Password Aman, Transaksi Ini Itu Jadi Lebih Nyaman

Seprai aja kamu ganti demi kebersihan, masa password aplikasi banking ngga pernah kamu ganti demi keamanan?



Coba pikir. Sebenarnya password aplikasi banking kita itu ngga beda jauh sama seprai. Satu, harus diganti rutin. Kalau seprai biar bersih, kalau password biar aman. Dua, kita ngga bakalan pamerin seprai kita gitu aja. Well, kecuali memang kita kasih lihat haha. Tiga, kita ngga mau kan seprai kita dipakai sembarangan sama orang lain? Empat, kalau ukuran seprai ngga pas sama kasur, kita ngga enak buat istirahat. Sama kaya password. Kalo ngga aman, jadi kepikiran kan?
Nah, cara-cara di bawah ini bakalan ngebantu kita bikin password yang enak dipakai kaya seprai abis dicuci, ngga gampang selip (selip dari pikiran, alias kelupaan), dan yang paling penting, aman dari ulah tangan-tangan jahil.

  1. Jangan males

    Ngaku deh, pasti kita banyak yang bikin password kaya gini: abcd, 1234, 4321, aaabbb, atau sejenisnya. Alasannya sih, biar gampang diingat. Tapi kalau mau aman, usaha dikit. Jangan bikin password bentuknya angka atau huruf yang berurutan maju mundur dan berulang. Kalau takut lupa password, kita bisa kok bikin password a la anak kekinian. Misalnya nih, kamu suka banget Taylor Swift apalagi lagunya yang Blank Space. Bikin aja password “bLnkspC13”. Gimana? Ngga repot kan? Atau kalau kita ngga ketiduran pas pelajaran Matematika dulu, masukin aja bilangan prima atau pi. Passwordmu jadi keren nih: “Pi31415”.

  2. Jangan pakai info pribadi

    Usahakan jangan pakai data personal seperti nama panggilan atau tanggal lahir. Kecuali nama kamu “Uvuvwevwevwe Onyetenvewve Ugwemubwem Ossas”. Kalau gini sih, kayanya Artificial Intelligence canggih nyerah juga. Pokoknya, usahakan jangan bikin password dari nama, nomor KTP, nomor HP, tanggal lahir, tanggal putus, nama pacar, nama mantan pertama, nama mantan kedua, dan lain-lain.

  3. Bikin yang kreatif

    Keamanan password ngga cuma ditentukan panjang atau pendeknya, tapi juga kreativitas kita. Jadi, PR kita adalah bikin password yang ngga kepanjangan, gampang diinget, tapi sulit ditebak. Gimana caranya? Misalnya, pakai nama idola. Coba aja bikin “I Love You So Much Cristiano Ronaldo” plus nomor punggung doi. Kulik dikit jadi ILYsmCR07. Nah, ngga bakalan ada yang tahu selain kamu, kan?

  4. Bikin password yang gampang diingat

    Kalau kamu tipe orang yang sering short-term memory loss, mendingan bikin password yang gampang diingat. Daripada bikin yang misterius tapi susah diingat kaya H7uRpBN18WloEB, coba bikin password yang petunjuknya di depan mata tapi cuma kamu yang tahu. Misalnya, menurut kamu The Dark Knight itu the best Batman movie ever sampai-sampai kamu jadikan wallpaper hape. Bikin password yang ada hubungannya, tapi ngga langsung. Misalnya, Bruce Wayne jadi “Bruc3W4yn3”.

Kepikiran apakah password di aplikasi digibank kita sudah aman atau belum? No worries, sekarang digibank sudah dilengkapi fitur baru Disallow Simple Password. Kalau kita  memasukkan password yang malas, simpel, dan ngga kreatif, secara otomatis sistem digibank bakalan kasih kita notifikasi buat bikin password yang lebih rumit. Sistem digibank juga sudah punya standar keamanan password jadi kita ngga usah pusing mikirin “Password gue aman ngga ya?”.

Tunggu apa lagi? Download aplikasi digibank sekarang di sini dan jadi lebih santai transaksi ini itu, thanks to fitur canggih dari #BFFKamu.