Wisata Hemat di Paris

Traveling ke Paris memang termasuk mahal, membayangkan tiket pesawatnya saja sudah bikin mengernyitkan dahi, apalagi akomodasi di sana juga tidak bisa dibilang murah. Namun, saya rasa jalan-jalan ke Paris mestilah bisa diwujudkan, paling tidak sekali seumur hidup, karena memang tidak akan mengecewakan begitu menjejakkan kaki di sana.

Namun, jangan sedih dan berkecil hati dulu, walau terkesan mahal jalan-jalan di Kota Mode ini juga bisa hemat. Saya akan kasih tahu tips hemat saat jalan-jalan di Paris. Salah satu cara untuk menghemat budget saat di Paris adalah mengurangi biaya ke tempat-tempat wisata, seperti museum dan tempat-tempat berbayar lainnya. Selain itu, menurut saya berkunjung ke museum tidak akan cukup hanya dengan sehari karena museum-museum di sana memiliki koleksi yang sangat banyak dan luas. Jadi, akan sangat sayang mengeluarkan biaya bila tidak puas menikmatinya, apalagi dengan waktu yang terbatas. Nah, berikut beberapa tempat di Paris rekomendasi saya yang indah, bisa dinikmati sepuas-puasnya, dan yang paling penting tidak berbayar alias gratis, sehingga kalian bisa menghemat biaya:

  1. Cathédrale Notre Dame de Paris (Notre Dame de Paris Cathedral)

    Terletak di daerah 5 Paris dan di pinggir sungai Seine, katedral yang sudah melegenda ini sangat cantik bila dilihat dari kejauhan. Dari jauh saja sudah indah, saat masuk ke dalam jauh lebih indah lagi. Bagusnya, siapapun bisa masuk ke dalam katedral ini, dan kalau sempat mintalah untuk naik ke atas dome-nya. Namun, karena ini gratis, kadang antrean akan sangat banyak, bahkan sampai mengular. Jadi, datanglah pagi-pagi kalau tidak mau lelah mengantre. Kegiatan yang sering saya lakukan di sini adalah makan siang di taman di luar area gereja. Saya sarankan, sih, ke sini saat musim semi karena bunga sakura sudah bermekaran dan cuaca pun masih bagus. C’est très joli !
  2. La Basilique du Sacré Cœur (Sacred Heart Basilica)

    Tempat ini juga salah satu ikon yang dimiliki Paris. Karena lokasinya di daerah tinggi alias perbukitan Montmartre, basilika ini menjadi tempat yang pas untuk melihat kota Paris dari ketinggian. Saya sangat sarankan untuk masuk ke dalam basilika karena di dalamnya sangat indah dengan dekorasi yang megah. Saya saja sampai merinding begitu berada di dalam. Bagi umat nasrani juga boleh mengikuti acara doa di sana. Sebenarnya kalian juga bisa naik ke atas dome basilika ini, tapi harus bayar sebesar 6 Euro. Bagi saya, tidak terlalu sepadan karena kalian harus naik tangga yang sempit dan berkelok-kelok. Namun, kalau cuaca sedang cerah, akan sangat indah karena bisa menikmati sunset dari atas dome, sambil melihat indahnya kota Paris dari puncak basilika. Selain itu, di luar area gereja biasanya sering ada pertunjukan dari para musisi jalanan dengan atraksi menarik. Bisa jadi alternatif hiburan juga, bukan?
  3. Jardin du Luxembourg (Luxembourg Gardens)

    Daerah 6 atau daerah Saint-Germain-des-Près juga mejadi salah satu daerah favorit saya di Paris karena di sini banyak terdapat tempat-tempat yang menyenangkan, salah satunya Luxemboug Gardens ini. Taman yang super luas ini, menjadi favorit tidak hanya bagi para wisatawan tapi orang Paris sendiri pun suka ke tempat ini karena bisa melakukan banyak hal. Yang paling sering saya lihat, sih, orang-orang jogging. Selain itu, saat musim panas, taman ini juga berfungsi sebagai tempat orang-orang berjemur. Saya suka tempat ini karena nuansa hijaunya menenangkan. Bagi saya, tempat ini cocok untuk melipir dari hiruk pikuknya kota Paris.
  4. Les Deux Plateaux

    Sebenarnya merupakan karya instalasi seniman Prancis terkenal, Daniel Buren, berupa pilar-pilar berwarna hitam putih dengan berbagai ukuran. Tempat ini tergolong baru, tapi karena unik tempat ini jadi cukup hits sampai saat ini. Les Deux Plateaux juga merupakan pintu masuk Palais-Royal Parc. Sesuai namanya, taman ini dulunya taman kerajaan. Pas banget, kan, saat lelah berfoto-foto di Les Deux Plateaux, kalian bisa istirahat di taman ini.
  5. La Seine (Seine River)
    Paris terkenal sebagai kota yang dilalui oleh sungai Seine. Sungai yang membentang sepanjang Paris ini, menjadi salah satu tempat yang memiliki nuansa romantis. Uniknya saat musim panas, pinggiran sungai Seine berubah fungsi sebagai tempat orang-orang berjemur dan seketika disulap menjadi pantai (pasir pantai dan pohon palemnya beneran dibawa ke sini!) atau sering juga disebut Paris Plage. Saya, sih, biasanya sering makan siang di sini sambil duduk-duduk menikmati angin segar dan melihat orang-orang lalu-lalang. Nah, kalau kalian yang sudah punya pasangan, sungai ini tempat yang paling pas untuk pacaran. Sudah gratis, dapat nuansa yang romantis pun.
Dengan mengunjungi tempat-tempat ini saya yakin wisata kalian di Paris akan berkesan. Terlepas dari kesan kota mahal, Negeri Menara Eiffel ini juga bisa dijelajahi dengan minim biaya bila pintar menyiasatinya.

Bicara tentang minim biaya dan cara smart menyiasati wisata belanja saat traveling. Saya selalu travelling dengan membawa kartu kredit Digibank Travel. Kartu ini membuat jalan-jalan saya menjadi mudah dan nyaman. Buat yang suka jalan-jalan ke Paris dan ada transit di Singapore, ada diskon hingga 50% di 150+ outles seantaro Singapura. Dengan digibank Visa Travel Signature, dapat akses di 850+ DragonPass Airport Lounge dan sembari menunggu pesawat, saya bisa claim complimentary food and beverage dari Starbucks airport Indonesia.

Jiwa travelling saya ke tempat-tempat yang jauh, kartu ini memberikan saya Travel Protection hingga Rp1 miliar just incase terjadi sesuatu yang tak terduga seperti delayed flight dan kehilangan bagasi.

Dengan feature miles redeem dari digibank, saya udah bisa kira-kira nih berapa banyak transaksi yang saya lakukan pakai aplikasi digibank by DBS dan berapa banyak miles yang saya kumpulkan. Karena per transaksi Rp. 10,000,- saya bisa dapat hingga 2 miles menuju next destinasi berikutnya yang saya impikan. Dengan digibank, jalan-jalan dan belanja jadi makin seru, bukan? Bon voyage !