Dapatkan informasi seputar aktivitas dan penawaran menarik dari PT Bank DBS Indonesia, dengan mengisi form di bawah ini:
DBS Live More Society

DBS Live More Society

#LiveAwesome

10 Olahraga Ringan Di Pagi Hari Untuk Mood Booster

By Admin, 6 Januari 2022 #LiveAwesome

DBS Live More Society

Merasa bad mood atau susah bangun dengan semangat? Coba, deh, menerapkan saran dari para pakar ini buat olahraga di pagi hari. Yuk, bisa yuk!-

Ada banyak penelitian yang membuktikan, bahwa berolahraga di pagi hari akan membuat suasana hati jadi lebih baik sepanjang hari. Kita juga akan memiliki lebih banyak energi, dan tentu saja ini pasti akan membuat kita jadi rekan kerja, teman atau pasangan yang lebih asyik. Belum yakin? Baca terus untuk mengetahui penjelasan para pakar ini.

Menurut pakar kebugaran terkenal Ridge Davis, selain menjadi ‘pelampiasan’ yang bagus untuk setiap ketegangan yang dimiliki tubuh, olahraga membantu membangun daya tahan dan kemampuan kita untuk menangani stres. “Semakin sedikit stres yang kamu miliki, semakin banyak energi yang harus kamu gunakan di hari tersebut,” katanya.

Dr. Magdalena Cadet, MD, ahli reumatologi bersertifikat di NYU Langone, mengatakan, olahraga membantu tubuh memproduksi zat kimia yang membuat perasaan senang (endorfin) yang dapat merangsang bagian otak, membantu mengalihkan perhatian seseorang dari kecemasan serta membangun kepercayaan diri. “Selain meningkatkan energi dan mengurangi stres, olahraga pagi juga bermanfaat bagi banyak fungsi internal dan eksternal tubuh, seperti meningkatkan metabolisme,” tambah Magdalena.

Baca Juga: 7 Olahraga Buat Si Pemalas Saat #DiRumahAja

Memiliki komitmen untuk rutin berolahraga di pagi hari memang bukan hal mudah. Rasanya mungkin seberat membayar tagihan rumah dan cicilan mobil setiap bulan. Padahal, olahraga seharusnya tidak terasa seperti sedang menjalani sebuah hukuman, melainkan harus menjadi sesuatu yang kita lakukan untuk merasa lebih baik. Nah, biar lebih semangat memulainya, coba mengawalinya dengan melakukan gerakan yang kita sukai dan mampu kita lakukan, seperti 10 olahraga ringan berikut. Lalu, teruskan dengan rutin sehingga gaya hidup sehat kita menjadi berkelanjutan.

1. Peregangan cat-camel
DBS Live More Society
Latihan peregangan ini berguna untuk mengencangkan otot dan juga mencegah radang sendi. Caranya, pertama, berlututlah dengan posisi merangkak. Mulailah dengan membulatkan punggung, seperti unta, sehingga kepala mendekati panggul. Nah, ini adalah posisi unta. Kemudian, turunkan dan angkat kepala sehingga punggung bawah menjadi melengkung. Ini adalah posisi kucing. Lakukan gerakan-gerakan tersebut secara perlahan dan lancar. Sekitar 4 atau 5 kali.

2. Pose pohon
DBS Live More Society
Menurut instruktur yoga dan meditasi, Kristin McGee, postur yoga seperti pohon ini dikenal sebagai Vrikshasana atau tree pose. Gerakan ini adalah titik awal yang sempurna untuk latihan pagi untuk meningkatkan keseimbangan. Mulailah pada posisi berdiri tegak dengan punggung lurus, bahu rileks dan kedua kaki menyatu (pergelangan kaki dan titik kaki bagian dalam bersentuhan). Setelah kaki terasa kokoh, pindahkan berat badan ke kaki kanan, angkat kaki kiri dari lantai, tekuk lutut kiri dan posisikan kaki kiri ke bagian dalam paha kanan. Setelah kaki dalam posisi stabil, posisi tangan dapat seperti sedang salam namaste atau diangkat di atas kepala.

3. Peregangan punggung atas
DBS Live More Society
Duduk di tepi tempat tidur, dengan kaki rata di lantai. Lalu, kaitkan jari-jari kita dan raih ke depan, tekuk dari punggung tengah. Regangkan punggung atas dengan tangan ke depan setinggi bahu sampai kita merasakan peregangan di antara tulang belikat.

4. Jumping jacks
DBS Live More Society
Latihan ini bagus untuk kesehatan jantung dan juga untuk mengencangkan otot terutama betis dan deltoid (otot yang membentuk struktur bulat pada bahu manusia). Caranya, berdiri dengan kaki rapat. Lompat sambil merentangkan lengan dan kaki. Kembali ke posisi pertama dan lanjutkan! Kita bisa mulai dengan melakukan ini selama 1 menit dan kemudian secara bertahap meningkatkan durasi waktunya sesuai kemampuan.

