Dapatkan informasi seputar aktivitas dan penawaran menarik dari PT Bank DBS Indonesia, dengan mengisi form di bawah ini:
DBS Live More Society
DBS Live More Society
#LiveAwesome

7 Kesalahan Menyimpan Makanan Di Kulkas Yang Merugikan Kantong Dan Alam

By Admin, 8 Mei 2020 #LiveAwesome

DBS Live More Society

Penting diketahui di masa PSBB (Pembatasan Sosial Skala Besar) agar makanan dan kulkas tetap tahan lama.

Setelah selesai belanja bulanan, tugas berikutnya yang membosankan sekaligus merepotkan adalah mengatur ulang penyimpanan makanan atau minuman dalam kulkas. Mungkin kita pikir yang penting adalah bagaimana mengatur agar semua barang yang dibeli bisa muat di kulkas. Tapi salah menyimpan menyimpan makanan atau minuman di lemari pendingin akan merusak dan menciptakan lebih banyak sampah. Sebagai contoh, ketika kita tidak membungkus melon yang sudah dipotong dengan plastic wrap atau ditaruh dalam container, maka otomatis akan cepat mengering. Akhirnya melon terpaksa dibuang. Enggak sehat buat dompet sekaligus melukai alam. Apa saja, sih, kesalahan yang harus kita hindari saat menyimpan makanan di kulkas?

  1. Menata ulang penempatan makanan
    DBS Live More Society
    Setelah beli makanan baru, kita sering menempatkan di bagian depan atau atas. Sementara makanan yang sudah lebih lama dibeli akhirnya tertumpuk atau tertutupi. Sehingga saat kita mau memasak, produk yang dibeli lebih dulu akan lebih susah diraih. Kadang kita pun lalai membuka produk baru daripada menggunakan yang lama. Mulai sekarang, ubah kebiasaan dengan menaruh yang baru di bagian bawah atau belakang. Mengubah hal-hal kecil ini saja bisa membuat kita lebih efektif menggunakan bahan makanan.

  2. Kulkas terlalu penuh
    DBS Live More Society
    Ketika masa PSBB berlangsung, banyak di antara kita yang belanja seperti menyongsong kiamat. Alias buanyak banget karena khawatir enggak bisa sering-sering keluar. Akhirnya kulkas pun kepenuhan. Dalam pikiran kita, selama pintu kulkas tertutup, maka semua akan baik-baik saja. Eits, tunggu dulu. Kulkas yang kepenuhan akan mengurangi aliran udara dan membuat bakteri lebih mudah berkembang. Selain itu, kita pasti akan semakin sulit menemukan barang yang dicari. Jadi, walaupun kita lagi dalam masa isolasi sosial, tetap ingat ukuran kulkas saat belanja bulanan.
  3. -
  4. Menaruh Makanan Tanpa Perlindungan
    DBS Live More Society
    Semua orang pasti pernah malas memasukkan makanan tanpa ditutup apapun. Tindakan ini sebenarnya bisa merusak makanan tersebut dan makanan lainnya. Menaruh makanan dalam container bisa membuatnya lebih tahan lama. Jadi wajib banget hukumnya menutup makanan yang akan disimpan dalam kulkas. Kalau persediaan food container terbatas, gunakan plastic wrap atau aluminium foil. Pilihan lain yang ramah lingkungan adalah menggunakan silicon cover atau beeswax wrap yang banyak dijual di toko online.

  5. Menggunakan Container Yang Salah
    DBS Live More Society
    Makanan takeaway seringkali dikemas dalam kotak khusus, seperti kardus tipis. Ketika kita tidak bisa menghabiskannya, kotak ini digunakan untuk menyimpan makanan tersebut di kulkas. Contoh, kotak pizza atau kantung kertas. Tapi pembungkus semacam ini tidak didesain untuk melindungi makanan di dalam kulkas. Begitu masuk lemari pendingin, makanan akan lebih mudah kering dan tidak enak disantap. Biar bagaimanapun gunakan food container untuk menyimpan makanan dalam kulkas.

