan sehat, bawa kotak makan dan botol minum sendiri juga lebih ramah lingkungan. Daaan, kamu sudah satu langkah menuju gaya hidup berkelanjutan yang baik banget buat Bumi.

Tips terakhir dan final demi membuat liburan akhir tahunmu menjadi sempurna adalah beli semua kebutuhan liburanmu pakai digibank by DBS. Bukan cuma bisa dapat tiket promo, tapi ada segudang promo kekinian lainnya di sini. Buruan cek!-

DBS Live More Society
DBS Live More SocietyDBS Live More SocietyDBS Live More SocietyDBS Live More Society

More #LiveSmarter Articles

Cek Artikel lainnya
Anti Ribet, Ini Cara Lapor Pajak Secara Online
#LiveSmarter6 Maret 2020

Anti Ribet, Ini Cara Lapor Pajak Secara Online

Tak terasa, kita sudah harus kembali mengisi Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) pajak penghasilan per orangan. Wajib diketahui bahwa akhir pelaporan surat akan berakhir pada 31 Maret 2020.

Read more
Terinspirasi Dari Cashless Society, GoPay Paparkan Strateginya
#LiveSmarter2 Maret 2020

Terinspirasi Dari Cashless Society, GoPay Paparkan Strateginya

Berkat kecanggihan teknologi, kini transaksi keuangan semakin dimudahkan. Salah satu nama besar yang sukses menerapkan kebiasaan ini adalah GoPay.

Read more
Tahun Baru, Kerjaan Baru. Ini Caranya Biar CV Kamu Dilirik
#LiveSmarter3 Februari 2020

Tahun Baru, Kerjaan Baru. Ini Caranya Biar CV Kamu Dilirik

Momen awal tahun biasanya jadi waktu yang tepat untuk melamar pekerjaan. Nah, siapa tahu kamu akhirnya bisa diterima di kantor impian. Caranya tentu dengan melampirkan CV yang baik dan menarik.

Read more