Dapatkan informasi seputar aktivitas dan penawaran menarik dari PT Bank DBS Indonesia, dengan mengisi form di bawah ini:
DBS Live More Society

DBS Live More Society

#LiveAwesome

10 Aplikasi Pengantar Tidur Yang Bikin Auto-Nyenyak

By Admin, 23 Desember 2021 #LiveAwesome

DBS Live More Society

Sekarang, tidur jauh lebih sulit dilakukan dari biasanya. Supaya mata mau diajak merem, coba sepuluh aplikasi ini, deh.-

Ayo, tunjuk tangan, siapa yang belakangan ini susah terlelap di malam hari? Tenang, kita tak sendirian. Menurut studi bertajuk ‘Seeking Solutions: How Covid-19 Changed Sleep Around the World’, pandemi Covid-19 telah memengaruhi kualitas tidur hampir dua pertiga atau 62% masyarakat Asia Pasifik. Studi ini dikeluarkan oleh Phillips 2021 yang dirilis dalam rangka World Sleep Day 2021, 19 Maret.

Para responden studi tersebut, menyatakan, bahwa mereka tidur dengan rata-rata 7,2 jam per malam, tetapi 1 dari 4 orang (sekitar 41%) merasa tidak puas dengan kualitas tidurnya. Responden juga mengaku mengalami beberapa kendala berkaitan dengan tidur. Sebanyak 42% mengaku tidak bisa tertidur nyenyak, sulit tertidur 33% dan sulit untuk tetap tertidur 26%.

Baca Juga: Susah Tidur? Ini 10 Alasannya Menurut Para Pakar

Ada banyak hal yang terjadi di dunia saat ini juga, sehingga tidur terkadang terasa sangat mustahil. Pandemi yang berkepanjangan, perubahan iklim, bencana alam, dan berita-berita menyedihkan yang tak henti-hentinya mengisi feed media sosial kita. Kabar baiknya, kemajuan teknologi memberi kita banyak alat untuk membantu memudahkan kita dalam menghadapi tantangan. Termasuk dalam mengatasi kesulitan tidur. Sudah paham, kan, kalau kualitas tidur sangat penting bagi produktivitas dan kesehatan kita? Nah, sekarang waktunya kita download aplikasi yang bisa bikin auto-ngantuk dan tidur pulas di bawah ini.

1. Recolor
DBS Live More Society
Aplikasi yang gratis bagi pengguna android dan iOS ini merupakan sebuah buku mewarnai digital untuk orang dewasa. Lebih dari 1.000 gambar disediakan di Recolor untuk membantu kita relaks, mengistirahatkan pikiran, dan membawa kita ke kondisi meditasi seperti zen. Isi Recolor disusun menurut abjad berdasarkan tema dengan kategori mulai dari hewan, gambar makanan, pop art, pemandangan, dan kehidupan laut. Ide di balik Recolor adalah untuk menyalurkan kecemasan kita ke suatu pencapaian yang memuaskan dan kreatif untuk menghilangkan stres, dan harapannya bisa membantu kita untuk tertidur juga.

2. Sleep Cycle
DBS Live More Society
Kalau alarm pagi hari kita terlalu ganggu dan memaksa kita bangun dengan kesal, coba pertimbangkan untuk memakai aplikasi Sleep Cycle Alarm Clock, deh. Aplikasi tidur yang populer ini dapat melacak pola tidur kita dan dengan lembut membangunkan kita pada fase tidur kita yang paling ringan di pagi hari. Kita juga dapat melihat siklus tidur rata-rata kita dengan grafik yang membantu.

3. White Noise Lite
DBS Live More Society
Sama seperti bayi, terkadang kita butuh suara yang menenangkan kita hingga membantu kita terlelap. Jadi, kenapa tidak buat sendiri saja? Nah, aplikasi White Noise Lite memungkinkan kita membuat kombinasi suara sendiri. Bahkan aplikasi ini bisa merekamsuara kita dan mengulang suara asli kita untuk diputar nanti di aplikasi saat membutuhkan suara yang tepat untuk membantu menenangkan insomnia kita.

4. Headspace
DBS Live More Society
Sebenarnya Headspace lebih dikenal sebagai aplikasi meditasi, tetapi sesuatu yang menenangkan bisa membuat kita tertidur juga, kan. Asyiknya lagi, Headspace juga memiliki beberapa fitur tidur yang keren. Setiap malam kita dapat mendengarkan "Sleepcast" yang berbeda, yaitu pengalaman audio yang membantu kita memvisualisasikan cerita atau pengalaman menenangkan (seperti berjalan di taman, misalnya). Kita juga bisa memutar musik santai atau mencoba kursus meditasi yang khusus dibuat untuk tertidur dan mengatasi stres.

5. Relax Melodies: Sleep Sounds
DBS Live More Society
Aplikasi ini memiliki program-program yang merangsang rasa ngantuk dan keinginan untuk tidur. Kita bisa memilih suara dan melodi untuk disesuaikan serta di-mix pada program Sleep Melodies, atau mencoba Sleep Moves yang telah disetujui oleh para praktisi kesehatan dan tidur. Program lainnya bisa membantu kita untuk tidur nyenyak, menghilangkan stres dan kecemasan, tidur siang lebih efektif, dan banyak lagi.

