Dapatkan informasi seputar aktivitas dan penawaran menarik dari PT Bank DBS Indonesia, dengan mengisi form di bawah ini:
DBS Live More Society
DBS Live More Society
#LiveAwesome

8 Ide Kreatif Fotografi Di Rumah

By Admin, 15 Oktober 2020 #LiveAwesome

DBS Live More Society

Jadi fotografer jagoan dimulai dari rumah.

Terkurung di rumah bukan berarti kreativitas mati. Malah justru saatnya kita semakin tertantang memanfaatkan barang-barang di rumah untuk menghasilkan karya yang ciamik. Banyak cara yang bisa kita lakukan untuk memperkaya hasil foto. Ikuti 10 ide kreatif fotografi di rumah yang bikin orang berdecak kagum:

  1. Fotografi makanan
    DBS Live More Society
    Saatnya mempraktekkan kemampuan fotografi makanan di rumah, bukan cuma di restoran. Kalau kemampuan makin terasah, kita bisa alih profesi jadi fotografer makanan. Apa saja yang dibutuhkan untuk seni fotografi makanan?
    • Pencahayaan
      Ini merupakan kunci fotografi makanan yang keren. Gunakan cahaya natural seperti jendela. Kalau kita menggunakan peralatan flash yang terpisah dari kamera, pastikan cahaya muncul dari bagian belakang makanan, tapi harus menggunakan reflector agar tidak ada bayangan dalam foto.
    • Backdrop
      Paling gampang menyediakan lightbox yang akan memberikan warna putih bersih sebagai background. Tapi kita juga bisa memakai background yang sesuai tema makanan. Seperti background serbet berwarna merah yang kontras dengan meja kayu untuk makanan dendeng balado.
    • Layout makanan
      Pastikan makanan dan propertinya disajikan dengan penuh estetika. Misal, jangan terlalu banyak motif. Makanan harus tetap menonjol dibandingkan properti pelengkap.-

  2. Food landscape
    DBS Live More Society
    Foto: dok. http://rebloggy.com
    Take your food photography skill to the next level! Jadikan makanan sebagai latar belakang pemandangan dengan menambahkan properti figurine. Kita bisa menggunakan figurine Lego atau prajurit. Buat narasi yang menarik dari foto yang dihasilkan. Misalnya adegan prajurit lagi kongkowsantai di atas bukit.

  3. Fine art food
    DBS Live More Society
    Jenis fotografi makanan ini menangkap adegan super close up dari potongan makanan. Hasilnya unik banget dan orang mungkin enggak akan nyangka kalau objek foto tersebut adalah makanan. Potong buah dan sayuran setipis mungkin. Taruh di lightbox dengan kamera yang berada di atasnya. Cari fokus kamera secara manual untuk mendapatkan detail yang jelas. Persiapkan aperture pada f/8 untuk persepsi kedalaman dan gunakan exposure +1 sampai +3 karena cahaya yang terang bisa ‘menipu’ kamera dengan mengira itu underexposure.

  4. Still life bokeh
    DBS Live More Society
    DBS Live More Society
    Foto: dok. petapixel.com
    Alumunium foil yang ada di dapur bisa menjadi properti yang berguna untuk pemotretan. Taruh objek foto yang statis di atas kaca yang di bawahnya terdapat kain berwarna gelap. Remas kitchen foil lalu dibuka sehingga terlihat lecek. Nyalakan lampu meja atau senter pada alumnuium foil. Dengan kamera yang diletakkan di tripod, atur aperture dalam settingan terlebar untuk menciptakan efek ‘bokeh’ yang cantik. Selama pemotretan, beri cahaya senter atau lampu kepada objek foto.