  6. Tunggu Sampai Dingin
    DBS Live More Society
    Satu-satunya momen menaruh makanan atau minuman tanpa penutup ke dalam kulkas adalah saat masih dalam keadaan hangat atau panas. Ini supaya membiarkan uap hangatnya menghilang. Tapi 5-10 menit kemudian, segera masukkan dalam container atau penutup agar tetap tahan lama.

  7. Tutup Rapat
    DBS Live More Society
    Pastikan semua container dalam keadaan tertutup rapat. Tutup kecap jangan sampai kendor. Tutup toples dengan baik. Botol isi air es pun harus dipastikan tertutup kencang. Pastikan pembungkus plastik yang melapisi brokoli tertutup dengan erat. Makanan akan lebih mudah busuk bila tidak terlindungi dengan baik.
  8. -
  9. Tahu Mana Yang Harus Masuk Kulkas
    DBS Live More Society
    Tidak semua bahan makanan harus disimpan dalam kulkas. Selain hanya menuh-menuhin kulkas, ada bahan makanan yang rasa atau teksturnya akan berubah akibat aliran udara dingin. Menurut Food Standards Agency, ketika kentang disimpan dalam kulkas maka pati akan diubah menjadi gula. Lalu ketika dipanggang atau digoreng, gula tersebut yang dikombinasikan dengan amino acid asparagine akan memproduksi zat kimia acrylamide yang dianggap beracun. Pisang juga harus ditaruh di luar kulkas karena biasa tumbuh di iklim tropis dan tidak memiliki sel yang melindungi dari udara dingin. Madu akan membeku di kulkas. Kopi bersifat menyerap bau, sehingga bila ditaruh di kulkas, akan mengubah aromanya. Udara dingin dalam kulkas akan memperlambat proses kematangan alpukat.
    Tapi, rahasia agar roti dan cabai lebih tahan lama, coba taruh di freezer. Tentunya saat roti akan dimakan, harus kita taruh di microwave atau dipanaskan di wajan. Percaya, deh, kita enggak perlu khawatir lagi dengan tanggal kadaluarsa di bungkus roti.

Kulkas yang hemat energi dan memiliki tempat penyimpanan yang efisien akan sangat berguna buat kebutuhan sehari-hari. Di masa PSBB ini, kita bisa cek di JD.ID untuk koleksi kulkas yang cocok. Kita juga berkesempatan mendapatkan e-voucher senilai total Rp 100.000 bila membuka tabungan digibank oleh DBS melalui link atau banner yang ada di website atau aplikasi JD.ID. Masukkan kode promo DIGIJD dan simpan dana minimal sebesar Rp 1.000.000. Lumayan banget beli kulkas dapat diskon!

DBS Live More SocietyDBS Live More SocietyDBS Live More SocietyDBS Live More Society

More #LiveSmarter Articles

Cek Artikel lainnya
Anti Ribet, Ini Cara Lapor Pajak Secara Online
#LiveSmarter6 Maret 2020

Anti Ribet, Ini Cara Lapor Pajak Secara Online

Tak terasa, kita sudah harus kembali mengisi Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) pajak penghasilan per orangan. Wajib diketahui bahwa akhir pelaporan surat akan berakhir pada 31 Maret 2020.

Read more
Terinspirasi Dari Cashless Society, GoPay Paparkan Strateginya
#LiveSmarter2 Maret 2020

Terinspirasi Dari Cashless Society, GoPay Paparkan Strateginya

Berkat kecanggihan teknologi, kini transaksi keuangan semakin dimudahkan. Salah satu nama besar yang sukses menerapkan kebiasaan ini adalah GoPay.

Read more
Tahun Baru, Kerjaan Baru. Ini Caranya Biar CV Kamu Dilirik
#LiveSmarter3 Februari 2020

Tahun Baru, Kerjaan Baru. Ini Caranya Biar CV Kamu Dilirik

Momen awal tahun biasanya jadi waktu yang tepat untuk melamar pekerjaan. Nah, siapa tahu kamu akhirnya bisa diterima di kantor impian. Caranya tentu dengan melampirkan CV yang baik dan menarik.

Read more