5. Peregangan leher
DBS Live More Society
Rilekskan bahu dan gerakkan telinga kiri dengan lembut ke arah bahu kiri, gunakan lengan kiri untuk membantu. Lakukan peregangan semampu kita. Tahan selama 15-20 detik dan ulangi perlahan di sisi yang lain.

6. Squat
DBS Live More Society
Mulailah dengan lutut ditekuk dan kaki rata di lantai. Pinggul dan pergelangan kaki harus menghadap ke luar. Coba membayangkan tubuh dalam garis vertikal, ini akan meluruskan postur tubuh kita dan membuat gerakan lebih fungsional, kata Magdalena. Kemudian, dengan dada ke atas dan paha sejajar dengan lantai, kencangkan perut dan dorong pantat ke belakang.

7. Downward-Facing Dog
DBS Live More Society
Pose ini sangat bagus untuk pagi hari karena dapat mengatur ulang sistem saraf, menenangkan otak, dan memberi energi pada tubuh. Caranya, dari posisi merangkak, dorong ke dalam tangan, luruskan lengan saat mengangkat pinggul dan luruskan kaki. Saat mengeluarkan napas, tekan ke tangan dan tarik bahu ke bawah dan ke belakang, gerakkan tulang belikat ke belakang dan bahu menjauh dari telinga. Ambil setidaknya 5 kali napas dalam, lalu tekuk satu lutut dan kemudian lutut satunya untuk membuka bagian belakang dari masing-masing kaki dengan lembut. Selesaikan pose dengan tidak menggerakkan kaki setidaknya dalam dua kali napas.

8. Lunges
DBS Live More Society
Lunges adalah latihan kekuatan yang sering dilakukan untuk memperkuat, membentuk, mengencangkan tubuh sekaligus meningkatkan kebugaran tubuh. Caranya, berdiri dengan kaki selebar bahu. Letakkan tangan di pinggul, ambil satu langkah besar ke depan dengan kaki kanan. Pastikan lutut tidak melangkah terlalu jauh ke depan, yaitu melewati jari-jari kaki. Lutut kiri akan turun hampir setinggi lantai. Kemudian, ganti gerakan dengan kaki lainnya.

9. Side stretch
DBS Live More Society
Berdiri dengan kaki selebar pinggul dan genggam tangan di atas kepala. Perlahan condongkan tubuh ke satu sisi, rasakan peregangan yang dalam di sepanjang sisi tubuh. Tahan selama 10-15 detik dan ulangi di sisi lain.

10. Uttanasana
DBS Live More Society
Pose ini menenangkan otak, menghilangkan stres, kelelahan, dan kecemasan. Mulailah dengan menarik napas, angkat tangan ke atas dan ke luar sampai kedua telapak tangan bertemu di atas kepala. Saat menghembuskan napas, membungkuklah dalam keadaan kaki tetap lurus, lalu taruh tangan di mana pun yang nyaman, seperti di tulang kering, pergelangan kaki, kaki, atau bahkan lantai. Angkat tubuh bagian atas setelah 5 kali menarik napas dalam.

Gimana, gimana? Tak sulit, bukan? Mungkin di permulaan, kita bisa bisa mencoba beberapa gerakan olahraga di atas dulu. Semakin lama, kita bisa sempurnakan dengan melakukan ke-10 gerakan ini. Pas banget, nih, Kartu Kredit digibank by DBS lagi ada promo menarik di Vizta Gym yang bisa dicicil 0% selama 12 bulan untuk kebugaran tubuh. Cari tau penjelasannya di sini.-

DBS Live More Society
DBS Live More SocietyDBS Live More SocietyDBS Live More SocietyDBS Live More Society

More #LiveSmarter Articles

Cek Artikel lainnya
Anti Ribet, Ini Cara Lapor Pajak Secara Online
#LiveSmarter6 Maret 2020

Anti Ribet, Ini Cara Lapor Pajak Secara Online

Tak terasa, kita sudah harus kembali mengisi Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) pajak penghasilan per orangan. Wajib diketahui bahwa akhir pelaporan surat akan berakhir pada 31 Maret 2020.

Read more
Terinspirasi Dari Cashless Society, GoPay Paparkan Strateginya
#LiveSmarter2 Maret 2020

Terinspirasi Dari Cashless Society, GoPay Paparkan Strateginya

Berkat kecanggihan teknologi, kini transaksi keuangan semakin dimudahkan. Salah satu nama besar yang sukses menerapkan kebiasaan ini adalah GoPay.

Read more
Tahun Baru, Kerjaan Baru. Ini Caranya Biar CV Kamu Dilirik
#LiveSmarter3 Februari 2020

Tahun Baru, Kerjaan Baru. Ini Caranya Biar CV Kamu Dilirik

Momen awal tahun biasanya jadi waktu yang tepat untuk melamar pekerjaan. Nah, siapa tahu kamu akhirnya bisa diterima di kantor impian. Caranya tentu dengan melampirkan CV yang baik dan menarik.

Read more