  5. Small World
    DBS Live More Society
    Jenis fotografi ini mirip dengan penggunaan food landscape, yaitu menggunakan miniatur orang. Tapi dalam hal ini kita bisa memakai properti lain untuk menciptakan adegan foto yang menarik. Seperti gelas, laptop, bantal. Silakan berimprovisasi semenarik mungkin dengan imajinasi kita.-

  6. Bokeh shapes
    DBS Live More Society
    Bias-bias cahaya alias bokeh biasanya bentuknya bulat standar. Bokeh terjadi ketika kamera membuat background menjadi samar-samar. Area foto ini disebut bokeh. Untuk membuat bentuk bokeh, kita perlu menempelkan bentuk tersebut di area depan lensa.
    Peralatan yang dibutuhkan:
    • Kamera dengan lensa aperture tinggi. Seperti Canon 50mm f/1.9
    • Penutup lensa
    • Karton hitam
    • Gunting
    • Cutter
    • Pensil

    Gunakan bentuk lingkaran penutup lensa untuk memotong karton hitam. Setelah karton berbentuk lingkaran, gambar di tengahnya bentuk bokeh yang kita mau. Rekomendasi bentuk bokeh yang menarik adalah segitiga, bintang, hati, tanda tanya. Ukurannya sekitar 15-20 mm. Tempelkan karton yang sudah ada bentuk bokeh tersebut ke lensa kamera.
    Atur setting Aperture Priority atau Manual Mode pada kamera. Untuk efek maksimal, f-stop harus selebar mungkin. Karena saat filter sedang menghalangi banyak cahaya, kita membutuhkan exposure lebih lama atau menggunakan ISO lebih tinggi. Jadi akan lebih baik memakai tripod. Efek lebih dramatis akan terlihat di tempat gelap dengan fokus pada objek yang dekat dengan kemera dengan background yang jauh.

  7. Faceless portraits
    DBS Live More Society
    Ada sesuatu yang misterius sekaligus menghipnotis dengan foto orang yang tidak menampilkan wajah. Kita bisa bereksperimen dengan memakai model orang rumah yang suka enggak PD kalau difoto. Buktikan bahwa ekspresi emosi tidak hanya melalui foto wajah, tapi juga bisa dengan bahasa tubuh.

  8. Minyak dan air
    DBS Live More Society
    Foto: dok. photocrowd.com
    Minyak dan air itu ibarat pendukung politik dari kubu yang berseberangan. Enggak mungkin bercampur. Tuangkan kreativitas kita dengan membuat karya seni abstrak melalui medium air dan minyak yang tidak bisa bercampur.
    Taruh kain atau kertas berwarna terang di meja. Teteskan minyak sayur pada gelas jernih berisi air. Taruh gelas di atas kain atau kertas. Tambahkan sumber pencahayaan seperti flash atau lampu meja yang bisa diarahkan. Sehingga kita bisa melihat lebih jelas butiran-butiran minyak dalam air. 
Kalau kita butuh peralatan untuk melakukan fotografi kreatif di rumah, duduk manis aja depan TV sambil browsing di Shopee. Setelah ketemu barang yang diinginkan, gunakan kartu kredit digibank dengan logo Mastercard untuk menikmati diskon sampai Rp 100.000 dengan minimum transaksi Rp 750.000. Promo ini berlaku sampai 28 Februari 2021
DBS Live More Society
DBS Live More SocietyDBS Live More SocietyDBS Live More SocietyDBS Live More Society

More #LiveSmarter Articles

Cek Artikel lainnya
Anti Ribet, Ini Cara Lapor Pajak Secara Online
#LiveSmarter6 Maret 2020

Anti Ribet, Ini Cara Lapor Pajak Secara Online

Tak terasa, kita sudah harus kembali mengisi Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) pajak penghasilan per orangan. Wajib diketahui bahwa akhir pelaporan surat akan berakhir pada 31 Maret 2020.

Read more
Terinspirasi Dari Cashless Society, GoPay Paparkan Strateginya
#LiveSmarter2 Maret 2020

Terinspirasi Dari Cashless Society, GoPay Paparkan Strateginya

Berkat kecanggihan teknologi, kini transaksi keuangan semakin dimudahkan. Salah satu nama besar yang sukses menerapkan kebiasaan ini adalah GoPay.

Read more
Tahun Baru, Kerjaan Baru. Ini Caranya Biar CV Kamu Dilirik
#LiveSmarter3 Februari 2020

Tahun Baru, Kerjaan Baru. Ini Caranya Biar CV Kamu Dilirik

Momen awal tahun biasanya jadi waktu yang tepat untuk melamar pekerjaan. Nah, siapa tahu kamu akhirnya bisa diterima di kantor impian. Caranya tentu dengan melampirkan CV yang baik dan menarik.

Read more