Dapatkan informasi seputar aktivitas dan penawaran menarik dari PT Bank DBS Indonesia, dengan mengisi form di bawah ini:
DBS Live More Society
DBS Live More Society
#LiveAwesome

Perhatikan 8 Hal Ini Sebelum Beli Produk Kecantikan Berlabel Ramah Lingkungan

By Admin, 13 April 2020 #LiveAwesome

DBS Live More Society

Sebelum merogoh kocek lebih dalam hanya karena label ‘ramah lingkungan,’ cek dulu ini cuma trik marketing atau asli dari hati.

Belakangan banyak produk-produk kecantikan yang memiliki klaim dirinya sebagai ramah lingkungan, cruelty free, vegan dan masih banyak lagi. Istilah-istilah ini tidak diatur oleh pemerintah dan bisa berarti banyak hal. Kita pun bingung mengartikan sebenarnya label yang dicantumkan akal-akalan dari produsennya atau bukan.

Langkah paling penting adalah mengerti apa sebenarnya yang kita cari. Karena pada dasarnya merek atau produk yang benar-benar etis dan berkelanjutan (ethical and sustainable) bergantung pada banyak hal. Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan:

  1. Cruelty Free
  2. Arti: Tidak ada percobaan produk terhadap binatang.
    Tapi cruelty free bisa jadi masih mengandung bahan-bahan dari binatang. Artinya produk sebetulnya enggak bebas kekerasan juga, karena masih melibatkan kematian binatang. Ingredient hewani yang biasa terkandung di dalam produk kecantikan misalnya madu, lilin lebah, gliserin, lanolin, dan lemak.

  3. Vegan
  4. -
    Arti: Produk tidak mengandung zat-zat yang diambil dari binatang.
    Kesannya baik karena sama sekali tidak ada penyiksaan binatang. Tapi produk yang mengklaim dirinya vegan, bisa jadi memiliki kandungan minyak sawit. Seperti yang kita tahu, banyak kekerasan dan kerusakan alam yang diakibatkan oleh perkebunan sawit. Kandungan di dalamnya juga belum tentu organik atau alami dan proses produksinya dapat membahayakan lingkungan. Hal lain yang mengagetkan, produk beauty vegan mungkin banget dites kepada binatang, lho!

  5. Organic & Natural
  6. Arti: Produk yang tidak mengandung GMO (genetically modified organism atau rekayasa genetika), pewarna buatan, zat pengawet (paraben, suflate), herbisida. Produk harus berasal dari tumbuhan, bunga dan mineral alami.
    Meskipun mengandung bahan yang organik, natural dan diproduksi secara berkelanjutan, tetap ada kemungkinan melewati proses eksperimen terhadap binatang. Selain itu bisa jadi mengandung minyak sawit juga.

  7. Bebas Minyak Sawit (Palm Oil Free)

    Arti: Produk yang sama sekali tidak mengandung minyak sawit.
    Produk bebas minyak sawit masih dapat dites kepada binatang dan memiliki kandungan hewani. Bisa jadi produk ini juga masih mengandung bahan-bahan yang tidak organik atau natural yang berbahaya bagi lingkungan.

Untuk memahami lebih lanjut kriteria ideal dari produk kecantikan ramah lingkungan, perhatikan diagram berikut. Produk yang benar-benar ideal memiliki kriteria cruelty free, vegan, organic dan bebas minyak sawit.


Foto: dok.sustainablejungle.com

-

Wajar banget kalau kita merasa makin bingung atau ribet setelah membaca kriteria produk kecantikan yang ‘ramah lingkungan.’ Jujur memang tidak ada produk yang benar-benar ideal. Kalau kita berhasil memilih satu atau dua kriteria di atas, itu termasuk kemajuan penting!

Tambahan kriteria lain yang patut diperhatikan adalah cara produk kecantikan tersebut melakukan kegiatan bisnis. Sustainable and ethical business practice dapat dilihat dari:

  • Pemilihan kemasan yang ramah lingkungan. Seperti, aluminium, botol kaca. Live more waste less!
  • Proses pembuatan yang memenuhi kode etik. Artinya produsen tidak hanya memikirkan keuntungan pribadi tapi proses yang terjadi di baliknya. Seperti, pekerja dibayar dengan adil, bahan-bahan diambil dengan cara tidak merusak lingkungan.
  • Manajemen material dan limbah yang memperhatikan keselamatan lingkungan.
  • Menyisihkan keuntungan untuk donasi kepada kegiatan sosial.
Setelah lebih paham mengenai label pada produk kecantikan, saatnya kita belanja produk kecantikan yang benar-benar ramah lingkungan! Belanja di berbagai ecommerce (Tokopedia, Shopee, Blibli) menggunakan kartu debit Digibank, kita bisa mendapatkan cashback hingga Rp 100ribu! Buruan yuk, mumpung masih #DiRumahAja.
DBS Live More SocietyDBS Live More SocietyDBS Live More SocietyDBS Live More Society

More #LiveSmarter Articles

Cek Artikel lainnya
Anti Ribet, Ini Cara Lapor Pajak Secara Online
#LiveSmarter6 Maret 2020

Anti Ribet, Ini Cara Lapor Pajak Secara Online

Tak terasa, kita sudah harus kembali mengisi Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) pajak penghasilan per orangan. Wajib diketahui bahwa akhir pelaporan surat akan berakhir pada 31 Maret 2020.

Read more
Terinspirasi Dari Cashless Society, GoPay Paparkan Strateginya
#LiveSmarter2 Maret 2020

Terinspirasi Dari Cashless Society, GoPay Paparkan Strateginya

Berkat kecanggihan teknologi, kini transaksi keuangan semakin dimudahkan. Salah satu nama besar yang sukses menerapkan kebiasaan ini adalah GoPay.

Read more
Tahun Baru, Kerjaan Baru. Ini Caranya Biar CV Kamu Dilirik
#LiveSmarter3 Februari 2020

Tahun Baru, Kerjaan Baru. Ini Caranya Biar CV Kamu Dilirik

Momen awal tahun biasanya jadi waktu yang tepat untuk melamar pekerjaan. Nah, siapa tahu kamu akhirnya bisa diterima di kantor impian. Caranya tentu dengan melampirkan CV yang baik dan menarik.

Read more