6. Noisli
DBS Live More Society
Ambient sound berkualitas tinggi, seperti suara petir, hujan, desiran ombak laut atau bahkan dengungan mesin kopi, dapat membantu kita untuk lebih fokus bekerja dan menghilangkan kecemasan. Nah, kalau stres dan rasa cemas sudah pergi, tentu saja kita jadi lebih santai. Noisli adalah penolong dan teman karib kita ketika perlu fokus, ingin memiliki momen tenang, dan relaks. Pas banget untuk digunakan menjelang waktu tidur atau di kala stres.

7. Fall Asleep, Insomnia
DBS Live More Society
Kumpulan cerita dan meditasi yang merangsang tidur ini dirancang untuk membantu Anda mengatasi insomnia sehingga Anda dapat tertidur dengan cepat. Serangkaian fitur pengantar tidur membuat kita merasakan ketenangan, sehingga mudah untuk tertidur. Kita juga dapat menyesuaikan suara alam dan ambient sound untuk menciptakan suasana yang sempurna demi bisa tidur nyenyak sepanjang malam.

8. Muse
DBS Live More Society
Menurut Michael J. Breus, Ph.D, seorang psikolog klinis dan anggota dari American Academy of Sleep Medicine, aplikasi ini ia gunakan setiap hari dan efeknya luar biasa baginya. Muse seperti asisten pribadi yang memandu kita untuk masuk ke jadwal tidur yang lebih baik. Kita dapat menggunakan aplikasi ini sendiri, dengan meditasi terpandu yang tersedia untuk menenangkan pikiran sehingga siap untuk beristirahat.

9. Calm
DBS Live More Society
Ini adalah aplikasi tidur populer yang direkomendasikan oleh Sleep Foundation. Calm menyediakan cerita pengantar tidur untuk orang dewasa dan anak-anak yang dibacakan dengan suara menenangkan. Beberapa suara mungkin terdengar familiar, selebriti seperti Stephen Fry dan Matthew McConaughey adalah pembaca aplikasi ini. Bukan hanya untuk tidur, Calm juga dapat digunakan untuk meditasi, memfokuskan perhatian, rutinitas peregangan, musik, dan latihan pernapasan.

10. Reflectly
DBS Live More Society
Kalau aplikasi satu ini bisa membantu kita menjalankan kebiasaan tidur yang lebih baik. Semisal, menulis jurnal sebelum tidur, yang mungkin menjadi bagian dari rutinitas menjelang tidur untuk membantu kita lebih santai dan tenang. Soalnya, aktivitas menulis jurnal ternyata bisa membantu kita melepaskan pikiran dan perasaan yang mengganggu kemampuan untuk tidur nyenyak. Reflectly adalah jurnal digital yang memberikan petunjuk terpandu untuk membantu menghilangkan stres, merenung, dan mengenali hal-hal yang menjadi pemicu stres kita.

Kalau ternyata tempat tidur yang kurang nyaman atau suasana kamar membosankan ternyata menjadi salah satu penyebab insomnia, mungkin sudah waktunya kita menggantinya dengan yang lebih baik dan fresh. Pas banget, kita bisa dapat gratis voucher di Ikea setiap berbelanja menggunakan Kartu Kredit digibank by DBS Visa Contactless yang diterbitkan di Indonesia. Simak informasi lengkapnya di sini, yuk.-

DBS Live More Society
DBS Live More SocietyDBS Live More SocietyDBS Live More SocietyDBS Live More Society

More #LiveSmarter Articles

Cek Artikel lainnya
Anti Ribet, Ini Cara Lapor Pajak Secara Online
#LiveSmarter6 Maret 2020

Anti Ribet, Ini Cara Lapor Pajak Secara Online

Tak terasa, kita sudah harus kembali mengisi Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) pajak penghasilan per orangan. Wajib diketahui bahwa akhir pelaporan surat akan berakhir pada 31 Maret 2020.

Read more
Terinspirasi Dari Cashless Society, GoPay Paparkan Strateginya
#LiveSmarter2 Maret 2020

Terinspirasi Dari Cashless Society, GoPay Paparkan Strateginya

Berkat kecanggihan teknologi, kini transaksi keuangan semakin dimudahkan. Salah satu nama besar yang sukses menerapkan kebiasaan ini adalah GoPay.

Read more
Tahun Baru, Kerjaan Baru. Ini Caranya Biar CV Kamu Dilirik
#LiveSmarter3 Februari 2020

Tahun Baru, Kerjaan Baru. Ini Caranya Biar CV Kamu Dilirik

Momen awal tahun biasanya jadi waktu yang tepat untuk melamar pekerjaan. Nah, siapa tahu kamu akhirnya bisa diterima di kantor impian. Caranya tentu dengan melampirkan CV yang baik dan menarik.

Read more