Kembangkan Wirausaha Sosial Anda dengan Strategi Berikut

Kembangkan Wirausaha Sosial Anda dengan 5 Strategi Berikut!

 

Sudah rahasia umum jika wirausaha sosial menjadi bisnis yang sedang berkembang pada saat ini. Bagaimana tidak? Banyaknya masalah sosial yang terus terjadi tanpa adanya penanggulangan jangka panjang, menggerakkan banyak individu dan organisasi untuk melakukan aksi nyata dengan membangun wirausaha sosial.

Berbicara soal memberi solusi pada masyarakat dan lingkungan sekitar, untuk menjalankan wirausaha sosial tidak cukup hanya dengan tujuan semata. Namun, harus memiliki berbagai strategi dalam menjalankan kewirausahaan sosial. Ketahui lima strategi dalam mengembangkan wirausaha sosial Anda!

  

1. Capai mimpi Anda dengan visi yang baik

 “Chase the vision, not the money. The money will end up following you.” –Tony Hsieh

Sudah tahukah Anda? Visi yang baik adalah hal penting untuk dimiliki oleh seorang wirausahawan. Memiliki kemampuan ‘menerawang’ pencapaian wirausaha sosial di masa mendatang adalah hal esensial yang dibutuhkan.

Agar tetap realistis, adaptasikan visi yang Anda miliki dengan tim. Jalankan sesuai tujuan dan bersama menyelesaikan permasalahan dari sosial melalui wirausaha Anda.

 Membuat Inovasi Baru yang Solutif 

2. Membuat Inovasi Baru yang Solutif

Ada satu strategi yang begitu identik dengan wirausaha sosial, yaitu membuat inovasi baru. Bagaimana tidak? Karena dengan inovasi baru Anda dapat memberi jawaban terhadap masalah sosial yang ada di depan mata.

Salah satu caranya adalah dengan memikirkan penyelesaian masalah dari akarnya. Dengan begitu, Anda akan menghasilkan solusi jangka panjang yang dapat membawa perubahan besar bagi permasalahan sosial. Pilihlah inovasi baru yang unik dan disukai oleh masyarakat, Anda akan mencetak sejarah yang tak terlupakan dalam kebaikan.

Mari kita ambil dari contoh yang sudah muncul dalam kehidupan sekarang, yaitu transportasi online. Dengan memberdayakan masyarakat yang berprofesi sebagai pengemudi ojek, wirausaha sosial tersebut mampu mengangkat taraf hidup sebagian dari mereka. Tidak hanya itu, kemunculannya juga menjadi gebrakan dan pemicu bagi wirausaha sosial lain untuk memberi solusi di masa kini.

 Miliki Kepemimpinan Yang Baik 

3. Miliki Kepemimpinan Yang Baik

Tidak hanya dua strategi di atas, kepemimpinan yang baik serta cepat tanggap dan solutif juga menjadi faktor penting dalam berwirausaha.

Terkadang banyak sekali permasalahan yang dihadapi dalam menjalankan wirausaha sosial, dan peran pemimpin yang baik pun dibutuhkan untuk dapat menyelesaikan masalah-masalah internal dengan cepat tanpa berlarut-larut. Uraikan masalah satu per satu, diskusikan dengan tim untuk memilih jalan keluar yang terbaik dan tercepat.

 Membangun Tim yang Solid 

4. Membangun Tim yang Solid

Satu lagi yang dapat mempengaruhi perkembangan wirausaha sosial Anda, tim yang solid. Perhatikan kesejahteraan dan kebahagiaan karyawan Anda, dua hal ini dapat menjadi pondasi untuk memperkuat tim Anda dalam membangun wirausaha sosial.

Selain itu, penting bagi Anda untuk membaca kepribadian setiap individu sejak awal pertemuan, dimulai sejak proses interview. Temukan motivasi akan visi yang sama dalam diri calon anggota tersebut untuk membangun sebuah tim yang solid.

 Menjadi Pendamping untuk Masyarakat 

5. Menjadi Pendamping untuk Masyarakat

Ketika mimpi dari wirausaha sosial Anda sudah mulai terwujudkan satu per satu, penting untuk menyatu dan mendampingi masyarakat. Tujuannya apalagi kalau bukan memberdayakan mereka agar dapat memanfaatkan inovasi yang Anda buat dengan maksimal.

Cobalah untuk langsung turun tangan, beri bekal kepada masyarakat tentang bagaimana cara menyelesaikan masalah yang telah ada dalam waktu yang cukup lama. Bangun hubungan emosional dengan masyarakat dan jalankan solusi untuk menyelesaikan masalah bersama. Itulah pertanda bahwa ada salah satu visi Anda yang terwujud!

Se Handbook

Wirausaha sosial bukanlah organisasi maupun wirausaha biasa. Terdapat nilai dan misi sosial yang Anda bawa untuk perubahan dalam menjalaninya. Melihat antusiasme dan perkembangan wirausaha sosial di Indonesia, DBS Foundation bekerjasama dengan UKM Center FEB UI dalam menerbitkan buku panduan Berani Jadi Wirausaha Sosial? untuk berbagi solusi dalam menanggulangi masalah sosial di Indonesia. Temukan inspirasi dan pelajari semuanya di sini.

 

Live Smart

 Ini Cara Orang Sukses Mengatur Keuangan Pribadi

Ini Cara Orang Sukses Mengatur Keuangan Pribadi

Baca Selengkapnya

Live Awesome

4 Kuliner Jepang Yang Wajib Dicoba
4 Kuliner Jepang Yang Wajib DicobaBaca Selengkapnya

Live Kind

Yuk, Dukung Aksi Sosial Jakarta Bebas Sampah!

Yuk, Dukung Aksi Sosial Jakarta Bebas Sampah!

Baca Selengkapnya

Live Well

Horseback Riding: Olahraga untuk Mental, Fisik dan Spiritual

Horseback Riding: Olahraga untuk Mental, Fisik dan Spiritual

Baca Selengkapnya

Twitter Feed