4 Coffee Shop Keren Wajib Coba Kalau Liburan di Surabaya

Ada hari kejepit dan tiba-tiba ada teman yang ngajak ke Surabaya buat kulineran. Pas ngajuin cuti, Pak Bos nanya, “Tapi kamu bawa laptop kan?”. Kesel sih, tapi mau gimana, langsung deh nyari kafe yang enak buat kerja di tempat tujuan.



Yang pernah gini angkat tangan deh. Kayanya sekarang ngga mungkin yang namanya liburan beneran unplugged. Daripada kepikiran, kita ujungnya liburan bawa laptop dan spare sehari buat kelarin kerjaan. At least, di hari terakhir liburan. Misalnya, kita lagi di Surabaya dan pengennya sih kulineran, wisata sejarah dan muter-muter kawasan Kota Tua Surabaya dan update Instagram Story. Eh, atas nama “kepuasan klien”, Pak Bos minta kita standby buat kerjaan.

“Duh pengen juga sih, nyobain kafe yang bisa buat kerja sekaligus kulineran, ngobrol cantik sekaligus update Instagram. Mumpung di Surabaya nih”.
 
Kalau cari tempat yang kaya gitu di Surabaya, 4 kafe ini recommended banget buat dicoba. Tiap kafe punya signature masing-masing yang bisa bikin pengalaman ngopi kita di Surabaya beda sama di kota lainnya.
 
Historica
Begitu masuk, kita bakalan langsung ngerasain throwback ke kemewahan era kolonial. Sesuai namanya, Coffee shop yang terletak di Society Complex ini memang menjual ‘sejarah’ lewat desain bangunannya. Berlokasi di Jalan Sumatera, bangunan Historica merupakan warisan sejarah yang dibangun pada 18 Mei 1903. Dengan desain interior gaya rustic industrial yang lagi happening, di sini kita bisa ngelupain panasnya Surabaya sembari nyobain pilihan menu Western. Saking cozy-nya, bisa-bisa kita ngga ngeh kalau ternyata kita sudah berjam-jam di sini.
 
Caturra Espresso
Dari namanya sudah terlihat jelas kalau coffee shop ini menjadikan espresso sebagai salah satu specialties-nya. Ngga heran, Caturra Espresso adalah coffee shop pertama di Surabaya yang memakai mesin kopi Italia, La Marzocco Linea PB 3, untuk bikin espresso yang nendang. Tersedia juga manual brewing dengan menggunakan V60, Chemex, Aeropress, Syphon, dan French Press. Yang ngakunya coffee junkie atau coffee afficionado bisa ngetes kualitas olahan kopi di sini, yang di-grind dengan Mazzer.
 
Coffee TGC
Selain cara brewing kopi, yang ngga kalah penting buat coffee connoisseur adalah pilihan jenis biji kopi. Satu jenis varietas biji kopi yang wajib dijajal pecinta kopi adalah Geisha. Buat yang awam kopi, kopi Geisha bukan berasal dari Jepang lho. Varietas Geisha ditemukan pertama kali di kota Gesha di kawasan barat daya Ethiopia. Tanaman yang menghasilkan biji kopi tersebut dirawat secara khusus sehingga menghasilkan rasa kopi yang kompleks dan intens, rasa yang dideskripsikan secara umum sebagai “fruity”, mulai dari berry, citrusy, hingga mangga, pepaya, peach, nanas, jambu, bahkan rasa floral seperti melati. Di Coffee TGC, kita bisa menikmati 21 macam kopi Geisha. Buat peminum kopi santai yang cari kopi ‘lucu-lucuan’, bisa order 3D Latte lho. Ngga percuma kan, jauh-jauh ke Surabaya? 
 
Kabinet Coffee
Soal urusan cita rasa kopi, Indonesia juga punya ragam biji kopi berkualitas. Coba deh varian-varian kopi lokal yang ada di Kabinet Coffee. Ciri khas tempat ngopi yang satu ini adalah olahan biji kopi dari Papua, Indonesia Timur. Selain itu, ada juga kopi Toraja Sapan, Toraja Yale, Papua Wamena, dan Malabar. Hebatnya lagi, Kabinet Coffe juga terlibat dalam pemberdayaan petani kopi lokal. So if you wanna have some good time with good coffee, and do good, ke mana lagi kalau ngga ke Kabinet Coffee.
 
Gimana, keren banget kan coffee shop-nya? Kalau mau coba kopi di 4 kafe tadi, manfaatin diskon 50% untuk makanan dan minuman dengan Kartu Debit Digibank dari DBS (insert URL link https://www.dbs.com/digibank/id/id/promo.html). Promo ini berlaku sampai 30 April 2018. Follow Instagram @digibankid dan pantau Instastory Highlight Weekend Cafe-Hopping untuk info lebih lanjut. Biar total, subscribe juga channel Youtube digibank by DBS biar tetap update dengan berbagai info dari #BFFKamu, digibank.