OTP-mu, Rahasiamu

Korban jebakan “Kirim Kode Rahasia” lagi marak nih, guys. Apalagi semenjak digibank dipercaya sebagai banking friend forever kamu, makin banyak aja orang ngga bertanggung jawab yang manfaatin nama bekennya digibank buat tipu-tipu. Tapi kamu ngga usah khawatir ketipu apalagi kena jebakan betmen. Kuncinya adalah waspada, teliti dan jadi konsumen cerdas.

Pertama, jangan bagikan kepada siapa pun kode OTP (one-time password), digibank akan mengirimkan kode OTP melalui sms dan email saat kamu mencoba login ke aplikasi digibank dari ponsel atau nomor lain, mengganti PIN, login ke Internet Banking digibank, atau saat membuat akun baru. Selain itu, beberapa merchant membutuhkan OTP untuk transaksi online. Nah, kode tersebut bersifat rahasia, sekali pakai, dan hanya berlaku untuk jangka waktu tertentu.

So, plis, banget jangan kasih tau siapa-siapa kodenya. Meski ada yang ngaku-ngaku, kamu jangan langsung percaya, pihak digibank ngga akan pernah meminta kode tersebut. Don’t trust anybody, deh, buat masalah ginian.

Kamu juga harus hati-hati sama informasi palsu. Ngga ada salahnya kamu filter terlebih dahulu informasi yang kamu terima, bijaknya jangan semua informasi kamu terima mentah-mentah.

Tetep waspada, kalau perlu abaikan deh jika ada nomor-nomor ngga dikenal yang menghubungimu. digibank hanya kontek-kontekan dengan nasabahnya melalui akun resmi media sosial “digibank Indonesia”, situs web resmi DBS Indonesia, e-mail resmi dbsindonesia@dbs.com, dan nomor telepon customer service 1500327 atau 0212985800.

Biasanya nih kalau pacaran suka tuker-tukeran kartu debet dan kredit, bahkan suka disimpen di dompet doi. Kalau bisa juga kartu debet dan kredit disimpen sendiri aja ngga usah dititip-titipin. Meskipun kartu debit digibank udah menggunakan teknologi chip yang aman untuk digunakan bertransaksi.

Why? Karena nomor PIN, tiga digit nomor card verification value (CVV)/card verification code (CVC), hingga tanggal kadaluarsa kartu adalah nomor-nomor penting yang harus kamu jaga kerahasiaannya. Bahaya banget kalau sampai ada yang menyalahgunakan nomor-nomor penting tersebut. Buat jaga-jaga, pastikan juga nggak mencatatnya pada sembarang tempat atau menyimpannya di dompet atau smartphone kamu.

Jaga baik-baik data pribadi kamu juga penting, guys! Jangan berikan kepada sembarang orang di pusat perbelanjaan, tempat hiburan, car free day, atau tempat umum lainnya. Penipu bisa saja menyamar menjadi petugas resmi bank atau institusi resmi lainnya saat beredar di tempat umum.

Terkadang penipu menggunakan modus kirim email sambil mencantumkan situs palsu yang tampilannya hampir serupa dengan situs resmi milik bank, yang menampilkan login screen berisikan permintaan username dan password nasabah. Cek dulu akun email dan alamat situs sebelum membukanya dan berikan informasi pribadimu hanya ke pihak yang tepat.

Selalu waspada itu perlu dan kamu bisa memanfaatkan keamanan yang diberikan oleh digibank karena #BFFkamu memang paling bisa jaga privasi keuanganmu. Jadi, kalau belum, langsung aja download aplikasi digibank sekarang juga di go.dbs.com/id-dgs-download-now.

Untuk tips lebih lengkap lainnya, kamu bisa cek tentang cyber security di sini. Nikmati keamanan dan kenyamanan dalam setiap transaksi perbankan kamu dengan digibank. Welcome to the next generation of secure banking!