Tanggal Muda Tanggal Tua, Bisa Bebas Belanja-belanja

“Widih, belanja apa lagi lo? Kok tanggal segini lo masih bisa beli tiket jalan-jalan dan hangout sih? Perasaan gaji kita samaan deh.

Di gue gaji cuma numpang lewat doang”. Pasti kita punya dong, temen kaya gini. Tanggal muda tanggal tua, bisa makan-makan dan belanja-belanja. Sedangkan kita, seminggu habis gajian dompet sudah diisi sarang laba-laba. Apa sih rahasianya? Kunci bisa belanja, makan, jalan-jala kapan saja buat kita-kita yang “Kelas Menengah Ngehe” ini memang cuma satu sih, manajemen keuangan. Sayang sekali guys, ngga ada cara lain. Meski ngga perlu sampai jadi Pramuka yang hemat, cermat, bersahaja, ngatur duit memang penting biar gaji kita ngga lima koma, alias tanggal lima sudah ‘koma’. Nah, setelah trial and error nyoba macem-macem tips dan trik (banyakan error-nya sih, to be honest), ini cara yang bisa kita coba biar keliatan effortless ngatur duit

  1. Kurang-kurangin makan di luar
    Nyenengin diri sendiri itu wajib hukumnya. Apalagi kalau udah “berdarahdarah” ngelarin sebuah project “bikin candi” semalam jadi. Besoknya bawaan langsung pengen “work hard play hard”. Tapi ngga tiap hari juga kita bisa hedon. Coba deh diakalin dengan sekali-sekali bawa bekal, kalau ada yang ngajak makan di luar tapi ngga ditraktir ngga perlu join lah, terus kalau mau makan mevvah sama kesayangan mendingan pas weekend aja.
  2. Biasain jalan kaki
    “Plis deh, jangan manja!”. Kita pasti pernah denger suara ini di kepala tiap mikir “order pake ojol aja ah” padahal cuma mau beli nasi goreng deket rumah doang. Nah dengerin suara di kepala kita itu. Cobain jalan kaki atau naik sepeda aja, kalau jaraknya ngga jauh-jauh amat yah. Selain bisa bakar kalori, bakal berasa lho, duit kita jadi lebih awet dari biasanya.
  3. Selipin duit di ‘tempat tersembunyi’
    Kayak “zaman old” emang, tapi ini efektif banget pas dompet kita lagi sepisepinya nih. Abis gajian langsung deh selipin duit pecahan besar di tempat yang ngga diduga tapi tetap kita ingat. Misalnya di balik foto di dalam dompet, di card holder atau bagasi motor. Kalau lagi kepepet banget, langsung inget di mana kita selipin duit. Lumayan kan, berasa “uang kaget”?
  4. Rajin ngecek
    diskonan dan promo Buat poin satu ini, kita harus pinter-pinter manfaatinnya. Soalnya kalau kita pas lapar mata dan ngga bisa kontrol, kita bisa jadi malah beli barang yang ngga penting-penting banget. Tapi kalau kita pinter manfaatin diskon dan promo, lumayan lho, cukup ngebantu berhemat. Yang penting, kita tahu belanja di mana dan bayar pakai apa. Mau belanja gadget, makeup, pesen tiket dan nginep di hotel, kita bisa dapat diskon up to 30% kalau pakai Kartu Debit DBS. Weekend ngga ke mana-mana? Daripada bosen, olshop-an aja. Kita bisa dapet Weekend Deal diskon 30% tiap belanja online pakai Kartu Debit DBS. Ngga cuma promo belanja. Masih banyak lho, promo lainnya. Rajin-rajin aja cek website digibank.
  5. Pake aplikasi
    Ngaku deh. Meskipun kita udah setiap hari ngulik excel sheet atau corat-coret di notebook, tetap aja kalau udah urusan duit kita suka skip nyatetin transaksi. Gimana gimana kita butuh bantuan dong. Sebenarnya kita bisa lho, install aplikasi anggaran di hape. Kalau udah mulai mikir “Kok duit tinggal segini yah? Padahal kayaknya ngga belanja apa-apa deh”, kita tinggal cek aplikasi, deh. Salah satu aplikasi yang bisa kita coba adalah digibank. Install dan daftar digibank trus pakai fitur Spending Tracker. Kita bisa masukin tiap pengeluaran ke pos-pos yang ada di apps, mulai dari biaya hiburan, investasi, makanan dan minuman, perawatan diri, perjalanan, transportasi, sampai tagihan.

Nah gimana, mau move on ke DBS biar tanggal muda tanggal tua kita bisa tetep belanja dan gaji kita ngga numpang lewat?